Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

cloud computing adalah

Cloud Computing: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Keuntungannya untuk Bisnis

Dalam mengoptimalkan kinerja perusahaan, diperlukan upaya yang tepat dan terukur. Tidak hanya dari sisi penggunaan layanan cloud computing yang handal, namun juga pemilihan modul yang tepat sesuai dengan keperluan perusahaan. Cloud computing adalah satu konsep komputasi yang belakangan banyak digunakan perusahaan, sebab bisa membantu operasional dalam berbagai sisi.

Baca Juga : 4 Fungsi Manajemen Persediaan yang Penting Diketahui Perusahaan

Memahami Apa Itu Cloud Computing

cloud computing adalah
Sumber: freepik.com

Proses komputasi secara konvensional akan dilaksanakan di perangkat komputer yang dimiliki. Pada proses pengolahan data besar, spesifikasi perangkat yang besar juga diperlukan. Jelas, hal ini bisa menjadi tantangan untuk pengembangan bisnis secara langsung.

Cloud computing adalah satu konsep dimana proses komputasi yang terjadi tidak lagi bergantung pada perangkat keras yang dimiliki, namun dipindahkan ke ‘awan’. Yang dimaksud adalah bahwa proses komputasi bisa dilakukan menggunakan bantuan internet, sehingga dapat berjalan lebih cepat, efektif, akurat, efisien, namun tetap aman dan terproteksi dengan baik.

Konsep ini berupaya memaksimalkan kapasitas internet sebagai center of server pengelolaan data pengguna, sehingga beban pada perangkat keras bisa dialihkan. Ketika pengguna ingin melakukan proses tertentu, pengguna tak lagi harus menginstal aplikasi atau program di perangkat keras yang digunakannya. Cukup dengan mengakses layanan cloud computing yang digunakan perusahaan, dan semua pengolahan data bisa dilakukan lebih efektif.

Bagaimana Cara Kerjanya?

cloud computing adalah
Sumber: freepik.com

Pada dasarnya cara kerja dari cloud computing adalah serupa dengan komputer yang Anda gunakan saat ini. Diperlukan tiga komponen utama, mulai dari server, kemudian sistem operasi, dan software. Perbedaannya adalah penyedia jasa ini sudah menyediakan semuanya, Anda tinggal melakukan akses sesuai kebutuhan dan layanan yang digunakan.

Penyedia layanan cloud computing akan membagikan akses pada sumber daya yang dimilikinya ini kepada pengguna yang sudah bersepakat pada syarat dan ketentuannya. Pengguna melakukan akses pada layanan yang diberikan, dan proses komputasi bisa dilakukan sesuai aturan.

Layanan seperti ini tersedia dalam dua opsi, yakni berbayar dan tidak berbayar. Contoh paling sederhana untuk layanan tidak berbayar misalnya adalah cloud yang disediakan Google, mulai dari Google Drive, Google Sheets, dan sebagainya. Anda tak perlu melakukan instalasi semua produk tersebut saat menggunakannya bukan? Semua bisa dilakukan hanya dengan akses ke ‘perangkat’ yang diperlukan.

Untuk layanan berbayar, contoh yang paling mudah dipahami adalah berbagai produk SaaS atau software as a service yang kini banyak tersedia. SaaS sendiri bergerak di banyak bidang, mulai dari pengelolaan SDM, pengelolaan finansial, perencanaan bisnis, dan masih banyak lagi.

4 Fungsi Cloud Computing adalah Sebagai Berikut

cloud computing adalah
Sumber: freepik.com

Setidaknya terdapat empat fungsi utama dari cloud computing. Secara singkat, berikut penjelasannya.

1. Menyediakan Perangkat Up to Date

Layanan cloud computing adalah layanan berbasis internet yang bisa dengan cepat mengikuti update yang ada di industri. Perangkat selalu diperbarui berdasarkan teknologi dan inovasi terbaru, demi optimalnya layanan yang diberikan.

Pengguna bisa merasakan kapasitas perangkat up to date dari segi kinerja tanpa harus mengeluarkan banyak anggaran dan waktu untuk melakukan instalasi. Secara rutin, pembaruan pada layanan cloud terus dilakukan demi kenyamanan penggunanya.

2. Memudahkan Kolaborasi Setiap Pihak

Akses yang dimiliki semua pihak yang berkepentingan juga dapat memudahkan berbagai proses kolaborasi yang dilakukan. Setiap pihak bisa mengakses data, memprosesnya, dan memperbaruinya dengan cepat dan secara real-time.

Dengan data yang yang secara konstan ter-update, maka pihak atau departemen lain yang membutuhkan data tersebut untuk proses kerjanya bisa memiliki data yang aktual. Kolaborasi akan terjadi dengan baik karena akses bisa dilakukan bersamaan, sehingga tidak ada hambatan teknis dalam kolaborasi antara departemen.

3. Akses Data Terbuka

Untuk setiap staf dan departemen yang berkepentingan, akses data akan dibuka seluas-luasnya demi efisiensi kerja. Data bisa diakses dan disimpan, serta diolah secara online, sehingga tidak ada lagi kendala pengolahan data ketika kantor tutup.

Selama perangkat Anda terhubung ke jaringan internet, maka urusan pekerjaan bisa dilakukan dengan efektif.

4. Efisiensi Biaya dan Ruang

Semakin besar perusahaan maka semakin besar pula data yang diolah. Memiliki server sendiri di perusahaan memang akan jadi fasilitas yang mendukung. Namun dengan terus meningkatkan kebutuhan maka bisa jadi efisiensi biaya dan ruang perlu diperhatikan.

Cloud computing adalah solusi dari hal ini, sebab dengan menggunakan layanan tersebut Anda bisa mendapatkan ‘ruang’ yang besar tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi. Setiap saat, layanan bisa ditingkatkan kelasnya untuk akses pada ‘ruang’ yang lebih besar.

Sederet Keuntungan Penggunaan Komputasi Awan

cloud computing adalah
Sumber: freepik.com

Melihat dari fungsi yang disebutkan di atas, tidak sedikit keuntungan yang bisa Anda rasakan ketika mulai menggunakan layanan cloud computing ini.

  • Lebih hemat biaya jika dibandingkan on-site server secara fisik.
  • Manajemen bisnis lebih mudah dengan akses dan kapan saja dan dimana saja.
  • Akses cepat dan praktis.
  • Ketersediaan fitur back-up dan recovery data jika terjadi permasalahan.
  • Dapat terintegrasi secara otomatis dengan database perusahaan dan berbagai software yang digunakan.
  • Reliabel, karena update dan pembaruan terus dilakukan demi kenyamanan pengguna.
  • Kolaborasi tim yang lebih baik dari waktu ke waktu.
  • Implementasi cepat, sesaat setelah subskripsi dilakukan pada penyedia layanan cloud.

Dan masih banyak lagi yang lainnya. Penggunaan cloud computing adalah hal yang awam di bisnis era kekinian dalam rangka mengoptimalkan sumber daya yang ada. Pada akhirnya, layanan seperti SaaS atau software as a service menjadi pilihan paling logis untuk membantu pengelolaan perusahaan.

Baca Juga: Berkenalan dengan 3 Implementasi ERP System dalam Bisnis, Ini Dia! 

R1, hadir sebagai jawaban atas kebutuhan Anda pada cloud computing. R1 memahami cloud computing adalah teknologi yang dibutuhkan bisnis di era kekinian. Dengan berbagai modul yang disediakan dan dapat digunakan sesuai kebutuhan R1 menyediakan layanan cloud yang handal tanpa perlu investasi biaya yang besar. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan penawaran menarik untuk bisnis yang Anda kelola sekarang juga!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *