Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

cloud erp

6 Manfaat dan Alasan Kenapa Perusahaan Perlu Cloud ERP

Enterprise resource planning merupakan sebuah metode pengelolaan sumber daya yang dimiliki perusahaan secara optimal, agar memperoleh value tertinggi dari operasionalnya. Penerapan cloud ERP kemudian menjadi salah satu hal yang umum dilakukan, dalam rangka mengoptimalkan teknologi yang tersedia saat ini.

Namun apa yang sebenarnya dimaksud dengan cloud ERP ini? Apakah bentuk lain dari sistem ERP yang tersemat pada layanan cloud yang disediakan oleh vendor tertentu?

Secara sederhana, ya, konsep ini merupakan sebuah layanan ERP yang disediakan vendor untuk dapat digunakan oleh perusahaan dalam rangka mengoptimasi sumber daya yang dimilikinya. Pembahasan lebih spesifik dan mendalam dapat Anda cermati pada setiap poin berikut ini.

Baca Juga: Forecasting: 3 Tujuan, Jenis, dan Metode Penting di Bisnis

Pengertian dari Cloud ERP

cloud erp
Sumber: freepik.com

Sistem ERP sendiri umumnya dipasang dan digunakan pada fasilitas yang dimiliki perusahaan. Namun seiring perkembangan teknologi, relevansi dan efisiensinya semakin dirasa tidak dapat mengikuti era industri yang berbasis internet.

Cloud ERP kemudian merupakan sistem ERP yang mencakup aktivitas operasional bisnis dan perusahaan secara terintegrasi menggunakan aplikasi berbasis cloud yang dikelola oleh vendor, sehingga dapat memudahkan perusahaan dalam menggunakan setiap sistem yang diperlukan dengan akses melalui internet.

Nantinya ketika sistem ini digunakan, perusahaan akan ‘terbebas’ dari biaya maintenance fasilitas ERP yang sebelumnya digunakan secara in-house, dan hanya perlu membayarkan biaya berlangganan penggunaan sistem cloud tersebut.

Cara Kerja dari Sistem ERP Ini

cloud erp
Sumber: freepik.com

Operasional perusahaan memerlukan ruang data yang besar, agar dapat menampung dan memproses semua data yang diperlukan. Ketika beban sistem in-house semakin meningkat, maka cloud ERP menjadi opsi yang diambil.

Secara mendasar, cara kerja dari sistem ini serupa dengan ERP yang dimiliki perusahaan. Hanya saja tempat penyimpanan data dan pengolahan data tidak lagi menjadi tanggung jawab perusahaan, namun menjadi tanggung jawab vendor.

Setelah sistem diintegrasikan dan data dimutasi dari perusahaan ke layanan cloud yang tersedia, perusahaan dapat menggunakan beragam modul yang tersedia untuk setiap divisi dan pekerjaan yang dimilikinya.

Dalam praktek riil, perusahaan dapat mengakses modul ini dengan perangkat yang terhubung ke jaringan internet, kapan saja dan di mana saja sebab sistem yang digunakan selalu online. Keamanan data dan sistem dapat dijamin oleh penyedia layanan yang digunakan oleh perusahaan.

Semua perangkat yang terhubung dan telah diberikan izin akses oleh perusahaan pada modul dan sistem ini dapat melakukan akses secara penuh, sehingga optimasi pekerjaan tidak lagi terbatas ruang dan waktu.

Apa Saja Manfaatnya?

cloud erp
Sumber: freepik.com

Jika dilihat dari segi manfaat, setidaknya ada 6 manfaat dasar yang dapat diperoleh perusahaan ketika menggunakan sistem ERP berbasis cloud ini. Mulai dari efisiensi dan produktivitas hingga ke peningkatan kepuasan pelanggan, berikut selengkapnya.

1. Efisiensi dan Produktivitas Bisnis

Perusahaan dapat mengintegrasikan setiap proses bisnisnya, membuat koordinasi antar departemen semakin baik, dan memberikan visibilitas menyeluruh untuk perusahaan sehingga pengambilan keputusan dilakukan lebih baik.

2. Proteksi Data

Perusahaan tidak lagi perlu mencemaskan perlindungan data yang dimiliki sebab hal ini dijamin oleh vendor yang dipilih. Jelas, perusahaan wajib memastikan hal ini terlebih dahulu sehingga data berharga yang ada tidak bocor atau disalahgunakan. Jaminan legal akan menjadi hal yang mutlak diberikan oleh vendor.

3. Kemudahan Akses

Karena berbasis layanan internet, maka sistem ERP yang digunakan dapat diakses di hampir setiap perangkat yang dimiliki staf dan bagian dari perusahaan. Dengan begini urusan pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat tanpa hambatan perangkat.

4. Efisiensi Biaya

Biaya yang diperlukan dalam penggunaan sistem ERP ini adalah biaya berlangganan, sehingga mengeliminasi biaya perawatan yang harus dilakukan ketika Anda memiliki sistem ERP in-house. Jadi secara langsung, biaya yang dikeluarkan akan konsisten dan dapat direncanakan dengan tepat.

5. Penyesuaian dengan Skala Bisnis

Salah satu manfaat utama ERP berbasis cloud adalah bahwa sistem ini dapat dengan mudah menyesuaikan skala bisnis yang Anda miliki. Jadi, skalabilitasnya akan lebih baik, dan penyesuaian sistem dapat berjalan lebih cepat.

6. Kepuasan Pelanggan

Optimasi kinerja internal juga akan berdampak pada peningkatan kepuasan pelanggan, sebab layanan dan produk akan selalu tersedia dengan kualitas yang telah dijanjikan sebelumnya.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Model ERP Ini?

cloud erp
Sumber: freepik.com

Jika membaca enam manfaat di atas, tentu Anda sudah paham mengapa bisnis Anda wajib menggunakan model ERP yang satu ini. Dengan banyak kelebihan tersebut, pengembangan bisnis dapat dilakukan dengan lebih fleksibel, dan di waktu yang sama, optimasi kinerja setiap bagian dapat dimaksimalkan.

Perkembangan zaman tidak akan menunggu perusahaan Anda untuk siap dengan perubahan. Maka dari itu, Anda harus mulai perubahan tersebut sejak dini, demi dapat mengikuti laju industri yang luar biasa cepat.

Tanpa kemampuan adaptasi yang besar perusahaan bisa jadi tertinggal dan gagal mempertahankan eksistensinya karena masalah tidak efisiennya operasional dan sistem yang berjalan di dalam dan di luar bisnis.

Baca Juga: Optimasi Usaha Value Chain dalam Bisnis, Ini 3 Tahapnya 

Cloud ERP  sejatinya menjadi sebuah hal yang mutlak diterapkan perusahaan modern, mengingat urgensinya dalam bisnis dan persaingan industri. Ini pula yang menjadi alasan mengapa R1 hadir di tengah industri Indonesia, sebagai solusi pengelolaan sumber daya perusahaan di ‘awan’ yang efektif.

R1 dengan Setiap Modul yang Dimilikinya

R1 hadir dengan produk layanan cloud ERP yang solid, praktis, dan sangat adaptatif. Anda tidak hanya akan dihadapkan pada pilihan menarik penggunaan produknya, namun juga dengan kualitas ERP yang handal, terpercaya, dan fleksibel. Kemudahan pengelolaan sumber daya perusahaan dapat diperoleh dalam setiap perangkat yang Anda miliki, sehingga kontrol pada kinerja setiap divisi dapat dilakukan dengan mudah. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan informasi lengkap mengenai produk dan program berlangganan layanan ERP dari R1!

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo