Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

contoh ERP

Ini Rekomendasi dan Contoh ERP Terbaik untuk Perusahaan

Tidak semua pebisnis mampu memahami betapa pentingnya enterprise resource planning (ERP) untuk sebuah perusahaan. Padahal dengan menerapkan ERP, hampir seluruh pekerjaan akan terkelola dengan baik. Dari ERP, perusahaan tidak perlu menginput data secara manual, baik itu data produksi maupun data gaji karyawan. Maka dari itu, penting bagi perusahaan memahami contoh ERP.

Untuk mengenal lebih dalam tentang ERP dan apa saja yang bisa dikerjakan ERP, artikel di bawah ini membahasnya. Informasi ini disertai dengan rekomendasi penyedia perangkat lunak yang tepat untuk perusahaan Anda. Simak di sini. 

Apa yang Dimaksud dengan ERP

Enterprise Resource Planning atau yang disebut dengan ERP adalah semacam perangkat lunak yang digunakan perusahaan untuk mengelola aktivitas bisnis sehari-hari. Beberapa contoh ERP yang dapat digunakan seperti akuntansi, perpajakan, manajemen rantai pasokan, hingga manajemen data. 

Akan tetapi, apa tujuan sebenarnya dari ERP? Tujuannya adalah mengintegrasikan seluruh proses bisnis, memperlancar proses bisnis, hingga menjadikan seluruh sumber daya perusahaan lebih efisien. Dengan adanya ERP, tercipta integrasi dan otomatisasi sehingga mampu menyederhanakan alur kerja dan proses bisnis. 

Dalam ERP, kelebihannya tidak hanya terletak pada efisiensi dan biaya yang hemat, tetapi juga persediaan data tunggal real time. Bahkan, ERP juga menyediakan tempat keluhan konsumen sehingga terjadi kepuasan konsumen. Dengan demikian, sistem ERP bisa membantu meningkatkan brand sekaligus angka penjualan.

Manfaat ERP bagi Perusahaan

Adapun manfaat yang perlu Anda tahu tentang ERP adalah:

1. Mengelola Transparansi dalam Bisnis

Akses data secara real-time adalah keunggulan utama dari sistem ERP. Perusahaan bisa mengetahui data keseluruhan, mulai dari kinerja bisnis, tren bisnis terkini, hingga berbagai masalah yang akan muncul. Dengan demikian, Anda akan lebih waspada tentang berbagai masalah sebelum terjadi. Selain itu, dari data tersebut akan mendorong Anda untuk membuat keputusan lebih baik.

2. Meningkatkan Efisiensi

Salah satu kelemahan dalam mengelola data secara manual adalah rentan terjadi human error. Namun, kehadiran ERP mampu meminimalisir hal tersebut. Sebagai contoh, dalam proses procurement akan meminimalisir kelebihan atau kekurangan stok. Selain itu, karena data selalu real time maka akan membantu Anda untuk mengeluarkan keputusan lebih bijak dan bermanfaat untuk perusahaan.

3. Meminimalisir Biaya Operasional

Adanya otomatisasi membuat proses bisnis yang sebelumnya secara manual menjadi lebih cepat. Sehingga tidak perlu memakan waktu dan biaya lebih besar. Adanya sistem ERP mampu mengelola transaksi keuangan, pengelolaan persediaan, hingga pengadaan yang lebih baik. 

Dengan demikian, akan mengurangi kebutuhan pekerjaan manual. Adanya efisiensi ini juga menghadirkan pengurangan terhadap biaya operasional. Selain itu pula, akan meningkatkan produktivitas perusahaan. 

4. Meningkatkan Kolaborasi Antar Divisi

Adanya data yang terpusat dalam satu sistem membuat kerja sama antar divisi pasti lebih baik. Selain itu, mereka juga mampu berbagi informasi secara instan sehingga saling melengkapi satu sama lain. 

Selain itu, pengelolaan proyek lebih terstruktur sehingga meminimalisir potensi human error yang terjadi. Dengan demikian, hal tersebut akan berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan. 

5. Meningkatkan Keamanan Data

Keunggulan lain yang perlu Anda ketahui dari sistem ERP adalah mampu melindungi data hingga secara konfidensial. Adanya sistem ini pula membuat kontrol data lebih terpusat. Selain itu, ada pemantauan secara real time sehingga apabila terjadi aktivitas mencurigakan dapat terminimalisir dengan mudah. Hal ini juga membantu mencegah kebocoran data dan pelanggaran keamanan yang merugikan perusahaan. 

Cara Kerja Sistem ERP

Sebenarnya cara kerja sistem ERP sangat sederhana. Sebab, prosesnya telah terautomatisasi dan langsung ke database. Selain itu, ERP menggunakan dashboard yang memudahkan pengguna dalam melihat data real time

Dari cara kerja ERP maka memudahkan pula setiap karyawan untuk mengetahui data apa saja yang bisa dilihat dan diakses. Dengan demikian, proses bisnis menjadi lebih sederhana dan mampu mengurangi waktu kerja. 

Selain itu, beberapa ERP dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Misalkan saja menambahkan fitur-fitur khusus. Bisa pula memilih fitur yang digunakan dengan menghapus yang tidak perlu. 

R1, Contoh Aplikasi ERP Terbaik di Indonesia

Untuk memudahkan kinerja perusahaan maka perlu mengetahui contoh aplikasi ERP yang tepat dan sesuai kebutuhan. R1 sebagai bagian dari RUN System adalah contoh aplikasi ERP terbaik di Indonesia hingga saat ini. 

Kehadiran R1 sebagai ERP software Indonesia menjadi solusi kebutuhan perusahaan. Agar perusahaan Anda semakin berkembang, terapkan R1 sekarang juga. Bersama R1, kontrol pengadaan, distribusi produk dan segala proses bisnis menjadi lebih efisien dan efektif. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo