Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

software erp adalah

Software ERP adalah Hal Krusial Bisnis, Simak di Sini!

Penggunaan software ERP adalah sebuah kewajaran di era industri seperti sekarang ini. Bukan tanpa sebab, manfaat dan urgensinya benar-benar menjadi jawaban kebutuhan perusahaan untuk memproses berbagai pekerjaan dengan lebih cepat, akurat, dan efektif.

Tapi sebenarnya, apa yang dimaksud dengan software ERP itu sendiri? Apakah sekedar program yang bisa membantu mencatat berkas, transaksi, dan menghitung gaji karyawan saja?

Untuk tahu lebih dalam tentang software ini, Anda dapat dengan mudah mencermati penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Optimasi Sistem Inventory, Simak 4 Jenisnya di Sini!

Pengertian Singkat Software ERP

software erp adalah
Sumber: freepik.com

Software ERP sendiri merupakan sebuah sistem terpadu yang dapat menyediakan integrasi seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam satu framework tunggal. Penggunaannya akan memudahkan proses perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi pemanfaatan sumber daya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Keberadaan sistem atau software seperti ini didalam perusahaan akan membuat setiap divisi terhubung, informasi dan data mengenai sumber daya yang dimiliki akan dapat diakses dengan mudah, dan dikelola dengan maksimal oleh setiap pihak yang berkepentingan.

Nantinya sistem kerja ERP akan dibagi dalam beberapa modul yang berbeda, yang digunakan sesuai dengan divisi atau bagian di dalam perusahaan. Modul ini yang akan menyediakan fitur untuk membantu pekerjaan setiap divisi, dan terintegrasi satu dengan yang lain di dalam sebuah perusahaan.

Mencermati Manfaat dari Software ERP

software erp adalah
Sumber: freepik.com

Jika mencermati manfaat dari penggunaan software ini untuk perusahaan, maka akan dapat dibagi menjadi beberapa poin utama. Poin penting manfaatnya adalah sebagai berikut.

1. Forecasting yang Lebih Akurat

Keputusan harus diambil berdasarkan data yang akurat. Data yang akurat ini dapat disediakan oleh sistem atau software ERP, karena semua transaksi dan perubahan akan dicatat secara aktual. Pada akhirnya, pihak perusahaan dapat melakukan forecasting yang lebih akurat untuk periode mendatang.

2. Perlindungan Data Perusahaan

Keberadaan sistem dari software ini juga memungkinkan perlindungan ganda pada data-data dan informasi penting yang dimiliki perusahaan. Akses data penting dapat dibatasi dengan fitur yang ada, sehingga hanya dapat diakses oleh kalangan dan jabatan tertentu saja. Dari pihak luar, proteksi data juga akan terjamin karena ini menjadi salah satu hal mutlak yang wajib diberikan oleh penyedia sistem.

3. Biaya Operasional Optimal

Implementasi software semacam ini juga akan memberikan transparansi pada manajemen biaya operasional. Menjadi lebih efektif dan efisien, perusahaan akan memiliki kontrol penuh pada pemasukan, pengeluaran, dan arus kas dan sumber daya dana yang dimiliki.

4. Kolaborasi Solid Divisi

Karena setiap divisi akan terhubung pada satu kerangka kerja yang terpadu, maka kolaborasi setiap divisi akan terjadi dengan lebih optimal. Setiap perubahan data yang dilakukan akan secara langsung diketahui oleh divisi lain, sehingga data yang digunakan dalam proses kerja masing-masing divisi selalu data aktual. Komunikasi yang lancar menjadi dasar yang kuat untuk solidnya kerjasama tim.

5. Membangun Hubungan Baik dengan pelanggan

Perusahaan akan memiliki kemampuan manajemen data yang jauh lebih baik, tidak hanya secara internal namun juga secara eksternal dengan pelanggan atau mitra bisnis. Dengan demikian, treatment yang diberikan pada pihak luar dapat disesuaikan dengan data dan informasi ini. Preferensi yang terus diperkuat dengan treatment yang tepat akan membuat pelanggan merasa puas.

6. Standarisasi Sistem yang Baik

Standarisasi perlu dilakukan pada proses kerja dan produk yang dimiliki perusahaan, demi optimalnya operasional bisnis. Di waktu yang sama, hal ini juga akan menjamin produk yang sampai di tangan pelanggan benar-benar sesuai dengan rencana perusahaan, yang disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

7. Kinerja Manajemen

Banyak aktivitas bisnis yang pada akhirnya akan dapat dioptimalkan. Mulai dari pengelolaans tok barang, pemantauan pengiriman produk, akuntansi dan proses keuangan, hingga pengelolaan SDM dan relasi dengan pihak internal dan pihak eksternal. Semua modul yang dibutuhkan tersedia, dan siap digunakan demi optimasi kinerja bisnis.

8. Keputusan yang Tepat

Masih berkaitan dengan ketersediaan data yang akurat, manajemen dapat melakukan pengambilan keputusan dengan jauh lebih tepat dan akurat berdasarkan kondisi terkini. Setiap keputusan yang baik selalu didasari dengan data yang solid.

9. Bisnis yang Terintegrasi

Pada akhirnya setiap data dan informasi, proses bisnis dan berkas, serta setiap divisi dan bagian, akan terintegrasi pada satu sistem yang sama. Hal ini memungkinkan optimasi semua strategi yang direncanakan untuk semua bagian, sehingga semua bisa bergerak secara bersamaan dalam satu irama kerja yang sama untuk mencapai target perusahaan.

Pentingya Software ERP untuk Perusahaan di Era Kekinian

software erp adalah

Keberadaan software ERP sejatinya menjadi sebuah kebutuhan untuk industri kekinian. Dengan melihat sembilan manfaat di atas, Anda tentu paham mengapa banyak bisnis yang mengadaptasi sistem ini ke dalam perusahaannya.

Integrasi data optimal, pengelolaan yang tidak terbatas oleh waktu, akses yang dapat diatur sedemikian rupa, hingga keberadaan data solid untuk setiap keperluan bisnis, menjadi alasan utama kenapa software seperti ini penting untuk dimiliki oleh setiap bisnis yang masih ingin bersaing dan terus bertahan di era modern serba digital seperti sekarang ini.

Baca Juga: Mengenal Stock Adjustmen untuk Bisnis yang Lebih Efektif 

R1 kemudian hadir sebagai solusi untuk software ERP handal yang dapat Anda gunakan dalam perusahaan Anda. Ketersediaan modul yang lengkap dan integrasi yang mudah dengan sistem bisnis perusahaan, membuat perangkat lunak ini dapat segera digunakan dan hanya membutuhkan waktu setup yang singkat. Untuk itu, segera hubungi layanan pelanggan kami untuk mengajukan demo, dan maksimalkan kinerja bisnis Anda menggunakan setiap modul yang dimiliki oleh R1!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo