Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

unsur manajemen

Kupas Tuntas 7 Unsur Manajemen yang Wajib Dioptimasi!

Tanpa memiliki manajemen yang baik, sebuah bisnis tidak akan dapat berkembang atau bertahan lama. Mungkin Anda berpikir selama memiliki modal yang besar, unsur manajemen lain tidak diperlukan. Namun kenyataannya, tanpa optimasi seluruh unsur dari manajemen perusahaan tidak akan dapat menjaga eksistensinya, tumbuh, dan berkembang.

Optimasi bagian dari manajemen ini menjadi hal yang krusial, sebab menjadi kerangka dasar bagaimana sebuah bisnis akan bergerak. Tidak hanya mengatur dan mengelola sistem internal saja, manajemen yang baik dapat mengoptimalkan hubungan perusahaan dengan pihak luar.

Maka untuk mengetahui unsur apa saja yang harus dioptimalkan, Anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 4 Fungsi Manajemen Persediaan yang Penting Diketahui Perusahaan

1. Manusia atau Man

Unsur pertama dalam kegiatan manajemen adalah unsur manusia. Unsur ini juga secara otomatis memasukkan Anda di dalamnya, sebagai unsur utama dalam manajemen sebab memiliki kemampuan berpikir dan menggerakkan unsur lain di dalam perusahaan.

Optimasi sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan akan jadi hal pertama yang wajib dilakukan, sehingga setiap elemen manusia di dalam kantor dapat memberikan yang terbaik untuk bergerak berkesinambungan mencapai target bisnis.

2. Kedua, Material atau Bahan Baku

unsur manajemen
Sumber: freepik.com

Unsur yang kedua adalah material atau bahan baku yang diperlukan dalam rangka kegiatan bisnis. Tanpa bahan baku atau akses pada material ini, turunnya kemampuan produksi adalah hal yang tidak bisa dihindari. Maka dari itu, ketersediaan bahan baku harus senantiasa dipastikan.

Mulai dari perencanaan, penghitungan, perkiraan, pengelolaan persediaan yang dimiliki, hingga kontrol kualitas pada material yang digunakan, menjadi unsur manajemen produksi yang tidak bisa dilewatkan.

3. Uang, Dasar Kegiatan Bisnis

Seperti yang disebutkan di bagian awal tadi, bahwa uang memang merupakan satu hal yang penting. Bahkan pada banyak kasus keberadaan uang atau modal yang besar dapat menentukan eksistensi bisnis dan pengembangannya.

Namun unsur ini harus dikelola dengan baik agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan tujuan dari perusahaan. Meningkatkan daya saing serta produksi dan di waktu yang sama menjamin kesejahteraan karyawan, menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan.

4. Unsur Mesin

unsur manajemen
Sumber: freepik.com

Unsur manajemen selanjutnya adalah mesin, atau dalam bahasa asing disebut dengan machine. Unsur ini merupakan peralatan yang digunakan perusahaan untuk melancarkan proses produksi dan mencapai tujuan bisnis.

Keberadaan mesin secara vital dapat menentukan apakah perusahaan dapat melakukan proses produksi dengan baik atau tidak. Manajemen mesin, mulai dari perawatan, pengadaan, perbaikan, serta pembaruan wajib dilakukan sepanjang waktu.

5. Kelima adalah Metode

Dalam mengatur jalannya setiap kegiatan diperlukan metode yang jelas, efektif, serta optimal. Metode akan menjadi cetak biru aktivitas perusahaan yang dilakukan setiap bagian dan unsur di dalamnya, sehingga dapat bergerak dengan effort paling optimal dalam mencapai tujuan.

Metode wajib disusun dengan cermat, berdasarkan data, serta pola tertentu yang dirasa paling tepat. Setelah jadi, metode harus dijalankan dengan disiplin untuk dapat mencapai hasil kerja yang diharapkan.

6. Unsur Manajemen Kelima, Market

unsur manajemen
Sumber: freepik.com

Tidak dapat dipungkiri pasar atau market merupakan unsur dari manajemen yang tidak bisa dikesampingkan. Tanpanya, produk yang dihasilkan tidak akan dapat dijual dengan baik, dan perusahaan tak akan memperoleh keuntungan apapun.

Unsur ini dioptimalkan dengan beberapa bagian penting, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penerapan dan eksekusi program, kebijakan, strategi, hingga ke teknik pemasaran. Semua wajib dilakukan dengan cermat dan berdasarkan riset yang jelas, sehingga semua komponennya benar-benar terukur dan berjalan efektif.

7. Terakhir, Unsur Waktu

Semua unsur di atas akan selalu terikat dengan unsur terakhir, yakni waktu. Waktu menjadi aset paling berharga karena tidak dapat kembali, diulang, atau dibeli. Idealnya semua perusahaan memiliki waktu yang sama, hanya berbeda pada cara mengelola dan menggunakannya secara praktis.

Waktu di sini mencakup banyak hal. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk produksi, waktu untuk riset dan pengembangan, waktu untuk memasarkan produk, waktu untuk mendapatkan keuntungan, waktu untuk ekspansi, dan waktu untuk melakukan perubahan internal dan menjalin kerjasama dengan pihak lain.

Baca Juga: Kiat Mudah Memanajemen Kegiatan Ekonomi Perusahaan Bersama R1 

Setiap unsur manajemen yang dituliskan di atas perlu dikelola dengan baik, sebab terkait satu dengan yang lain dan memiliki urgensi yang sama-sama penting. Ini mengapa kemudian urusan optimasi kinerja secara umum dapat dipercayakan pada produk ERP modern, yang cakupannya luas, memiliki sistem yang solid, serta dapat diandalkan dalam berbagai jenis bisnis yang Anda miliki.

R1, Menawarkan Modul Lengkap untuk Setiap Divisi Perusahaan Anda

R1 menjadi produk ERP yang tepat untuk perusahaan Anda, guna memaksimalkan setiap unsur manajemen yang disampaikan di atas. Produknya lengkap dan mencakup setiap bagian, mulai dari Inventory Material Management, Sales & Distribution Management, Procurement Management, Financial Management, hingga Accounting Management. Setiap produknya dapat digunakan secara terpisah, namun akan lebih optimal digunakan secara terpadu untuk membentuk satu sistem solid yang terintegrasi. Segera gunakan produk dari R1 untuk mengoptimalkan perkembangan bisnis Anda, dan nikmati semua kemudahan yang ada di dalamnya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo