Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

aplikasi inventory barang

7 Benefit Penggunaan Aplikasi Inventory Barang

Berada di industri yang serba canggih seperti sekarang ini, Anda wajib memiliki sensitivitas yang tinggi pada teknologi terbaru yang dapat meningkatkan produktivitas. Seperti misalnya penggunaan aplikasi inventory barang, yang pada kenyataannya menawarkan banyak sekali fitur yang dapat memaksimalkan pengelolaan persediaan yang Anda miliki.

Pada dasarnya, aplikasi ini bertujuan serupa dengan aplikasi yang ada di perangkat smartphone Anda. Hanya saja konteksnya untuk industri, dan dapat membantu memudahkan banyak sekali urusan pengelolaan persediaan yang Anda miliki dengan bantuan sistem dan integrasi dengan fasilitas gudang yang Anda miliki.

Baca Juga: 101 Mengenai Buku Besar Pembantu Utang

Menilik Fungsi Aplikasi Inventory Barang

aplikasi inventory barang

Sumber: freepik.com

Fungsi dari aplikasi semacam ini sebenarnya adalah memudahkan proses pengelolaan atau manajemen persediaan. Namun secara lebih detail, breakdown konsep fungsinya dapat Anda cermati di bawah ini.

  • Pendataan stok barang, jumlah stok yang ada dapat didata dengan sistem digital. Pendataan stok dapat berjalan lebih terstruktur, sistematis, dan mudah dipantau.
  • Manajemen persediaan barang, pengelolaan persediaan dapat dilakukan berdasarkan kategori tertentu, dan pelacakan barang yang masuk dan keluar dapat dilakukan menggunakan kode unik yang disematkan di setiap barang.
  • Manajemen penjualan, fungsi ini dapat menampilkan jumlah data penjualan atau transaksi barang secara lengkap dan rinci, sehingga dapat dicocokkan dengan persediaan yang dimiliki di akhir periode.
  • Menyediakan master data, semua data terkait penyimpanan dan pengelolaan barang di gudang dapat dilihat pada satu dashboard terpadi secara real-time.
  • Laporan setiap akhir periode, fungsi selanjutnya adalah menyediakan laporan keluar-masuknya barang pada fasilitas gudang setiap akhir periode, untuk mendukung penyusunan laporan keuangan dan penjualan yang dilakukan.

Semua fungsi ini dijalankan dengan perangkat digital yang terintegrasi dengan sistem yang dimiliki perusahaan, sehingga pembaruan data yang terjadi dapat pula segera dimanfaatkan oleh bagian lain yang juga memerlukan akses data inventory dalam pekerjaannya.

7 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Semacam Ini

aplikasi inventory barang

Sumber: freepik.com

Dengan berbagai fungsi dan kelebihan yang diberikan aplikasi tersebut pada bidang pengelolaan persediaan, Anda dapat dengan mudah memperoleh benefit berikut untuk bisnis yang Anda jalankan.

1. Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Rasanya keuntungan ini menjadi yang paling mudah dirasakan, sebab terjadi integrasi informasi antara stok yang ada di gudang dan data yang dimiliki perusahaan. Peningkatan efisiensi, berkurangnya kesalahan data, dan ketepatan pengambilan keputusan dapat muncul dari penggunaan aplikasi ini.

Banyak tugas yang dapat disederhanakan dan diotomatiskan sehingga output-nya semakin berkualitas.

2. Mengurangi Biaya Operasional

Memang diperlukan sejumlah biaya untuk pemasangan dan integrasi aplikasi inventory barang dengan sistem yang dimiliki perusahaan. Namun untuk jangka panjang, banyak biaya yang akan dikurangi, termasuk biaya operasional dan biaya lain-lain yang muncul akibat kesalahan faktor manusia.

Tentunya dengan menurunnya biaya-biaya, Anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar dari waktu ke waktu.

3. Integrasi Seluruh Bisnis

Berbicara pada scope yang lebih besar, aplikasi ini juga dapat membantu integrasi setiap unit fasilitas penyimpanan dan setiap kanal penjualan yang Anda miliki. Apa hasilnya? Jelas data akurat terkait stok yang dimiliki, dan pengambilan keputusan lebih baik yang dapat Anda lakukan.

Integrasi diperlukan ketika Anda memiliki beberapa fasilitas gudang dan kanal penjualan. Dengan demikian tidak ada kesalahan data yang dapat berujung pada oversales yang akan merugikan perusahaan.

4. Catatan Transaksi Otomatis

Jelas karena telah menggunakan sistem digital yang terintegrasi, Anda akan memperoleh catatan transaksi yang terjadi secara otomatis dan akurat. Semua barang yang keluar dan masuk dapat diketahui dengan tepat berdasarkan pencatatan yang dilakukan oleh sistem.

Pada akhir periode atau ketika akan melakukan stock opname, Anda akan memiliki jumlah stok barang yang tepat sesuai dengan pencatatan. Data ini dapat digunakan sebagai dasar pencocokan yang dilakukan.

5. Keuntungan Aplikasi Inventory Barang, Menghindari Overselling

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, integrasi pada setiap fasilitas gudang dan kanal penjualan memungkinkan Anda menghindari overselling. Perubahan yang terjadi pada jumlah stok barang secara spesifik akan diperbarui pada setiap kanal, sehingga ketika produk habis maka produk akan keluar dari display utama dan tidak dapat lagi dibeli sampai restock.

Hal ini sangat berguna saat Anda memiliki beberapa kanal penjualan online, jadi update informasi stok barang yang dimiliki akan terjadi secara otomatis.

6. Kendali Penuh atas Stok Produk

Ketika Anda mendapatkan data akurat setiap saat atas jumlah persediaan yang ada, maka Anda memiliki kendali atas persediaan tersebut. Dengan mudah Anda dapat mengetahui kapan melakukan promo agar penjualan meningkat, kapan melakukan restock untuk mengisi kembali jumlah persediaan, dan keputusan strategis lain yang harus dilakukan dengan tepat.

7. Pada Akhirnya, Kepuasan Pelanggan

Produk yang selalu tersedia harus dijamin dengan pengelolaan persediaan yang baik. Pelanggan, dalam hal ini, akan terjamin kepuasannya ketika produk yang mereka inginkan selalu tersedia. Hal ini akan sulit terwujud jika Anda tidak menggunakan aplikasi seperti ini.

Pelanggan yang puas dapat membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal, dan pelanggan yang loyal adalah aset bernilai tinggi untuk jangka panjang.

Baca Juga: 5 Alasan Perusahaan Perlu Integrated Procurement System 

Jika Mencari yang Terbaik, R1 Solusinya!

Setelah mengetahui fungsi dan benefit penggunaan aplikasi inventory barang, pada akhirnya Anda akan mencari aplikasi atau modul dengan fitur paling lengkap dan mudah digunakan untuk bisnis Anda. R1, dalam hal ini, siap menyajikan Inventory & Material Management untuk urusan tersebut. Dengan tiga fitur utama, Warehouse Management System, Inventory Management, dan Material Management, semua urusan pengelolaan barang di gudang dapat dilakukan dengan efektif. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan aplikasikan R1 ke dalam bisnis Anda untuk keuntungan maksimal!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo