Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

financial management

Penting! 5 Fungsi Financial Management dalam Bisnis

Jika Anda mengelola perusahaan bisnis dengan skala menengah ke atas, Anda perlu memastikan satu hal penting yaitu financial management. Oleh karena itu, hal ini berkaitan dengan pengelolaan arus kas, distribusi stok produk, hingga biaya promosi saat peluncuran produk untuk pertama kalinya. Selain itu perusahaan juga perlu memahami fungsi serta tujuan dari financial management.

Apabila pengelolaan financial management bisa dilakukan secara tepat, kehadiran investor ke perusahaan Anda hanya tinggal menunggu waktu saja. Hal tersebut juga dapat dilihat dari pengelolaan arus kas yang rapi dan efektif. Sehingga jika ada pembelian aset pun tidak akan menjadi permasalahan. 

Akan tetapi, tidak semua pemilik perusahaan atau pebisnis mampu mengelola manajemen keuangan dengan baik. Jadi, bukanlah sesuatu yang aneh apabila tidak mampu mencapai tujuan dari manajemen keuangan.

Oleh karena itu, agar perusahaan dapat mengatur financial management dengan baik, artikel di bawah ini akan membahas pengertian, fungsi, tujuan hingga manfaat manajemen keuangan. 

Pengertian Financial Management

Secara umum, financial management adalah kegiatan perencanaan, penyusunan hingga pengelolaan keuangan perusahaan. Pengelolaan dapat dipahami dari bagaimana perusahaan membuat catatan dan neraca keuangan mulai dari arus kas masuk hingga arus kas keluar. Selain itu, catatan tersebut berupa daftar pembelian aset, biaya operasional hingga investasi.

Fungsi Financial Management

fungsi financial management
Sumber: pexels.com

Setelah memahami arti dari manajemen keuangan maka Anda perlu mengetahui fungsi dari manajemen keuangan yaitu:

1. Perencanaan

Hal pertama yang perlu dipahami dari persoalan keuangan adalah perencanaan. Oleh karena itu, perusahaan dapat menerapkan perencanaan mulai dari mengatur arus kas hingga mengetahui keuntungan dan kerugian. 

2. Membuat Alokasi Anggaran

Fungsi kedua dari financial management adalah aktivitas perusahaan yang meliputi alokasi dana perusahaan. Jika perusahaan dapat mengatur dana dengan tepat, perusahaan bisa membayar tagihan tepat waktu dan meraih laba dari penjualan bisnis.

3. Mengatur Anggaran

Fungsi ketiga adalah mengatur budgeting terhadap berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan. Namun demikian, harus diketahui bahwa perlu terjadi pengawasan serta evaluasi supaya dana yang dipergunakan sesuai tujuannya. 

4. Audit Anggaran

Pengawasan dapat dikaitkan dengan audit. Untuk melakukannya, perusahaan dapat bekerja sama dengan pihak lain untuk audit eksternal. Apabila hendak melakukan pemeriksaan internal maka perlu melakukan audit internal. Audit perlu dilaksanakan agar tidak terjadi korupsi anggaran. 

5. Laporan

Fungsi terakhir yang perlu dipahami perusahaan adalah membuat laporan keuangan. Laporan tersebut bisa berupa fisik maupun elektronik. Hal ini perlu dilakukan supaya perusahaan dapat mengetahui kerugian atau laba yang diperoleh. Selain itu, juga perusahaan mampu merencanakan langkah yang tepat dalam pengelolaan keuangan pada periode mendatang. 

Manfaat Financial Management

manfaat financial management
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui apa saja fungsi financial management maka selanjutnya perlu mengetahui manfaat dari manajemen keuangan yaitu:

1. Kontrol Keuangan Berjalan dengan Lancar

Jika seluruh biaya yang terdapat di perusahaan bisa diatur dengan baik, fungsi financial management benar-benar diterapkan. Maka dari itu, perusahaan mudah menentukan batas pengeluaran dan tidak ada penyelewengan dana untuk kepentingan pribadi. 

2. Mampu Memaksimalkan Dana Perusahaan

Apabila modal perusahaan telah diketahui sejak dini maka akan menjadi mudah bagi manajer keuangan untuk mengelolanya. Manajer perlu memahami mana aktivitas yang membutuhkan banyak dana atau tidak. Jika dana dapat dikelola sesuai posnya masing-masing, bisa dikatakan bahwa keuangan perusahaan tersebut sehat.

3. Modal yang Teratur

Salah satu unsur yang menyatakan bahwa keuangan perusahaan sehat adalah mempunyai modal yang stabil dan lebih besar dari utang. Akan tetapi, untuk mencapai hal tersebut bukan perkara mudah. Anda butuh melakukan pengelolaan keuangan dengan tepat dan baik. 

4. Nyaman Berinvestasi

Hal keempat yang bisa dipahami dari manfaat manajemen keuangan adalah investor merasa aman dan nyaman berinvestasi di perusahaan. Namun, sebelum berinvestasi, terlebih dahulu investor akan membaca laporan keuangan perusahaan. Jika tampak sehat dan memiliki laba, investor tidak akan khawatir melakukan investasi.

5. Aman bagi Pemilik Saham

Dua kata yang saling berhubungan satu sama lain adalah pasti dan aman. Apabila perusahaan mampu memastikan bahwa segala keuangan bersifat aman maka pemilik saham tidak perlu khawatir. Bahkan, tidak menutup kemungkinan baginya untuk menambahkan modal investasi di periode mendatang. 

Dengan memahami betapa pentingnya financial management bagi perusahaan maka perusahaan perlu memperhatikannya dengan tepat. Agar financial management tetap terjaga dengan baik, R1 dari RUN System menyediakan fitur Financial Management agar pengelolaan bisnis perusahaan tetap stabil dan aman.

Ketahui fitur-fitur menarik lainnya yang membantu perkembangan bisnis perusahaan hanya di R1.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo