Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

permintaan pasar adalah

Ketahui 6 Faktor yang Berpengaruh pada Permintaan Pasar

Dapat memenuhi permintaan pasar adalah salah satu tujuan dari diselenggarakannya sebuah bisnis. Tidak peduli bentuk pasar seperti apa yang ingin disasar, namun setiap unit usaha tentu memiliki tujuan ini dalam perusahaannya. Tanpa tujuan tersebut, maka bisnis tidak akan memiliki arah untuk bergerak maju dan melakukan kegiatan operasionalnya.

Namun jika ditelisik lebih jauh, apa sebenarnya arti dari permintaan pasar itu?

Untuk menjadi pebisnis yang piawai, Anda tentu wajib paham apa itu permintaan pasar. Tanpa pemahaman dasar ini, bisnis yang dijalankan tentu tak akan memiliki target dan acuan yang jelas, sehingga operasionalnya menjadi sangat tidak efektif.

Baca Juga: 4 Jenis Customer Segment dan Manfaatnya untuk Bisnis

Memahami Apa Itu Permintaan Pasar

permintaan pasar adalah
Sumber: freepik.com

Secara umum permintaan pasar adalah total banyaknya pelanggan yang menginginkan produk untuk jangka waktu tertentu. Nantinya, jumlah permintaan ini akan mengacu pada beberapa faktor, mulai dari jumlah orang yang melakukan pencarian produk, kesediaan pelanggan untuk membayar, dan total banyak produk yang tersedia untuk pelanggan.

Idealnya, jumlah permintaan pasar ini dapat diprediksi dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Namun ada pula hal-hal yang berada di luar perhitungan, seperti bencana alam, keadaan darurat, dan lain sebagainya, hal ini juga wajib diwaspadai oleh pelaku bisnis sehingga dapat tetap memberikan suplai produk ke pasar sesuai dengan permintaannya.

Tanpa adanya permintaan yang terdata dengan baik bisnis akan kesulitan untuk menyediakan produk di pasar dengan jumlah yang tepat, dan bisa jadi membuat pelanggan beralih ke produk pesaing.

Bagaimana Cara Menghitungnya?

permintaan pasar adalah
Sumber: freepik.com

Sebenarnya untuk menghitung berapa total permintaan pasar adalah hal yang tidak sulit dilakukan. Tentu, ada beberapa cara yang bisa digunakan, misalnya menggunakan tools khusus optimasi, seperti misalnya Google Trends, atau dengan melakukan riset melalui media sosial.

Namun jika berbicara mengenai rumus, terdapat satu formula sederhana yang dapat Anda gunakan. Formula yang dimaksud menyesuaikan dengan tipe permintaan yang masuk. Ambil contoh terdapat fungsi permintaan identik dengan formula:

Qd = 75 – 10 P

Maka ketika terdapat misalnya 2.000 pelanggan dengan permintaan yang serupa, Anda tinggal mengalikan total pelanggan tersebut dengan formula di atas. Dengan catatan, permintaan yang dimiliki pelanggan karakternya sama dan serupa.

Pada kasus berbeda saat karakter permintaannya tidak sama, maka Anda perlu menghitung jumlah total permintaan pasar yang terdata. Nantinya ‘P’ akan diganti dengan harga dari produk yang diminta, sehingga dapat ditemukan total permintaan dari pasar yang Anda miliki.

Perhitungan ini akan disesuaikan dengan karakter permintaan, serta harga yang diberikan. Ketika hasil perhitungan menunjukkan angka negatif atau minus, maka formula yang digunakan tidaklah valid sebab ini menandakan pasar tidak akan melakukan permintaan pada produk yang Anda miliki.

Cukup banyak literasi yang bisa diperoleh terkait topik ini. Jangan ragu untuk mencari tahu lebih jauh, dan mendapatkan data yang lebih relevan dan tepat untuk bisnis Anda.

Terakhir, Mengetahui 6 Faktor yang Berpengaruh pada Permintaan Pasar

permintaan pasar adalah
Sumber: freepik.com

Setelah mengetahui definisi dan cara hitung permintaan pasar, maka saatnya Anda juga mengetahui kira-kira faktor apa saja yang dapat mempengaruhi total permintaan pasar. Pemahaman atas hal ini dapat membantu Anda memprediksi, dan menyusun strategi agar permintaan pasar selalu tinggi pada produk yang Anda miliki.

Permintaan pasar merupakan permintaan individu yang ada di satu area atau lokasi tertentu, dan masuk secara bersamaan. Jadi, faktor yang berpengaruh pada nilai ini serupa dengan apa yang berpengaruh pada permintaan individu.

1. Harga Produk

Pada kebanyakan kasus, harga produk memegang peranan penting dalam urusan permintaan pasar. Semakin tinggi harga produk maka semakin rendah permintaan pasar, demikian sebaliknya. Namun hal ini tidak berlaku untuk dua jenis barang khusus, yang disebut barang Veblen dan barang Giffen.

Para barang Veblen, ketika harga naik maka permintaan juga akan naik. Barang ini antara lain seperti barang mewah atau barang dengan nilai yang tinggi.

Pada barang Giffen, saat harga turun maka permintaan juga akan turun. Barang ini antara lain adalah barang inferior, yang jika harganya rendah dianggap memiliki kualitas yang buruk.

2. Besar Pendapatan Pasar

Secara rata-rata, besar pendapatan dari individu yang ada di pasar yang menjadi pelanggan Anda juga akan berpengaruh besar pada permintaan. Pada nilai harga produk yang konstan, semakin besar pendapatan pasar maka semakin besar pula permintaan pasar.

3. Harga Barang Substitusi dan Pelengkap

Harga kedua jenis barang ini juga menjadi faktor yang berpengaruh pada permintaan pasar yang diterima. Maka dari itu, riset mendalam diperlukan agar harga yang dipasang untuk produk Anda tetap bersaing.

4. Prediksi Harga di Masa yang Akan Datang

Adanya prediksi harga di masa yang akan datang juga akan membuat permintaan pasar menjadi dinamis. Hal ini juga bergantung pada nilai brand Anda di masa yang akan datang, dan tren yang berkembang di masyarakat.

5. Selera dan Preferensi Pasar

Tren yang berkembang secara langsung akan berpengaruh pada selera dan preferensi pasar. Contoh paling nyata tampak pada Bitcoin. Pada awal kemunculannya, koin crypto ini hampir tidak memiliki nilai. Namun sekarang ketika tren berubah, nilainya melejit dan menjadi produk investasi.

6. Jumlah Konsumen di Pasar

Tidak mungkin permintaan pasar yang datang jumlahnya jauh lebih besar dari jumlah konsumen yang ada di pasar. Hal ini karena total keberadaan kompetitor dan pengguna produk secara langsung akan selalu relevan, sehingga jumlah dari pengguna produk akan berpengaruh di dalam kondisi apapun.

Baca Juga: 6 Tips Inovasi Produk Anti Gagal untuk Pertahankan Bisnis 

Kelola Permintaan Pasar dengan Sales & Distribution Management dari R1

R1 sebagai salah satu produk ERP terbaik yang ada di Indonesia, memahami benar bahwa permintaan pasar adalah hal yang penting untuk diperhitungkan. Ini mengapa disediakan produk Sales & Distribution Management, yang dapat membantu Anda melakukan kalkulasi dan eksekusi distribusi produk ke pasar dengan cermat. Untuk memperoleh semua benefitnya, Anda bisa langsung menghubungi layanan pelanggan kami, dan menggunakan produk ini sekarang juga!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo