Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

sistem penjualan

5 Alasan Kenapa Sistem Penjualan Perlu ERP

Setiap perusahaan atau bisnis selalu memiliki model sistem penjualan yang digunakan. Sistem ini menjadi andalan untuk memperoleh pendapatan yang diharapkan. Optimasinya juga selalu diupayakan agar dapat menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga memberikan keuntungan yang lebih besar.

Pertanyaannya kemudian, apakah Anda sudah mencoba pemanfaatan ERP dalam sistem penjualan Anda dalam upaya optimasinya?

Pada dasarnya ERP atau enterprise resource planning merupakan perangkat lunak bisnis yang memungkinkan Anda mengkoordinasikan dan mengintegrasikan setiap aspek dan divisi bisnis, ke dalam satu sistem data tunggal. Otomatis, kontrol dan monitoring serta kolaborasi yang dilakukan akan menjadi lebih baik.

Baca Juga: Apa Itu SaaS ERP dan Perbedaannya dengan Cloud ERP

Tapi Bagaimana Efeknya Ketika Diterapkan pada Sistem Penjualan?

sistem penjualan

Sumber: freepik.com

Secara umum ketika ERP diterapkan dalam sistem penjualan yang Anda miliki, maka jalur atau flow penjualan yang ada akan semakin lancar. Hal ini didukung dengan berbagai fitur yang idealnya tersemat di dalam ERP, yang memiliki divisi khusus untuk bagian ini.

Beberapa dampak yang dapat diberikan dengan kehadiran ERP adalah sebagai berikut.

1. Analisis Penjualan

Dipadukan dengan analisis pemasaran, dapat terlihat kira-kira strategi pemasaran apa yang paling cocok dan membuahkah hasil optimal. Dari analisis ini, akan diperoleh strategi pemasaran dan penjualan yang lebih runcing, sehingga dapat masuk ke segmen pasar yang jadi sasaran lebih dalam.

2. Pelacakan dan Visibilitas

Dampak terbesar yang dapat diberikan ERP dalam sistem penjualan adalah pada pelacakan dan visibilitas yang komprehensif pada rantai pasokan. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah melacak produk jadi atau bahan mentah dengan cara mengirim dan menerima informasi.

Visibilitas pada rantai pasok ini juga akan memberikan gambaran jelas mengenai potensi masalah yang ada, sehingga optimasi sistem dapat dilakukan berdasarkan data yang riil.

3. Upaya Upselling

Seperti yang Anda pahami, upselling sendiri adalah upaya menawarkan peningkatan kualitas atau kuantitas produk yang akan dibeli pelanggan, agar mereka membelanjakan lebih banyak uang. ERP dapat menghubungkan beberapa item yang pernah dibeli pelanggan dengan identifikasi riwayat pembelian, dan memberikan rekomendasi upselling pada mereka.

4. Kolaborasi Optimal

Hampir kapan saja dan di mana saja, Anda dapat berkoordinasi dengan tim penjualan dan tim pemasaran terkait aktivitas yang dijalankan oleh perusahaan. Dengan begini, Anda dapat memproses informasi terkini dan mengambil keputusan strategis untuk dua ujung tombak bisnis tersebut tanpa terhambat jarak dan waktu.

5. Manajemen Hubungan Pelanggan

Atau biasa dikenal dengan istilah customer relation management atau CRM. Anda dapat ‘mengingat’ riwayat pembelian pelanggan, dan bahkan memberikan program loyalitas pada pelanggan yang berminat. Untuk bisa memuaskan pelanggan, Anda harus mengenali mereka, dan semakin sering mereka membeli produk Anda, semakin banyak pula informasi yang diberikan.

Dengan data ini Anda dapat menganalisis kecenderungan transaksi yang dilakukan, merekomendasikan produk-produk terkait, dan pendekatan pemasaran lebih baik dari waktu ke waktu.

ERP vs POS System, Mana Lebih Unggul?

sistem penjualan

Sumber: freepik.com

Perbandingan ini sebenarnya cukup lama diutarakan di dalam berbagai artikel. Namun demikian sejatinya ERP memiliki sistem dan manfaat lebih besar dari pada point of sales system atau POS System. Secara singkat berikut penjelasannya.

POS System

  • Dimanfaatkan pada bagian penjualan dan inventaris sederhana
  • Dirancang secara khusus untuk divisi penjualan, dan bukan untuk pengelolaan akuntansi
  • Memiliki tujuan untuk meningkatkan efisiensi proses penjualan di bisnis modal retail atau restoran

Sistem ERP

  • Digunakan di setiap bagian perusahaan dan divisi yang ada di dalam bisnis
  • Dapat digunakan untuk mengelola akuntansi perusahan
  • Berfungsi mengintegrasikan seluruh proses bisnis dalam satu sistem terpadu
  • Bertujuan untuk memperbaiki serta mengoptimalkan seluruh proses bisnis perusahaan, baik penjualan, pengelolaan SDM, pemasaran, akuntansi, operasional, hingga finansial
  • Digunakan sebagai aplikasi operasional kantor dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis keseluruhan

Jelas bukan jika ERP lebih unggul jika dibandingkan POS System?

Sekilas Manfaatnya untuk Bagian Penjualan

sistem penjualan

Sumber: freepik.com

Jika dilihat dari penjelasan di atas, maka akan tampak manfaat kehadiran ERP dalam sistem penjualan yang Anda miliki.

  • Integrasi data, memungkinkan Anda mengelola data terkait penjualan pada satu platform terpadu, sehingga dapat berkolaborasi dengan baik bersama seluruh pihak yang berkepentingan
  • Monitoring dan visibilitas yang memungkinkan kontrol pada rantai pasok produk atau bahan mentah, sehingga memastikan sistem produksi atau distribusi tidak mengalami keterlambatan atau kendala
  • Analisis data penjualan yang tercatat dari waktu ke waktu, sehingga dapat disusun strategi penjualan dan pemasaran yang semakin baik
  • Pengelolaan hubungan dengan pelanggan melalui berbagai program loyalitas pelanggan yang dapat mencatat setiap transaksi yang dilakukan pelanggan dan melihat kecenderungan dari data tersebut
  • Meningkatkan penjualan dengan upselling atau cross-selling di berbagai platform, dengan rekomendasi berdasarkan data transaksi pelanggan
  • Optimasi setiap proses yang terkait dengan penjualan menggunakan sistem terintegrasi dengan berbagai divisi lain di dalam perusahaan

Baca Juga: Dasar-Dasar Cost Control, 4 Alasan Kenapa Penting Dilakukan! 

Modul Handal dari R1 untuk Bisnis Anda

R1, memahami benar besarnya peran modul ERP dalam sistem penjualan yang Anda miliki. Ini mengapa R1 juga menawarkan modul Sales & Distribution Management yang dapat membantu Anda mengoptimalkan kinerja sektor penjualan dalam bisnis Anda.

Menyajikan tiga keunggulan utama di dalam modul ini:

  • Meningkatkan margin kontribusi
  • Meningkatkan performa penjualan dan kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan tingkat pelayanan pengiriman

Modul ini didukung dengan dua fitur solid, Sales Management dan Distribution Management. Keduanya terintegrasi dengan berbagai modul lain yang ada di dalam sistem ERP R1, sehingga dapat membantu optimasi sistem penjualan bisnis Anda. Segera gunakan R1 untuk membantu optimasi kinerja bisnis, dan rasakan manfaatnya sekarang juga!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo