Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

saas erp

Apa Itu SaaS ERP dan Perbedaannya dengan Cloud ERP

Salah satu software penting dalam bisnis yang pengambilan keputusannya berbasis data adalah ERP atau yang disebut enterprise resource planning. Dengan penggunaan ERP maka segala kebutuhan bisnis dapat terotomatisasi melalui software ERP. Dalam penggunaannya terdapat dua hal yang berbeda yaitu SaaS ERP dan Cloud ERP. 

Saas ERP dikenal sebagai Software-as-a-Service. Pada umumnya, pengelolaan produk ini melalui vendor software. Hal ini disebabkan modelnya berupa multi-tenant. Maksudnya, pelanggan vendor berbagi satu software dan menggunakan infrastruktur yang sama. 

Namun yang pasti, menggunakan enterprise resource planning adalah sesuatu yang rasional dalam bisnis. Sebab, akan membuat aktivitas bisnis menjadi lebih efisien hingga mampu meningkatkan kepuasan konsumen. 

Untuk mengenal lebih jauh tentang SaaS ERP, artikel di bawah ini membahas pengertian, cara kerja, manfaat, perbedaan SaaS ERP dan Cloud ERP. Simak hingga selesai di bawah ini. 

Pengertian SaaS ERP

SaaS ERP adalah singkatan dari Software as a Service Enterprise Resource Planning. Ini adalah perangkat lunak manajemen sumber daya perusahaan (ERP) yang disediakan sebagai layanan cloud oleh penyedia layanan. Dalam model ini, perusahaan tidak perlu meng-install perangkat lunak secara lokal di sistem mereka, melainkan dapat mengakses perangkat lunak melalui internet.

SaaS ERP menyediakan solusi manajemen sumber daya perusahaan yang terpusat dan terintegrasi, termasuk fungsionalitas seperti akuntansi, manajemen persediaan, manufaktur, manajemen proyek, manajemen SDM, dan sebagainya. 

Layanan ini juga menyediakan analisis data, pelaporan, dan fungsionalitas kolaborasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi dan bekerja sama secara online.

Cara Kerja SaaS ERP

cara kerja saas erp
Sumber: pexels.com

SaaS ERP memberikan keuntungan bagi perusahaan karena tidak memerlukan investasi awal yang besar dalam infrastruktur IT atau hardware. Perusahaan dapat membayar biaya langganan bulanan atau tahunan untuk mengakses perangkat lunak, sehingga mereka dapat menghemat biaya dan waktu dalam pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur IT mereka sendiri. 

Selain itu, perusahaan juga dapat mengakses perangkat lunak dari mana saja dengan koneksi internet, memungkinkan pengguna untuk bekerja secara fleksibel dan bekerja sama secara real-time.

Manfaat SaaS ERP

  • Kemudahan akses dan fleksibilitas bisnis yang tinggi.
  • Biaya lebih terjangkau sehingga dapat meminimalisir biaya dalam bisnis.
  • Meningkatkan efisiensi dalam proses bisnis.
  • Jaminan keamanan yang lebih baik

Perbedaan SaaS ERP dengan Cloud ERP

perbedaan saas erp dengan cloud erp
Sumber: pexels.com

Cloud ERP

Alasan mengapa perusahaan memilih Cloud ERP sebagai penunjang bisnis adalah jaminan keamanan. Daripada on-premise ERP, keamanan Cloud ERP lebih terjamin. Mengapa demikian?

Perusahaan tidak perlu repot menyiapkan infrastruktur terkait penyimpanan data. Keseluruhan data telah tersimpan rapi di Cloud ERP. 

Selain itu, Cloud ERP mampu memiliki akses dan melakukan analisis data dalam jumlah besar secara real time. Kecepatan itulah yang memudahkan perusahaan sehingga mudah bagi divisi keuangan mengecek arus kas dan segera melakukan audit apabila menemukan kesalahan. 

Saas ERP

Alasan perusahaan memilih ini daripada Cloud ERP karena memiliki beberapa keuntungan yang di antaranya adalah:

  • Fleksibilitas dan akses yang mudah. Perusahaan tidak perlu meng-install software khusus dalam perangkat keras (komputer). Sebab, Anda bisa mengakses kapan dan di mana saja asalkan memiliki jaringan internet. 
  • Anda dapat menggunakan software tersebut tanpa harus membuat sendiri. Hal ini disebabkan ada pengelolaan vendor yang terpisah sehingga pengguna layanan bisa fokus dengan data miliknya. 
  • Biaya menjadi perhatian khusus tentang software. Dengan menggunakan SaaS, perusahaan mampu meminimalisir biaya operasional khususnya biaya perawatan dan pemeliharaan jaringan.
  • Kebebasan menjadi hal penting bagi pengguna layanan. Maka dari itu, pengguna bebas memilih kapan layanan tersebut diteruskan dan kapan waktunya untuk berhenti. 

R1 Membantu Produktivitas Bisnis Anda

Setelah memahami pengertian SaaS ERP dan perbedaannya dengan Cloud ERP maka keputusan untuk memilih sistem ERP yang tetap ada di tangan Anda. 

Agar pemilihan ERP bisa dengan tepat, R1 dari RUN System mampu membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda. 

Ada berbagai macam fitur unggulan dari R1 yang dapat membantu perusahaan Anda di antaranya Inventory Material Management, Sales and Distribution Management, Procurement Management, dan Financial Management. 

Bersama R1, solusi terbaik untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo