Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

saas adalah

5 Keunggulan Saas bagi Perusahaan yang Bisa Didapatkan

Sebagai dampak perkembangan teknologi yang semakin maju, operasional bisnis juga terus melakukan pengembangan. Selain untuk mempermudah pekerjaan, teknologi juga meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan secara menyeluruh. Tidak hanya perangkat keras, perangkat lunak juga terus mengalami peningkatan berbagai macam fitur. SaaS adalah salah satu bentuk kemudahan yang patut dimiliki setiap bisnis. Simak cara kerja dan manfaat yang akan didapatkan perusahaan ketika menerapkan saas berikut ini.

SaaS dan Cara Kerjanya

Software as a Service atau SaaS adalah sistem atau rangkaian perangkat lunak berbasis cloud yang diciptakan untuk meningkatkan pelayanan, baik dari segi kemudahan maupun keakuratannya. Berbasis cloud artinya SaaS menggunakan sistem penyimpanan dan pengelolaan data melalui internet. Dengan kata lain, perusahaan pengguna dapat mengakses data, laporan, dan menganalisisnya dalam satu server yang sama dimanapun dan kapanpun selama terhubung dengan internet.

Perusahaan pengguna juga tidak perlu memahami bagaimana sistem tersebut dibuat dan/atau memperbaikinya ketika ada bug atau kesalahan kode. Ketika perusahaan atau bisnis menghubungi dan melakukan kesepakatan dengan penyedia SaaS, semua pembentukan sistem dan prosesnya akan dilakukan terpusat oleh penyedia tersebut. Ketika beroperasi pun SaaS dapat diakses oleh banyak orang dalam perusahaan secara bersamaan. Perhatikan detail manfaat dan keunggulannya di bawah ini.

Sumber: Freepik

Manfaat SaaS

1. Pengelolaan Data Pelanggan Terstruktur

SaaS hadir dalam bentuk sistem yang dibuat sedemikian rupa sehingga alur pelayanan pelanggan menjadi lebih jelas dan terstruktur dalam satu platform yang sama. Artinya, baik pelanggan maupun customer service mampu mengaksenya dalam satu dashboard. Dengan sistem yang sama, pengelolaan data pelanggan juga akan lebih mudah dilakukan.

2. Pendukung CJM dan Customer Experience

CJM atau Customer Journey Map adalah peta yang dilalui pelanggan dari awal mengetahui produk Anda hingga mereka menggunakannya. Sedangkan customer experience adalah semua bentuk pengalaman yang didapatkan pelanggan terkait produk Anda, baik bersinggungan langsung maupun tidak. Dengan memiliki SaaS, perusahaan dapat membuat CJM lebih spesifik sekaligus meningkatkan Customer Experience. Sehingga pelayanan Anda sama-sama memuaskan baik di toko maupun marketplace.

3. Kemudahan Integrasi Data

SaaS juga dapat membantu perusahaan melakukan integrasi data, terutama data pelanggan dan pesanan mereka. Dengan integrasi ini koordinasi antar tim dalam perusahaan akan menjadi lebih mudah. Selain itu, hal ini juga akan meminimalisir adanya perbedaan informasi yang didistribusikan.

4. Peningkatan Produktivitas Operasional Perusahaan

Lebih jauh lagi, SaaS akan membantu meningkatkan produktivitas operasional perusahaan. Terdapat 6 komponen yang harus ada dalam menjalankan perusahaan, yaitu bagian personalia, keuangan, konversi, penciptaan produk, distribusi, pembelian. SaaS akan sangat bermanfaat bagi tim konversi dan distribusi.

Sumber: Freepik

Keunggulannya Dibanding Cara Konvensional

1. Lebih Mudah Diakses

Karena berbasis Cloud, Anda dapat mengerjakan sekaligus menyimpan data kapanpun dan dimanapun selama memiliki jaringan internet. Jadi, akses terhadap data dan analisis pelanggan jauh lebih mudah. Anda tidak perlu lagi mengganti perangkat penyimpanan ketika sudah penuh karena semuanya tersimpan dalam sistem yang sama.

Baca Juga: Cloud Computing: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Keuntungannya untuk Bisnis

2. Lebih Murah

Biaya pemasangan SaaS mungkin relatif lebih tinggi, namun perusahaan sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya penyusutan. Apalagi jika berurusan dengan perawatan dan perbaikan, perusahaan tidak perlu mencari penyedia lain di kemudian hari. Jadi biaya pengadaan SaaS biasanya sudah termasuk dengan biaya perawatan dari waktu ke waktu.

3. Lebih Mudah Diperbarui

SaaS juga dapat diperbarui, baik itu karena terjadi kesalahan pengkodean maupun untuk keperluan mengikuti perkembangan pasar. Artinya, perusahaan dapat lebih mudah mengakomodir kebutuhan pelanggan. Hal ini akan cocok digunakan perusahaan dengan karakteristik pelanggan yang dinamis.

4. Lebih Akurat

Dalam mengolah data pun, SaaS melakukannya lebih akurat sehingga hasilnya lebih valid. Perusahaan pengguna tinggal fokus pada proses input data jika memang diperlukan. Karena pada beberapa model SaaS, Anda bahkan tidak perlu melakukan input sama sekali.

5. Kebutuhan Perusahaan Terpenuhi

Selain mengakomodir kebutuhan pelanggan, kebutuhan perusahaan dalam memberikan pelayanan juga terpenuhi. Beberapa jenis kebutuhan yang kerap muncul adalah maksimal volume data yang bisa masuk dan berapa orang yang dibutuhkan untuk menggunakan sistem tersebut.

Baca Juga: Memahami Tugas Customer Care, Apa Bedanya dengan Customer Service dan Customer Support?

Kini saatnya perusahaan Anda beralih ke SaaS untuk mendapatkan manfaat besar diatas. SaaS yang paling baik adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bisa juga dengan mencari penyedia SaaS yang mampu memberikan sistem secara kustom sesuai dengan karakteristik perusahaan. Sudahkah Anda mengetahui bahwa salah satu penyedia terpercaya untuk SaaS adalah R1? Dengan beragam fitur yang dimilikinya, R1 mampu membantu meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Mulai dari pengelolaan data pelanggan hingga penyusunan berbagai macam laporan akan menjadi pekerjaan yang jauh lebih efektif dan efisien. Banyak bisa dalam satu platform, kunjungi R1 untuk informasi yang lebih lengkap di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo