Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

Erp subscription

ERP Subscription 101: Simak di Sini 5 Benefitnya!

Penggunaan layanan cloud di era kekinian menjadi sebuah hal wajar untuk perusahaan. Tidak hanya untuk satu bidang saja, namun penggunaan ERP dapat mengoptimalkan kinerja setiap divisi yang ada. Tak heran rasanya jika minat pada ERP subscription semakin tinggi, karena pada dasarnya setiap bisnis memerlukan optimasi kinerja pada setiap lini internal dan eksternalnya.

Untuk Anda yang belum menggunakan layanan berlangganan ERP sendiri, akan dijelaskan pada setiap poin mulai dari mengenal apa itu ERP subscription, kemudian perbedaan lisensi berlangganan dan lisensi perpetual, serta apa saja manfaat yang dibawa dengan berlangganan layanan ERP ini.

Maka tanpa banyak basa basi lagi, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Kupas Tuntas 7 Unsur Manajemen yang Wajib Dioptimasi!

Mengenal Apa Itu ERP Subscription

Erp subscription
Sumber: freepik.com

Subscription sendiri dapat diartikan sebagai sebuah pembayaran yang dilakukan untuk layanan yang digunakan. Nantinya layanan yang digunakan dapat terus dinikmati dan berfungsi, lengkap dengan semua maintenance, perbaikan, dan berbagai hal lain yang ditawarkan dalam paket berlangganannya.

ERP subscription kemudian mengacu pada perolehan hak atas penggunaan produk ERP yang disediakan dalam jangka waktu tertentu, dengan spesifikasi yang telah disepakati oleh penyedia layanan ERP dan penggunanya.

Produk atau sistem ERP dengan lisensi subscription akan memberikan akses pada fitur yang telah disediakan melalui layanan cloud. Sederhananya, perusahaan akan memperoleh akses pada fitur dan modul yang tersedia tanpa harus repot melakukan maintenance, perbaikan, atau melindungi data, sebab hal-hal ini telah dilakukan penyedia layanan ERP secara langsung sebagai salah satu layanannya.

Dua Lisensi Berbeda untuk Sistem ERP

Erp subscription
Sumber: freepik.com

Dalam produk ERP sendiri akan terdapat dua lisensi berbeda yang digunakan. Pertama disebut dengan lisensi subscription, dan yang kedua disebut dengan lisensi perpetual. Keduanya jelas berbeda dari segi penggunaan layanan dan produk secara mendasar.

1. Subscription License

Perangkat dan produk ERP yang berbasis software as a service atau biasa disebut dengan SaaS umumnya menggunakan jenis lisensi ini. Lisensi berlangganan akan dibayarkan dalam periode waktu tertentu, dan berdasarkan spesifikasi tertentu sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Model ERP dengan lisensi ini cenderung memiliki biaya awal yang terjangkau, dan perusahaan akan dipermudah dalam mengakses modul yang diperlukan. Di waktu yang sama, perusahaan tidak perlu repot memikirkan maintenance, perbaikan sistem berkala, atau proteksi pada data yang diolah terkait perusahaan dengan produk ERP terkait, sebab ini semua menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan dan produk ERP tersebut.

2. Perpetual License

Berbeda dari subscription license, perpetual license sendiri memungkinkan sebuah perusahaan mengakses perangkat dan modul pada waktu yang tidak terbatas, sebab produk ERP akan menjadi hak milik dari perusahaan tersebut.

Namun demikian biaya yang harus dikeluarkan cenderung besar, dan perlu divisi khusus yang secara optimal mengelola kestabilan perangkat dan modul yang digunakan. Secara berkala, pengguna akan mendapatkan update dari sistem yang digunakan sehingga tetap relevan digunakan sepanjang waktu.

Sederet Keunggulan ERP Subscription yang Dapat Diperoleh

Erp subscription
Sumber: freepik.com

Tentu setiap model ERP yang ditawarkan akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun demikian pada model subscription, Anda dapat memperoleh sedikitnya lima keuntungan untuk perusahaan yang Anda miliki.

1. Biaya yang Lebih Terjangkau

Seperti yang disebutkan sebelumnya, biaya yang dibutuhkan untuk lisensi berlangganan ini cenderung lebih rendah. Anda tak perlu membeli produk apapun, perangkat keras apapun, karena semua sistem telah disediakan oleh pemilik layanan.

Biaya lain yang tidak perlu Anda tanggung adalah biaya maintenance, biaya perbaikan sistem, dan biaya perlindungan data. Biaya ini tidak dapat disepelekan, mengingat nilainya cukup besar.

2. Batas Ruang dan Waktu Mendekati Nihil

Kedua, model sistem ERP dengan basis SaaS atau cloud memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis dengan leluasa melakukan monitoring pada kinerja setiap divisi. Pada satu dashboard terintegrasi, semua dapat dilihat dan diamati.

Untuk model ERP yang sudah lebih canggih, semua modul juga dapat dengan mudah tersaji datanya pada dashboard yang Anda miliki, sehingga keterhubungan antar divisi, data yang digunakan, dan semua optimasi informasi dapat dilakukan semaksimal mungkin.

3. Proteksi Data Terjamin

Proteksi pada data dan sistem yang digunakan perusahaan juga akan lebih terjamin, sebab penyedia layanan ERP ini jelas akan memiliki lebih dari satu klien. Proteksi data akan menjadi salah satu bukti kredibilitas sebuah layanan ERP, karena tanpanya tidak akan ada perusahaan yang mempercayakan datanya.

Pengaturan akses dapat dilakukan dengan cukup mudah, sehingga data-data penting juga dapat diatur sedemikian rupa agar hanya dapat diakses oleh pihak yang dinilai memiliki hak yang pantas pada data tersebut.

4. Pembaruan Otomatis

Pada modul yang digunakan, update dapat terjadi secara otomatis karena diselenggarakan oleh penyedia layanan ERP secara langsung. ERP subscription akan memudahkan Anda dalam urusan ini sebab downtime yang dialami sistem cenderung akan sangat singkat.

Keberadaan tim IT yang dedicated pada urusan ini tidak menjadi urgensi utama dalam optimasi sistem, sebab semua sudah diurus oleh penyelenggara layanan.

5. Manajemen yang Lebih Efisien

Di satu dan banyak hal, pengelolaan yang terintegrasi dan biaya yang lebih efisien akan membantu bisnis melakukan kegiatan operasionalnya lebih baik. Produktivitas yang meningkat, alokasi anggaran dapat dimaksimalkan, kinerja dapat lebih terintegrasi antar departemen, semua yang Anda butuhkan untuk berkembang tersedia pada model ERP berlangganan ini.

Secara mendasar, ERP subscription sangat cocok digunakan untuk bisnis dalam berbagai skala. Mudah diadaptasikan dengan perkembangan bisnis Anda, jenis ini akan jadi pilihan tepat untuk Anda yang dinamis, terus berkembang, dan berani memanfaatkan kesempatan yang ada.

Tapi apakah ada produk ERP dengan model seperti ini yang handal dan kredibel?

R1 Menjadi Jawaban atas Kebutuhan Anda

Erp subscription

Hadir dengan modul yang lengkap dan sederet keuntungan yang ditawarkan model ERP subscription dari R1 akan menjadi pilihan tepat untuk perusahaan Anda.

Beberapa alasan mengapa R1 menjadi solusi atas kebutuhan Anda adalah fiturnya yang lengkap, dan benefit yang ditawarkannya pada perusahaan Anda. Fitur yang dimaksud sendiri mulai dari Inventory Material Management, Sales & DIstribution Management, Procurement Management, Financial Management, hingga pada Accounting Management.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan kemudian adalah:

  • Pengelolaan performa perusahaan secara real-time dengan dashboard terintegrasi
  • Built-in reporting yang membantu Anda dalam proses penyajian data sesuai kebutuhan
  • Pencatatan terintegrasi untuk produktivitas bisnis
  • Tanpa initial investment, dengan model ERP subscription memudahkan perusahaan Anda untuk memiliki sistem tanpa investasi yang membutuhkan biaya besar
  • Memiliki standar yang tinggi untuk flow bisnis pada berbagai model industri

Baca Juga: Berkenalan dengan 3 Implementasi ERP System dalam Bisnis, Ini Dia!

Cara Berlangganan Mudah Layanan R1

Untuk dapat menggunakan ERP subscription dari R1 Anda dapat mengisi formulir dengan cukup mudah, dengan mengklik tautan berikut ini. Anda akan dibawa pada formulir pengisian data diri dan perusahaan, serta modul apa saja yang Anda butuhkan.

Dalam waktu singkat tim R1 akan merespon dengan solusi paling tepat untuk kebutuhan Anda, dan proses berikutnya akan berjalan dengan sangat mudah hingga pada tahap penggunaan R1 di sistem perusahaan Anda. Segera gunakan ERP subscription dari R1, dan maksimalkan semua fitur yang ditawarkannya!

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo