Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

strategi pemasaran 4p

Strategi Pemasaran 4P yang Harus Diketahui Pelaku Bisnis serta Contohnya

Menjalankan strategi pemasaran adalah kegiatan yang susah susah gampang. Mudah ketika perusahaan mengenal dengan baik para pelanggannya serta apa yang mereka butuhkan. Namun menjadi susah jika tidak mengetahui metode dan tips untuk melakukan strategi yang dibutuhkan. Apalagi dengan adanya dinamika perubahan pasar yang sangat cepat. Perusahaan harus mampu menyesuaikan hal tersebut dengan strategi yang tepat. Strategi pemasaran 4p adalah salah satu solusi yang bisa Anda coba. Simak detailnya di bawah ini.

Strategi Pemasaran 4P

Strategi pemasaran 4p sejatinya merupakan metode pemasaran yang menggabungkan beberapa hal utama dalam prinsip pemasaran, yaitu produk, harga, tempat menawarkan produk, dan strategi promosinya. Perusahaan biasanya menjadikan strategi ini sebagai identifikasi awal atau bahan dasar pembuatan proses pemasaran. Dengan menyatukan keempat hal tersebut, Anda akan lebih mudah memetakan langkah-langkah marketing.

Pemasaran dengan metode 4P ini terdiri dari 4 elemen utama yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Keempat elemen tersebut adalah product, price, promotion, dan place. Mari kita simak penjelasannya.

1. Product

Produk berarti sesuatu yang dihasilkan oleh perusahaan, baik berupa barang berwujud maupun tidak. Dengan kata lain, perusahaan dapat mengeluarkan barang atau jasa yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan dari target pasar. Jenis atau karakteristik suatu produk akan sangat memengaruhi strategi pemasaran yang akan dilakukan.

2. Price

Ada produk tentu ada harga produk yang secara otomatis mengikutinya. Dalam dunia bisnis dan pemasaran, harga produk sangat memengaruhi minat seseorang untuk membeli sesuatu. Sehingga naik turunnya harus diperhatikan dalam menentukan strategi pemasaran. Termasuk ketika perusahaan terpaksa harus menaikkan harga produk, maka harus ada pendekatan yang tepat agar pelanggan tidak lari kepada pesaing Anda. Jadi, memperhatikan harga pesaing, biaya produksi, tren produk, dan lain sebagainya adalah keharusan bagi tim pemasaran.

3. Promotion

Kunci dari semua elemen yang ada dalam pemasaran 4p adalah promosi. Penggabungan elemen produk dan harga akan menjadi dasar pembuatan promosi atau iklan. Dengan tujuan untuk memberitahu sebanyak mungkin audiens bahwa ada produk perusahaan dengan harga tertentu yang bisa dibeli. Media untuk menyebarkan promosi pun saat ini sudah sangat beragam. Mulai dari media massa dengan cara klasik, hingga melalui berbagai macam platform media sosial.

4. Place

Untuk elemen terakhir ini, perusahaan perlu sekali menentukan tempat yang dapat diakses pelanggan untuk mendapatkan produk yang dipasarkan. Tempat dalam hal ini tidak selalu berupa toko secara fisik, meski jika ada akan sangat membantu proses pemasaran. Namun saat ini, akses belanja berupa website resmi perusahaan juga bisa masuk dalam elemen tempat. Termasuk berbagai macam platform toko online yang sedang marak digunakan karena mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Sumber: unsplash.com

Contoh Penerapannya

Salah satu contoh penerapan berikut ini akan mempermudah Anda memahami strategi pemasaran 4p. Kita ambil contoh perusahaan dengan merek HMNS Perfumery dan memiliki produk unggulan parfum yang sempat viral.

a. Product

Perusahaan ini mengusung produk parfum dengan bahan asli dari Indonesia. Perusahaan ini memiliki berbagai varian keharuman dari produknya berupa parfum dan beberapa produk modifikasi lainnya. Contohnya adalah pengharum ruangan dan pengharum rambut.

b. Price

Untuk harga, perusahaan ini memiliki harga pasar menengah ke atas dengan mengunggulkan kualitas produknya yang premium. Karena harganya yang menyasar target pasar tertentu, perusahaan ini menggunakan harga yang lebih rendah saat mengeluarkan produk baru. Dengan begitu, harapannya akan lebih banyak pelanggan yang membeli.

c. Promotion

Kemudian untuk konten marketing yang digunakan, perusahaan membangun interaksi yang kuat dengan pelanggan melalui media sosial Instagram. Perusahaan juga mengikutsertakan pelanggan dalam acara kolaborasi dengan produk dari perusahaan lain. Selain itu, perusahaan juga mampu memanfaatkan berbagai acara penghargaan untuk menyebarluaskan informasi produknya kepada pasar yang lebih luas.

d. Place

Perusahaan ini belum memiliki toko secara fisik namun sudah beberapa kali membuka pop-up experience store selama beberapa hari di beberapa pusat perbelanjaan di ibukota. Sehingga penjualan masih dilakukan di beberapa online marketplace. Meskipun begitu, tingginya permintaan membuat perusahaan ini masih belum mengubah lokasi atau tempat belanja.

Sumber: freepik.com

Setiap perusahaan pasti memiliki karakteristik yang berbeda, baik dari segi produk maupun pelayanan yang diberikan. Untuk itu, salah satu tips yang bisa segera Anda terapkan adalah perdalam kembali informasi produk perusahaan. Serta mengenal lebih jauh karakteristik pelanggan Anda. Dengan semakin memahami produk dan kebutuhan pelanggan, perusahaan akan semakin mudah menerapkan strategi pemasaran 4p.

Dengan mengetahui strategi pemasaran 4p di atas, perusahaan mungkin bingung bagaimana harus mengelola prosesnya. Namun bagi perusahaan dengan sistem teknologi informasi yang sudah terstruktur akan lebih mudah memetakan dan menjalankan strategi ini. Termasuk dalam hal mengelola data penjualan perusahaan. Akan jauh lebih baik jika perusahaan menggunakan teknologi untuk melakukan manajemen target penjualan yang terintegrasi. Melalui Sales & Distribution Management milik R1, Anda dapat melakukan hal tersebut. Bahkan Anda juga dapat mengatur informasi pengiriman dengan sistem gudang secara efektif dan efisien. Temukan lebih banyak fitur R1 dengan mengunjungi kami di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *