Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

sustainable supply chain

Wajib Paham! Begini Cara Kerja Sustainable Supply Chain

Apa Itu Sustainable Supply Chain

Sustainable supply chain adalah cara perusahaan untuk memahami dampak lingkungan dan manusia melalui rantai pasok mulai dari proses produksi, distribusi hingga sampai ke tangan konsumen. 

Oleh karena itu, supply chain memuat seluruh rantai pasok dan melakukan koordinasi untuk setiap aktivitas, penggunaan alat, hingga terlibat dalam produksi maupun pengiriman produk.

Dari pengertian tersebut maka bisa diketahui tujuan sebenarnya dari sustainable supply chain adalah mengurangi berbagai kerusakan yang timbul karena penggunaan air atau produksi limbah dengan cara melakukan aktivitas positif kepada orang-orang di sekitarnya. 

Mengapa perlu melakukan ini? Karena untuk memperlihatkan kepada klien atau calon investor bahwa perusahaan mampu melindungi lingkungan dan karyawan. Selain itu, perusahaan berusaha menunjukkan bahwa mereka sangat memperhatikan etika bisnis. 

Cara Kerja Sustainable Supply Chain

cara kerja sustainable supply chain
Sumber: pexels.com

Adapun perusahaan perlu untuk meningkatkan keberlanjutan rantai pasokan. Maka dari itu, perusahaan perlu mengetahui cara kerjanya yaitu:

  • Melakukan identifikasi terhadap berbagai isu kritis dan mana saja yang perlu mendapat perbaikan dalam lingkup rantai pasokan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengetahui mana yang merupakan emisi dan risiko dalam proses produksi dan operasi.
  • Bekerja sama dengan supplier chain lainnya. Hal ini diperlukan karena dengan adanya kolaborasi sumber daya antar supplier maupun produsen bisa membantu perusahaan untuk meminimalisir biaya tak terduga, limbah, dan risiko lingkungan lainnya. 
  • Memanfaatkan supply chain management dan alat ukur lainnya untuk mendorong kebaikan dan mengetahui mana yang menjadi kekurangan. 
  • Akuntabilitas adalah salah satu proses yang harus ada di perusahaan. Maka dari itu, beberapa aktivitas dalam akuntabilitas seperti audit, implementasi program, mencatat dan memberitahukan progress report kepada konsumen perlu dilakukan. Selain itu, laporan keuangan wajib dicatat dengan rapi dan detail sehingga muncul transparansi keuangan perusahaan. 

Manfaat Sustainable Supply Chain

manfaat sustainable supply chain
Sumber: pexels.com

Satu hal yang perlu Anda tahu adalah keberlanjutan rantai pasokan tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan melainkan juga orang-orang dan lingkungan sekitar. Sebab, harus disadari bahwa adanya perubahan iklim membuat bisnis terganggu karena cuaca ekstrim atau bahkan kelangkaan sumber daya. 

Setelah memahami cara kerja dari sustainable supply chain maka perlu mengetahui apa saja manfaat keberlanjutan rantai pasokan yaitu:

1. Operasi Rantai Pasokan

Penggunaan SCS menunjukkan bahwa jika biaya energi menurun, misalnya, karena perusahaan menetapkan target emisi dengan pemasok dan membantu mereka mengidentifikasi area potensial untuk perbaikan. Dengan hal tersebut tentunya perusahaan akan mengalami penurunan biaya yang signifikan.

2. Hubungan Investor Menjadi Kuat

Investasi berkelanjutan sangat diharapkan oleh perusahaan. Sebab, dengan modal investasi yang cukup maka keuangan perusahaan menjadi sehat. Namun demikian, ada hal yang harus diwaspadai yaitu operasi rantai pasokan tidak berjalan lancar. 

Ini juga tampak dari berita di berbagai media yang mengabarkan bahwa banyak operasi rantai pasokan yang tidak berjalan sesuai rencana. Pada akhirnya akan merugikan perusahaan tersebut. Maka dari itu, perlunya pengelolaan rantai pasokan yang baik sehingga hubungan dengan investor semakin kuat. 

3. Adanya Peningkatan Kapasitas

Setiap perusahaan pasti ingin memanfaatkan keberlanjutan rantai pasokan dengan baik. Maka dari itu, pengembangan kapasitas menjadi cara yang baik untuk mewujudkan hal tersebut. Apabila perusahaan yang Anda bangun mampu menunjukkan hal baik kepada supplier maka mereka juga akan menunjukkan hal serupa. Dengan demikian, simbiosis mutualisme akan tercipta antara supplier dengan perusahaan. 

4. Meningkatkan Kepatuhan

Setiap perusahaan perlu mematuhi standar yang telah ada mengenai keberlanjutan rantai pasokan. Hal ini untuk membuktikan keseriusan pemerintah dalam menangani dampak lingkungan. Oleh karena itu, standar tersebut juga berlaku kepada supplier

Jika supplier mematuhi standar yang ada, program keberlanjutan menjadi baik di masa mendatang. Selain itu, kebutuhan perusahaan akan sebuah produk akan terpenuhi. 

Untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan pemerintah, perusahaan perlu mengembangkan proses pengadaan barang menjadi lebih mudah. R1 dari RUN System mampu membantu untuk meningkatkan kontrol pengadaan, menyediakan fleksibilitas sehingga mampu mencapai tujuan perusahaan. 

R1 memiliki dua fitur dalam Procurement Management yaitu Vendor Management System dan Purchasing Management. Dalam Vendor Management, perusahaan diberi kemudahan untuk akses monitoring dan meningkatkan relasi dengan supplier. Sedangkan di Purchasing Management, perusahaan mendapatkan kemudahan dalam pemilihan vendor.

Bersama dengan R1, perusahaan lebih mudah untuk mewujudkan visi dan misi. 

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo