Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

manajemen pergudangan

Ketahui 4 Fungsi, Manfaat, dan Tujuan Manajemen Pergudangan

Manajemen pergudangan adalah teknik mengontrol dan mengelola barang di dalam gudang. Dalam kegiatan bisnis, penyimpanan barang di gudang penting agar proses distribusi berjalan dengan lancar. Sebelum barang didistribusikan, informasi dari stok di gudang harus dipastikan terlebih dahulu. Pentingnya manajemen pergudangan di poin ini adalah untuk mengontrol keluar masuknya barang agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan stok.

Konsep Manajemen Pergudangan

Sebenarnya, konsep manajemen gudang ini sudah ada sejak lama, yakni sekitar 2.600 tahun sebelum Masehi dan muncul pertama kali di Gujarat. Nah, ketika Revolusi Industri di abad ke-18 hingga ke-19, gudang bukan hanya sebagai tempat menyimpan barang saja tetapi sekaligus menjadi tempat distribusi barang yang efisien.

Sedangkan konsep manajemen gudang sendiri adalah pengontrolan barang yang meliputi:

  • Penerimaan barang
  • Pendataan barang
  • Penyimpanan barang
  • Pendistribusian barang

Keempat konsep yang telah disebutkan di atas sangat penting bagi kontrol persediaan secara logistik dan juga pemenuhan kebutuhan barang ketika distribusi.

Fungsi Manajemen Pergudangan

Sumber: Freepik

Secara umum, fungsi utama dari adanya gudang adalah untuk menyimpan barang, sedangkan di dalam dunia bisnis tempat ini bukan hanya untuk menyimpan saja. Fungsi adanya manajemen gudang di dunia bisnis sangat banyak, yakni seperti berikut ini:

1. Menyimpan Barang dengan Aman

Fungi pertama dan utama dari adanya manajemen gudang adalah sebagai metode pengontrolan barang yang disimpan di dalam gudang dengan tujuan menjamin keamanan barang tersebut. Adanya gudang yang mampu digunakan sebagai tempat penyimpanan barang yang aman, maka proses distribusi dapat dipastikan berjalan lebih lancar.

2. Mengurangi Biaya Transportasi

Pengurangan biaya transportasi menjadi fungsi kedua dari manajemen gudang, sehingga penempatan lokasi gudang menjadi hal penting untuk mengabulkan hal tersebut. Tempat yang strategis adalah hal menguntungkan, karena gudang penyimpanan merupakan titik poin masuk dan keluarnya barang ke dalam inventaris.

Dengan demikian, proses distribusi atau pemindahan barang dari satu tempat penyimpanan ke tempat lainnya, misalnya saja alamat customer, tidak akan memakan biaya dalam jumlah besar apalagi jika lokasi gudang diatur secara maksimal dan strategis.

3. Memantau Stok Barang

Adanya manajemen gudang sangat membantu pebisnis dalam mengontrol persediaan barang di dalam gudang. Salah satu metode yang digunakan agar pengontrolan inventaris berjalan lancar dan barang tertata rapi adalah dengan adjust inventory.

Pemantauan stok barang secara teratur pastinya akan memberikan dampak positif dan menguntungkan bagi pebisnis, karena perencanaan kebutuhan yang belum tersedia bisa berjalan lebih mudah lagi.

4. Mendata Inventaris Secara Tepat

Pendataan inventaris adalah salah satu hal yang diandalkan dari manajemen gudang, karena bisa meminimalisir terjadinya kekurangan atau kelebihan barang. Dengan manajemen ini, data terkait inventaris akan lebih akurat dan bisa selalu diperbarui, sehingga mampu memudahkan proses distribusi.

Tujuan Manajemen Pergudangan

Sumber: Freepik

Dari penjelasan sebelumnya, pastinya kamu sudah lebih gambling dengan manajemen gudang, mulai dari pengertian hingga fungsinya. Kini saatnya kamu mengetahui tujuan dari adanya manajemen gudang dan salah satu tujuan utamanya adalah mengontrol masuk dan keluarnya barang.

Selain itu, manajemen gudang juga memiliki tujuan lain yang tidak kalah penting, yakni sebagai berikut:

  • Manajemen gudang bertujuan untuk memastikan kuantitas serta kualitas barang di dalam gudang sebagai stok persediaan.
  • Tujuan selanjutnya adalah memperbarui informasi barang secara berkala, sehingga pebisnis dapat memantau keadaan gudang dengan informasi terbaru dan terkini.
  • Mencegah terjadinya kesalahan distribusi, karena barang sudah dikelola dengan baik dan benar.
  • Manajemen gudang memiliki tujuan untuk merapikan data administrasi, sehingga pemantauan stok barang mudah dilakukan.

Baca Juga: 6 Metode Inventory Control untuk Optimalnya Pengelolaan Gudang

Manfaat Manajemen Pergudangan

Sumber: Pexels

Manfaat manajemen pergudangan bisa dilihat dari sisi penyimpanan maupun distribusi. Beberapa manfaat manajemen pergudangan adalah sebagai berikut.

1. Menekan biaya operasional

Dengan adanya manajemen pergudangan yang baik, pemilik usaha bisa menekan biaya operasional dari proses inventaris. Dibanding dengan pengisian data secara manual, proses pendataan secara sistematis akan memudahkan petugas di gudang.

Itulah mengapa pengaplikasian manajemen pergudangan penting bagi berjalannya suatu bisnis, utamanya di distribusi dan penyimpanan barang.

2. Meningkatkan efisiensi kinerja karyawan

Salah satu manfaat manajemen pergudangan dapat dilihat dari peningkatan efisiensi karyawan dalam gudang. Pendataan inventaris secara sistematik bisa memudahkan karyawan melakukan pekerjaannya.

3. Tingkat kepuasan pelanggan bertambah

Proses penyimpanan barang yang aman dan distribusi lancar bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan adanya pendataan inventaris secara sistematis, informasi barang dapat terproses secara efisien sehingga kesalahan informasi dapat dihindari.

Manajemen Pergudangan Baik Bersama R1

Informasi tentang pengertian manajemen pergudangan, fungsi, dan manfaatnya di atas bisa memberikan Anda ide guna mengelola tempat penyimpanan lebih efektif. Untuk mengatur manajemen pergudangan lebih mudah, Anda bisa menghubungi R1.

Adapun fitur dan kelebihan dalam Inventory & Material Management R1 Adalah dengan adanya:

Warehouse Management System

Untuk mendukung manajemen yang lebih baik meskipun memiliki banyak gudang berdasarkan kategori lokasi, pabrik, pemasok, pelanggan atau vendor. R1 juga memiliki fungsi dalam pengelolaan penyimpanan barang dengan kategori bahan berdasarkan nomor batch, pemasok atau pelanggan.

Inventory Management

Membantu  mengelola inventaris termasuk receiving good, good mutation, good transfer, batch management, good returns dan menghasilkan tingkat persediaan yang ideal.

Material Management

Manajemen permintaan barang yang dapat dikontrol dari departemen budgeting dan atau persetujuan multi-level. Hal ini dapat mencegah pengadaan barang yang sama yang dibuat dari beberapa departemen/entitas/perusahaan sehingga perusahaan dapat mengelola modal kerja dengan lebih baik.

Tidak perlu berpikir dua kali, R1 adalah solusi terbaik manajemen pergudangan Anda kini dan nanti. Segeralah bergabung bersama R1 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *