Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

sistem erp indonesia

Mencari Sistem ERP Indonesia Ideal? Cermati Artikel Ini!

Optimasi kinerja perusahaan wajib dilakukan dengan berbagai cara, agar mendapatkan output maksimal dengan effort yang dilakukan. Tidak heran, pencarian pada sistem ERP Indonesia yang tepat banyak dilakukan oleh perusahaan, demi agar mencapai hal tersebut.

Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan sistem ERP Indonesia itu? Apakah serupa dengan sistem ERP yang ada pada umumnya? Atau justru memiliki keunikan karena telah disesuaikan dengan iklim bisnis di negeri ini?

Baca Juga: Wajib Paham! Begini Cara Kerja Sustainable Supply Chain

Mengenal Sistem ERP Indonesia Lebih Dekat

Sistem ERP Indonesia
Sumber: freepik.com

Enterprise Resource System merupakan sebuah sistem pengumpulan dan pengorganisasian data bisnis menggunakan perangkat lunak yang secara menyeluruh telah terintegrasi satu dengan yang lain. ERP, dapat dipahami sebagai sebuah perangkat yang memiliki kemampuan mengotomasi banyak proses bisnis menggunakan data dan pengaturan yang telah ditentukan sebelumnya.

Dalam konteks ERP Indonesia, pengembangannya kemudian dilakukan dengan menyesuaikan nilai-nilai bisnis lokal yang mungkin saja unik. Meski demikian secara garis besar sistem ERP yang ada di dunia cenderung sama, hanya akan berbeda ketika telah diaplikasikan ke masing-masing bisnis yang ada.

Sistem ERP menyediakan berbagai modul tergantung dengan divisi atau bagian di dalam bisnis. Masing-masing modul memiliki fitur tertentu yang secara spesifik ditujukan untuk mengoptimalkan proses bisnis di divisi tersebut.

Data kemudian akan dapat diakses lintas modul, dan digunakan dalam berbagai keperluan yang terkait dengan masing-masing proses.

Apa Fungsinya?

Sistem ERP Indonesia
Sumber: freepik.com

Setidaknya terdapat empat poin umum yang bisa diberikan jika berbicara mengenai fungsi dari sistem ERP itu sendiri. Pertama adalah fungsi integrasi, kemudian fungsi monitoring, fungsi perencanaan, dan fungsi otomasi.

1. Fungsi Integrasi

Sistem ERP banyak digunakan karena fungsi pertama ini. Dengan integrasi berbagai komponen dan modul dalam satu kerangka kerja yang sama, optimasi kinerja perusahaan dapat dilakukan dengan baik. Pengelolaan data lintas divisi, proses perizinan, proses persetujuan, dan pengawasan kinerja dapat dilakukan dalam satu modul yang sama. Semua data dan sistem kerja ini terlindung dengan aman menggunakan sistem yang solid dan dapat diandalkan.

2. Fungsi Monitoring

Fungsi kedua adalah monitoring. Sekilas telah dibahas di bagian sebelumnya bahwa sistem ERP dapat membantu Anda dalam mengawasi kinerja perusahaan. Banyak hal baru yang harus dicermati, akan ada produk yang perlu diseminasi. Unutk memudahkannya, ERP dapat membuat semua lebih terorganisir. Dengan sistem ini, setiap data dapat terekam sehingga dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan strategis bisnis.

3. Fungsi Perencanaan

Fungsi perencanaan menjadi yang ketiga. Dengan sistem ini, perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan planning secara menyeluruh di setiap divisi kerja. Hal ini diperkuat dengan data yang solid untuk setiap divisi, sehingga perencanaan yang dibuat akan lebih baik dari waktu ke waktu.

4. Fungsi Otomasi

Dengan otomasi yang terjadi menggunakan sistem ERP Indonesia ini, perusahaan memiliki ruang gerak yang lebih luas untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Efisiensi dari penggunaan waktu akan sangat terasa, sebab waktu yang dimiliki dapat dialihkan untuk pos strategis lain yang lebih substansial dalam pengembangan dan persaingan bisnis.

Berikut Daftar Keuntungan Penggunaan ERP untuk Bisnis

Sistem ERP Indonesia
Sumber: freepik.com

Melihat fungsinya yang cukup mendasar tersebut, penggunaan secara ideal dari sistem ERP ini bisa membawa banyak keuntungan bagi perusahaan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Memudahkan pengendalian bisnis, karena dapat mengawasi setiap proses bisnis yang terjadi melalui gadget yang Anda miliki. Jadi waktu yang berharga bisa digunakan untuk hal lain, alih-alih meminta informasi atau data terkait dengan bisnis yang berjalan
  • Otomasi proses, seperti telah dijelaskan pada bagian fungsi tadi, otomasi adalah salah satu keuntungan yang bisa diberikan oleh penggunaan sistem ERP ini
  • Integrasi berbagai unit, karena dapat menyatukan sistem yang digunakan dalam perusahaan, maka integrasi setiap unit akan berjalan dengan baik. Mulai dari keuangan, HR, produksi, pengadaan, hubungan dengan partner bisnis, dan lain sebagainya
  • Akurasi data, karena semua bagian terintegrasi, otomatis semua data yang digunakan juga akan menjadi data yang akurat. Tidak ada lagi kesalahan penggunaan data lama yang tidak aktual, sehingga bisnis dapat dijalankan dengan lebih baik
  • Manajemen dan perencanaan sistem informasi yang ideal. Perusahaan akan memperoleh akses pada berbagai macam tools untuk mengambil keputusan terbaik sehingga output yang dihasilkan benar-benar yang paling maksimal
  • Produktivitas dan efisiensi kinerja bisnis
  • Fleksibel dalam menghadapi persaingan bisnis yang ada di era modern

Anda semua dapat memperoleh keuntungan ini selama Anda memilih sistem ERP Indonesia yang tepat. R1, dalam hal ini, akan jadi pilihan ideal untuk menjadi partner pengembangan bisnis, sebab R1 memiliki ragam fitur dan modul yang dapat dimaksimalkan untuk bisnis Anda.

Kenapa R1?

Karena selain menghadirkan modul lengkap yang dapat Anda gunakan, R1 juga menawarkan berbagai keuntungan yang bernilai lebih. Beberapa keuntungan menggunakan R1 antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mengelola performa perusahaan, proses data secara real-time membantu kontrol dan pengelolaan perusahaan secara cepat dan tepat
  • Built-in reporting, fitur reporting membantu proses penyajian data sesuai dengan kebutuhan user
  • Pencatatan terintegrasi, sistem pencatatan dan pengoperasian secara terintegrasi untuk produktivitas bisnis
  • Tanpa initial investment, aplikasi ini berbasis cloud dengan sistem subscription memudahkan Anda untuk memiliki sistem tanpa investasi biaya yang besar
  • Standardized, flow proses bisnis yang terstandarisasi dengan best practice di multi industri

Baca Juga: Manajemen Rantai Pasok dalam Bisnis, Wajib Dioptimalkan! 

Optimasi sistem ERP Indonesia dari R1 jelas akan memberikan banyak keuntungan dan optimasi pada bisnis yang Anda miliki. Tidak heran jika R1 menjadi salah satu opsi paling handal yang bisa Anda ambil, untuk menemani pengembangan bisnis Anda. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lengkap terkait produk ERP-nya sekarang juga!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo