Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

strategi promosi

8 Strategi Promosi Efektif Terkini yang Wajib Anda Tahu

Setiap usaha membutuhkan promosi agar produknya lebih dikenal masyarakat. Gencar melakukan promosi, akan membantu keterlihatan sebuah produk di mata public. Produk yang tadinya kurang dikenal, dengan strategi promosi yang unik dan kreatif akan berpotensi terlihat dan lekat dalam ingatan calon konsumen.

Ingin tahu apa saja strategi promosi yang unik dan kreatif sekaligus mudah diaplikasikan dalam segala macam bisnis? Mari kita lihat ulasan di bawah ini.

8 Strategi Promosi Unik dan Kreatif yang Relevan

1. Memberi giveaway

Mengadakan promosi produk dengan cara giveaway kuis bisa menjadi salah satu cara ampuh yang dapat mempermudah calon konsumen untuk semakin mengenal bisnis Anda. Dalam prosesnya, Anda dapat mengadakan sebuah kuis dengan imbalan berbentuk giveaway seperti produk gratis, hadiah, atau potongan harga yang bisa meningkatkan penjualan produk. Namun, Anda harus bisa memastikan bahwa kuis ini harus dipersiapkan dan dikemas semenarik mungkin agar orang-orang semakin tertarik untuk mengikutinya.

2. Menggunakan Media Sosial

Sumber: Pixabay

Saat ini hampir semua usia aktif di berbagai media sosial. Oleh karena itu, strategi promosi di media sosial masih sangat efektif untuk dilakukan. Media sosial telah menjadi strategi promosi yang perlu dimiliki oleh brand karena saat ini media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar untuk orang berbelanja. Penggunaan media sosial sebagai media promosi dan penjualan dapat menyampaikan pesan atau produk ke konsumen dengan lebih cepat, mudah, dan efisien.

3. Bekerja Sama dengan Influencer

Strategi pemasaran produk yang satu ini memang membutuhkan  banyak biaya. Tapi biasanya cukup efektif. Terutama jika dilakukan di media sosial semacam Instagram. Sesuai dengan namanya influencer, mereka berfungsi untuk influence atau mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk atau jasa bisnis Anda. Terdapat banyak sekali influencer di Indonesia dengan platform media sosial yang berbeda-beda. Pastikan Anda menggunakan influencer yang berkualitas, sebab hal itu akan mempengaruhi reputasi bisnis Anda.

4. Buatlah Website Brand

Memasarkan produk kali ini tidak lagi hanya melalui penjualan langsung lewat toko atau booth fisik dan hanya menjangkau daerah yang didatangi saja. Di era digital ini, memasarkan produk membuat jangkauan konsumen yang bisa melihat produk yang Anda jual jadi lebih luas. Lewat internet, Anda bisa memasarkan produk yang Anda jual lewat blog atau website yang berisikan detail produk yang Anda jual.

Lewat website atau blog pula, Anda bisa memiliki toko tanpa harus membuat toko fisik yang memakan modal besar untuk menyewa tempat dan memikirkan lokasi penjualan yang strategis. Blog gratis atau domain website murah telah banyak bertebaran di internet sehingga Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas.

5. Membuat Vlog

Sumber: Pexels

Saat ini visual telah lebih banyak menarik perhatian banyak orang. Karena itu kehadiran vlog sebagai media audio visual adalah media yang semakin banyak diterima dan digemari oleh banyak orang yang merupakan calon pembeli. Vlog merupakan video yang diunggah ke internet, khususnya youtube. Lewat vlog,  Anda bisa lebih memperlihatkan detail barang yang dijual.

6. Membuka Gerai Pop Up

Meski bisnis yang Anda jalankan berbasis online, Anda masih dapat membuka gerai toko sementara. Dalam hal ini, gerai pop up bisa menjadi salah satu langkah kreatif dan efisien untuk mempromosikan produk sebab Anda tak perlu menyewa ruko atau gedung. Lain halnya dengan outlet toko, gerai pop up ini umumnya berada pada area tengah di suatu mall atau di sekitar tempat orang banyak lalu-lalang. Gerai pop up ini dipastikan akan bisa menarik perhatian dari para pengunjung mall. Selain itu, Anda juga bisa membuka gerai ini ketika momen-momen khusus seperti hari raya.

7. Memanfaatkan Iklan Gratis

Internet kali ini telah menyediakan banyak platform untuk dijadikan media iklan produk yang gratis. Penggunaan iklan gratis di internet juga lebih efisien dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan memanfaatkan fitur iklan gratis ini, biaya untuk promosi produk pun akan lebih kecil dan hemat.

8. Memanfaatkan Iklan Mobil

Sumber: Pexels

Iklan mobil atau car advertising merupakan media pemasaran produk yang bergerak dan menjangkau lebih banyak calon konsumen. Manfaatkanlah iklan mobil di jalanan ibu kota atau pusat keramaian agar calon konsumen yang mengetahui produk Anda jadi semakin banyak.

Baca Juga: 6 Teknik Promosi Paling Jitu untuk Pengembangan Bisnis dan Profit Anda

Memaksimalkan Strategi Promosi Bersama R1

Setelah memiliki strategi promosi yang sukses tentunya Anda membutuhkan manajemen lanjutan yang bisa menangani penjualan. Oleh karena itu Anda membutuhkan aplikasi R1 yang memiliki fitur Sales Management.

R1 dengan fitur sales management  mengelola dengan tepat target pembelian pelanggan yang terintegrasi dengan manajemen pengiriman dan gudang. Modul ini terintegrasi dengan modul Manajemen Kredit berdasarkan jenis transaksi, klasifikasi pelanggan, jumlah pengiriman dan Tenaga Penjualan.

R1 akan membantu Anda lebih mudah melakukan penjualan dan distribusi secara cepat dan tepat untuk mendukung strategi promosi yang sukses . Bergabung dengan R1 sekarang juga.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo