Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

word of mouth

Klasik Namun Efektif, Word of Mouth untuk Pemasaran Anda!

Rekomendasi yang datang dari orang terdekat, atau orang yang amat Anda percaya terkait sebuah produk, tentu akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat berpengaruh untuk keputusan pembelian Anda bukan? Word of mouth adalah konsep pemasaran yang menjadi dasar dari apa yang Anda baca di bagian awal tadi.

Strategi word of mouth sendiri mungkin menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling klasik yang pernah diciptakan, dan masih digunakan hingga saat ini. Bahkan kemudian strategi ini berkembang dan berevolusi menjadi banyak bentuk pemasaran lain dengan akar yang sama.

Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan word of mouth itu sendiri?

Anda bisa menemukan penjelasan lengkap dan pembahasannya di bawah ini!

Baca Juga: 6 Teknik Promosi Paling Jitu untuk Pengembangan Bisnis dan Profit Anda

Memahami Apa itu Word of Mouth

word of mouth
Sumber: freepik.com

Secara mendasar, word of mouth, atau biasa juga dikenal dengan singkatan WoM, merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran yang digunakan untuk memicu adanya diskusi, pembahasan, dan obrolan natural tentang rekomendasi sebuah produk atau brand.

Seperti namanya, dasar dari strategi ini adalah agar produk atau brand dapat menjadi topik utama dari masyarakat, banyak digunakan, kemudian memberikan pengalaman, yang diharapkan, baik, sehingga dapat direkomendasikan secara berantai dan terus menerus.

Sebenarnya teknik ini sendiri adalah tindakan sederhana yang dilakukan seseorang, dengan berbagi informasi mengenai produk atau brand pada orang yang sudah dikenal. Informasi dapat diperoleh dari pengalaman pribadi, atau dari aktivitas promosi yang dilakukan brand atau produk yang Anda miliki.

Nantinya, informasi ini akan terus disalurkan secara berantai, dan diharapkan menjadi satu bentuk promosi organik yang berdasarkan pengalaman nyata, rekomendasi dari satu orang ke orang lain, dan terus berjalan.

Lalu Apa Manfaat Penggunaan Teknik Pemasaran Tersebut?

word of mouth
Sumber: freepik.com

Setiap strategi pemasaran selalu memiliki manfaat yang nyata untuk produk, brand, citra, atau penjualan yang diupayakan. WoM sendiri setidaknya memiliki beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh, ketika strategi ini dieksekusi dengan optimal.

  • Pertama, brand menjadi populer. Jelas, ketika dibicarakan banyak orang, dan harapannya adalah dibicarakan dalam tone positif, brand akan semakin populer dan dikenal oleh khalayak luas. Orang yang hanya mendengar informasi sekilas akan merasa penasaran, dan turut mencari tahu mengenai produk atau brand Anda.
  • Kedua, strategi pemasaran ini idealnya tidak membutuhkan biaya yang besar. Informasi mengenai brand akan dengan sendirinya bergulir, dari satu orang ke orang lain, dari satu komunitas ke komunitas lain, hingga produk benar-benar dikenal dan diketahui masyarakat luas. Terlebih ketika informasi yang beredar berupa tanggapan positif, maka produk akan semakin mudah dikenal oleh masyarakat. Pada dasarnya, pengalaman positif atas suatu produk akan lebih mudah beredar.
  • Ketiga, kepercayaan pada produk meningkat. Jika sebagian besar komentar dan informasi yang beredar di pasar mengenai produk bernada positif, tentu masyarakat juga akan memiliki tingkat kepercayaan yang baik pada produk. Pasar yang telah menaruh kepercayaannya pada suatu produk akan lebih mudah mengambil keputusan pembelian pada produk tersebut.
  • Keempat, jelas, meningkatkan penjualan produk. Awareness yang telah terbentuk di pasar, kepercayaan publik yang meningkat, dan pengalaman positif yang dibagikan oleh pengguna produk, menjadi racikan sempurna untuk peningkatan penjualan yang dialami produk Anda. Terus gencarkan promosi yang dilakukan, dan Anda akan melihat hasilnya begitu indah di dalam catatan penjualan Anda!

5 Tips Penerapan Strategi Word of Mouth agar Berhasil

word of mouth
Sumber: freepik.com

Dengan membaca manfaat dan definisi dari strategi ini, mungkin Anda telah memiliki bayangan tentang bagaimana eksekusi dari strategi yang satu ini. Untuk memberikan gambaran lebih lanjut, berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan, dan adaptasikan dengan bisnis Anda.

1. Pastikan Produk Berkualitas

Produk yang dibicarakan adalah produk yang memberikan kesan mendalam untuk pelanggan yang menggunakannya. Tentu, akan lebih baik jika kesan yang muncul positif bukan? Maka dari itu, pastikan produk Anda memiliki kualitas terbaik sehingga memberikan customer experience yang baik pula.

2. User Generated Content

Atau dikenal dengan sebutan UGC adalah konten yang dibuat oleh pelanggan terkait produk yang Anda jual dan digunakan. Kumpulkan konten-konten ini dan rangkum dalam satu unggahan terpadu, sehingga menampilkan respon positif dari pengguna secara langsung.

3. Feedback dari Pelanggan Anda

Jangan ragu untuk meminta feedback dari pelanggan yang telah membeli dan menggunakan produk Anda. Apapun feedback yang diberikan akan sangat berarti karena menjadi respon pelanggan pada produk yang dibeli dan digunakannya. Dapat diperoleh dengan survei, kotak saran, atau interaksi di media sosial, semua cara dapat menjadi cara yang efektif.

4. Kumpulkan Ulasan Pelanggan

Ulasan pelanggan pada situs resmi atau pada laman produk dapat menjadi pemicu pelanggan lain mengambil keputusan pembelian yang sama. Maka dari itu, kelola ulasan pelanggan yang masuk, dan tampilkan secara strategis di laman produk yang Anda miliki untuk memantik keputusan pembelian.

5. Libatkan Komunitas Pelanggan dalam Event

Untuk brand activation Anda dapat mengajak komunitas pelanggan yang terbentuk, atau dengan sengaja dibentuk, dalam sebuah event. Pelanggan setia ini secara langsung akan menjadi ‘agen pemasaran’ efektif di bagian akar rumput, yang secara langsung dapat menggerakkan pelanggan lain untuk mengambil keputusan serupa dengan cerita pengalaman positifnya saat menggunakan produk Anda.

Baca Juga: Strategi Pemasaran 4P yang Harus Diketahui Pelaku Bisnis serta Contohnya 

Perencanaan strategi pemasaran yang tepat harus dilakukan, hingga pada eksekusinya di lapangan. Untuk membantu hal ini, Sales & Distribution Management dari R1 dapat menjadi produk terbaik yang bisa Anda gunakan saat ini dan nanti.

Sales & Distribution Management dari R1

Untuk mengoptimalkan urusan pemasaran yang Anda miliki, produk Sales & Distribution Management dari R1 akan menjadi jawaban yang tepat. Dengan fitur Sales Management dan Distribution Management yang solid, berbagai urusan dapat dimudahkan. R1 paham benar bahwa word of mouth akan jadi strategi yang sangat menarik untuk digunakan. Maka dari itu, segera gunakan produk dari R1 sekarang, dan dapatkan semua benefitnya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo