Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

Perusahaan yang menggunakan ERP

Contoh 5 Perusahaan yang Menggunakan ERP, Cermati di Sini!

Keberadaan teknologi sistem ERP terbukti telah berguna dan membawa manfaat untuk banyak perusahaan. Tidak hanya perusahaan dalam negeri, namun juga perusahaan luar negeri. Optimasi ini membuat perusahaan yang menggunakan ERP cenderung memperoleh capaian yang menonjol, jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Jika perusahaan Anda telah menggunakan sistem ERP yang tepat, selamat, Anda telah masuk dalam gelombang modernisasi industri yang bergerak terus maju. Jika mungkin Anda termasuk golongan pengusaha yang masih ragu mengadaptasi sistem ini, mungkin beberapa perusahaan di bawah ini dapat menjadi inspirasi yang memantapkan keputusan Anda menggunakan sistem tersebut.

Berikut daftar perusahaan yang menggunakan ERP dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Sistem Penjualan Perlu ERP

1. Amazon

Perusahaan yang menggunakan ERP

Sumber: Washington Post

Platform raksasa jual-beli online ini telah menggunakan ERP sejak lama. Produk ERP yang digunakan oleh Amazon sendiri adalah produk ERP yang dibuat tahun 1972 lalu, oleh salah satu karyawan IBM yang telah memiliki visi untuk integrasi pengelolaan data perusahaan.

Awalnya, modul yang digunakan hanya sebatas pada financial accounting, invoice verification, dan inventory management. Namun demikian seiring perkembangan jaman, sistem ERP tersebut kemudian terus tumbuh, dan menyediakan beragam modul lain yang kemudian digunakan oleh Amazon.

Modul ERP yang digunakan oleh Amazon sendiri bersifat dapat dikustomisasi, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki Amazon seiring berjalannya waktu. Kini, modul yang digunakan antara lain adalah finances, logistical business needs, human resources, order management, sales, dan masih banyak lagi.

2. Starbucks

Siapa tak mengenal brand kenamaan yang satu ini? Gerainya tersebar di seluruh dunia, dan ternyata perusahaan ini juga menggunakan produk ERP yang handal. Model yang digunakan adalah cloud-based ERP, untuk melakukan otomasi back-office dan aktivitas bisnis harian.

Secara garis besar pengelolaan bisnis Starbucks mengandalkan tiga modul utama, yakni customer relationship management, enterprise resource planning, dan supply chain management processes. Namun demikian tidak berhenti di situ saja, optimasi ERP yang dimiliki juga meliputi pengelolaan data mengenai revenue, expenses, sales data, inventory management, hingga operations updates.

Tentu dapat dilihat secara langsung ekspansi bisnis yang luar biasa dan perolehan profit yang tidak lagi perlu diragukan.

3. Toyota Industries Corporation

Perusahaan yang menggunakan ERP

Sumber: Toyota Astra

Menjadi induk bisnis dari Toyota di seluruh dunia, perusahaan ini terus melebarkan sayap pasar dan bisnisnya ke seluruh dunia. Untuk dapat mengoptimalkan operasional yang dimilikinya, Toyota juga menjadi salah satu perusahaan yang menggunakan ERP dengan basis online.

Sistem ERP yang digunakan sendiri berasal dari raksasa bisnis Microsoft. Penggunaannya bertujuan untuk membantu mengelola kemampuan layanan after-sales dan operasional distributor, sehingga dapat memasarkan produknya pada pelanggan di seluruh dunia.

Tentu saja nama Toyota juga sudah tidak lagi perlu diragukan kemampuannya dalam mengelola bisnis dan setiap jaringan yang dimilikinya. Hal ini menjadi salah satu dampak nyata penggunaan ERP dalam perusahaan secara optimal sehingga memberikan hasil yang diharapkan.

4. Garuda Indonesia

Mengalami dinamika bisnis yang begitu hebat, Garuda Indonesia sebagai salah satu maskapai terbaik negeri ini ternyata juga menggunakan ERP. Bukan pemain baru, perusahaan ini telah menggunakan ERP sejak tahun 1999 lalu.

Beberapa modul utama yang digunakan antara lain adalah sales and distribution, material management, production planning, quality management, human resources management, dan lain sebagainya.

Meski kini sinarnya mulai redup, namun bukti hasil dari optimasi sistem ERP pada perusahaan Garuda Indonesia tidak lagi perlu diragukan. Nyata terlihat, layanan dari bisnis ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

5. Indofood

Perusahaan yang menggunakan ERP

Sumber: FORTUNE Indonesia

Selanjutnya perusahaan yang menggunakan ERP di Indonesia adalah Indofood. Terkenal dengan banyak produk yang menguasai pasar lokal dan bahkan beberapa produk di pasar internasional, perusahaan ini juga diketahui memiliki sistem ERP yang solid.

Dapat dibayangkan jika setiap tahun perusahaan ini harus mendistribusikan sebanyak 8 miliar mi yang sudah ditentukan sejak awal, maka peran ERP dalam konteks tersebut demikian besar. Tidak hanya itu, masih banyak produk dari perusahaan ini yang memerlukan distribusi serupa, di dalam dan luar negeri.

Akselerasi proses produksi dapat dilakukan sehingga ketika terdapat desain baru dengan konsep yang segar dan telah disetujui, proses produksi dapat segera dilaksanakan. Hal ini jelas membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi penggunaan waktu sehingga dapat terus menjaga daya saing yang dimilikinya.

Baca Juga: 5 Cara Tepat untuk Melakukan Pemilihan Vendor 

Selain beberapa perusahaan tersebut, masih cukup banyak bisnis yang menggunakan sistem ERP dalam operasionalnya. 

Tentu perusahaan yang menggunakan ERP ini memiliki spesifikasi dan modul tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhannya. R1 dari RUN System, dalam hal ini siap menjadi jawaban atas kebutuhan bisnis Anda akan sistem ERP yang solid. Memiliki modul yang lengkap, operasional yang sangat mudah, dan sistem yang solid, R1 menyediakan sistem yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas berbagai kegiatan dan proses bisnis. Segera hubungi kami, dan dapatkan informasi lengkap mengenai setiap modul RI untuk perusahaan Anda!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo