Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

retailer adalah

Retailer: Pengertian, Jenis, dan 4 Fungsinya

Banyak jenis bisnis yang saat ini berada di Indonesia. Salah satunya adalah bisnis jenis retailer. Jika Anda sudah banyak mendengar kata retailer, mungkin saat ini yang ada dalam bayangan Anda bahwa retailer adalah sebuah supermarket besar dengan barang lengkap dan menjual berbagai kebutuhan. Sebenarnya ini tidak begitu salah, tapi apa sebenarnya makna dari retailer? Mari cek ulasan di bawah ini!

Apa itu Retailer?

Retailer adalah salah satu jenis atau model bisnis yang melakukan aktivitas perdagangan atau penjualan baik itu secara perorangan maupun perusahaan yang mana mereka melakukan penjualan produk secara langsung ke para konsumen (end user).

Model bisnis seperti ini sering juga disebut sebagai perusahaan Business to Consumer (B2C). Dalam arti lain retailer adalah seseorang atau perusahaan tertentu yang mempunyai peran penting dalam menyampaikan sebuah produk dari produsen kepada konsumen.

Jenis Retailer

Sumber: Pexels

1. Berdasarkan Kepemilikan

Kalau kita lihat berdasarkan dari kepemilikannya, ada 3 (tiga) jenis retailer, yaitu:

Retailer Mandiri

Seperti namanya model bisnis yang satu ini berdiri dan beroperasi sendiri secara mandiri tanpa ikut bergabung atau bekerjasama dengan pihak manapun.

Retailer Waralaba (Franchise)

Retailers yang menggunakan sistem waralaba atau bisnis franchise adalah sebuah usaha retail yang mana ikut terlibat dan bergabung dengan perusahaan pusat (franchisor). Perusahaan pusat maupun pengusaha di bawahnya (franchisee) sama-sama memasarkan dan menjual produk yang sama.

Retailer Kelompok Usaha

Sedangkan jenis retail yang menggunakan kelompok usaha atau badan usaha adalah jaringan bisnis retail yang memiliki ikatan dan beroperasi pada satu manajemen, seperti Bumdes yang sudah mendirikan unit usaha bumdes mart.

2. Berdasarkan Produk Yang Dijual

Jenis yang satu ini juga memiliki 3 (tiga) jenis, yaitu ada yang:

  • Menjual produk berupa barang;
  • Bergerak di bidang penawaran jasa tertentu; dan
  • Menggunakan media atau platform tertentu untuk memasarkan dan menjual produk (barang dan jasa).

3. Berdasarkan Lokasi Penjualan

Retailer juga bisa dengan mudah kamu bedakan sesuai dengan tempat atau lokasi penjualannya. Jika kita lihat berdasarkan lokasi penjualannya, ada 2 (dua) jenis model bisnis retail ini, yaitu:

Retailers yang mempunyai akses langsung kepada konsumen atau para pelanggannya, atau biasa dikenal dengan sebutan pengecer;

Retailers yang ikut bergabung dan bekerja sama dengan model bisnis retail lainnya. Buah dari kerjasamanya bisa seperti membuat pusat perbelanjaan atau pusat bisnis.

Baca Juga: Tujuan dan 6 Opsi Distribusi Produk, Mana yang Terbaik?

Fungsi Retailer

Sumber: Pexels

Sekarang, apa saja fungsi dan manfaat dari bisnis retail yang paling banyak dirasakan, baik itu untuk para pengusaha maupun konsumen?

1. Memberikan Keuntungan Maksimal Bagi Produsen & Grosir

Sampai saat ini, bisnis retail dipercaya sebagai salah satu model bisnis yang paling menguntungkan. Bukan hanya termasuk sebagai usaha modal kecil untung besar, ternyata bisnis retail juga memiliki prospek yang bagus. Bisnis ini juga bisa memberikan keuntungan yang maksimal untuk produsen dan juga grosir, lho!

2. Memudahkan Konsumen Untuk Belanja Produk (Barang atau Jasa)

Kemunculan seorang retailers ternyata membawa angin segar bagi para pengusaha maupun para konsumen. Bisnis retail ternyata memang memberikan kemudahan bagi konsumen untuk membeli produk (barang atau jasa) yang mereka butuhkan.

Jika tidak ada retailer, tentunya konsumen akan mendapatkan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan maupun membeli produk yang diinginkan. Pasalnya, untuk memperoleh produk barang maupun jasa tersebut harus belanja langsung ke produsennya.

3. Menjual Berbagai Jenis Produk Dengan Harga Yang Bervariasi

Pada dasarnya, retailer akan membeli berbagai jenis produk atau barang untuk stok dari banyak produsen yang berbeda-beda. Harga barang yang mereka tawarkan juga pastinya berbeda-beda. Nah, fenomena seperti inilah yang berhasil menciptakan variasi pasar (market variation) yang akan menjadi faktor kepuasan tersendiri bagi konsumen.

4. Memiliki Kontribusi Dalam Mempromosikan Produk Produsen

Seorang retailer yang sudah membeli produk atau belanja stok barang dari produsen, tentunya akan mempromosikan produk-produk tersebut kepada konsumen. Mereka akan melakukan promosi produk dengan cara dan strategi yang beragam. Dengan rajin melakukan promosi tentunya akan menaikkan popularitas dari produk yang dirilis oleh produsen.

Kemudahan Sales dan Distribusi Retailer Bersama R1

Keberadaan retailer yang memiliki banyak cabang tentunya akan sangat bergantung dengan kehandalan tingkat sales dan distribusi yang baik. R1 menyediakan fitur sales dan management sistem yang handal untuk membantu memudahkan usaha Anda mengelola pengadaan barang bagi setiap cabang yang Anda butuhkan.

Terdapat dua fungsi dalam fitur Sales and Distribution Management R1:

Sales Management

Mengelola dengan tepat target pembelian pelanggan yang terintegrasi dengan manajemen pengiriman dan gudang. Modul ini terintegrasi dengan modul Manajemen Kredit berdasarkan jenis transaksi, klasifikasi pelanggan, jumlah pengiriman dan Tenaga Penjualan.

Distribution Management

Manajemen logistik ke tangan konsumen dengan memperhatikan faktor margin kontribusi masing-masing pelanggan. Anda dapat mengatur tingkat distribusi, area distribusi untuk menjaga distribusi produk di seluruh wilayah Indonesia.

Tidak perlu berpikir dua kali untuk menggunakan R1. Segera kunjungi website kami sekarang juga, dan ketahui manfaat fitur lainnya untuk kemajuan bisnis Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo