Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

software akuntansi

6 Manfaat Software Akuntansi untuk Perusahaan, Ini Ulasan Lengkapnya!

Bisnis dengan skala kecil dan menengah merupakan bisnis dengan potensi pertumbuhan yang besar. Pengelolaan bisnis yang masih memiliki keunikan membuatnya berkarakter, sehingga akan sangat baik jika pengembangannya ditunjang berbagai faktor. Salah satunya adalah penggunaan software akuntansi dalam rangka memudahkan proses tersebut.

Tapi mengapa hal ini penting? Bukankah urusan akuntansi pada bisnis skala UKM ini masih dapat dikelola dengan baik tanpa bantuan perangkat lunak tambahan?

Pada banyak kasus, energi yang dimiliki oleh bisnis UKM tergolong masih tinggi. Proses bisnis yang cepat, pengelolaan dinamis, dan ide cemerlang masih memiliki ruang untuk terus dikembangkan dengan cukup luar. Namun satu hal yang memiliki keterbatasan jelas, adalah waktu.

Baca Juga: 6 Tips Pengelolaan Warehouse Management System yang Baik dan Tepat

Dalam Bisnis, Waktu adalah Sumber Daya Paling Berharga

software akuntansi
Sumber: freepik.com

Efisiensi penggunaan waktu dalam pengelolaan bisnis menjadi penting ketika percepatan pengembangan tengah terjadi. Tidak ada sedikitpun waktu yang bisa terbuang untuk proses administrasi, sehingga semua effort yang dimiliki dapat difokuskan pada pengembangan bisnis dan pasar.

Urusan akuntansi, seperti Anda pahami dengan baik, merupakan salah satu faktor penting dalam pengelolaan bisnis. Dengan proses yang cepat dan tepat, perusahaan bisa bergerak dengan leluasa tanpa harus mencemaskan faktor ini di dalam perusahaan.

Tapi apa jadinya jika urusan penting seperti ini masih memakan banyak waktu dan tenaga? Tentu, waktu yang dimiliki perusahaan akan menurun efisiensinya.

Software akuntansi kemudian hadir di dalam industri bisnis untuk membantu Anda mengurus berbagai hal terkait akuntansi perusahaan dengan cepat, menggunakan format umum yang digunakan oleh berbagai jenis bisnis lain.

6 Manfaat Software Akuntansi untuk UKM

software akuntansi
Sumber: freepik.com

Tidak sedikit perusahaan dan usaha kecil dan menengah yang telah memilih menggunakan software akuntansi dalam rangka pengelolaan bisnisnya. Bukan tanpa dasar, berikut beberapa manfaat nyata yang bisa diperoleh bisnis Anda ketika mulai menggunakan perangkat lunak ini.

1. Integrasi dengan Berbagai Sektor Lain

Software akuntansi yang kini tersedia bisa dengan mudah terintegrasi dengan sistem pengelolaan di bagian lain perusahaan. Misalnya saja untuk urusan gudang, kemudian urusan pengadaan barang, dan lain sebagainya. Dengan begini, kerja dari setiap bagian dapat dimaksimalkan koordinasinya dan mempercepat proses berjalan.

2. Pembuatan Laporan Keuangan Mudah

Laporan keuangan menjadi salah satu hal rutin yang wajib dibuat, dan mengacu pada data yang akurat. Pencatatan semua transaksi dalam software yang tengah dibahas ini mampu memberikan kemudahan pada pembuatan laporan. Bahkan beberapa layanan menyediakan template laporan keuangan, sehingga data yang diperlukan dapat dimasukkan oleh sistem secara otomatis.

3. Menghemat Banyak Waktu dan Tenaga

Efisiensi penggunaan tenaga dan waktu bagi UKM adalah hal yang krusial. Proses akuntansi di dalam perusahaan, mulai dari transaksi, pelacakan faktur, hingga pembuatan laporan arus kas dan laporan keuangan lain dapat dilakukan dengan cepat, akurat, dan kredibel. Hal ini tentu akan jadi booster yang baik untuk pengembangan usaha Anda.

4. User Friendly dan Mudah Digunakan

Hampir semua jenis software akuntansi yang ada di industri memiliki tampilan yang user friendly. Perangkat lunak ini juga didesain sedemikian rupa agar mudah digunakan, sehingga perusahaan bisa mendapatkan manfaat maksimalnya. Jelas, hal ini tanpa mengesampingkan fungsi utama dari software dalam membantu kerja bagian keuangan perusahaan.

5. Pengelolaan Biaya yang Harus Dibayarkan

Salah satu hal yang dapat membantu bisnis Anda dari software ini adalah pengaturan biaya yang harus dibayarkan. Transaksi perusahaan dengan pihak lain selalu memiliki tenggat waktu yang jelas, dan pembayarannya harus dikelola dengan baik. Tujuan utamanya adalah agar aliran dana yang dimiliki perusahaan tetap sehat, dan tidak ada penumpukan tanggungan pembayaran di waktu yang sama dalam jumlah yang memberatkan perusahaan.

6. Data Stok Barang Jelas

Fitur ini juga dimiliki untuk menunjang fungsi akuntansi yang disediakan. Manajemen stok gudang dapat dilakukan dalam satu software yang sama, sehingga informasi yang diperlukan bisa dilihat dalam satu aplikasi secara cepat dan aktual.

Baca Juga : 4 Fungsi Manajemen Persediaan yang Penting Diketahui Perusahaan

Keberadaan software akuntansi sendiri akan menjadi tambahan yang sangat berguna untuk perusahaan Anda. Terlebih jika Anda juga menggunakan perangkat lunak layanan yang lain, yang mampu terintegrasi dalam satu sistem yang sama sehingga semua proses internal perusahaan berjalan optimal.

Tapi apakah ada layanan demikian?

R1 Hadir sebagai Solusi Kebutuhan Software UKM Anda

ERP yang disediakan R1 hadir sebagai solusi atas kebutuhan software akuntansi perusahaan Anda. Dengan fitur yang sangat berguna seperti Enterprise Accounting dan Financial Reporting, perusahaan mampu memanfaatkannya dengan maksimal untuk urusan akuntansi.

Modul R1 ini juga mampu mengontrol arus kas dan memantau posisi keuangan perusahaan, sehingga Anda tak perlu repot melakukan pemantauan manual dan pendataan detail terkait dua hal ini. Saat diintegrasikan, modul R1 akan membantu Anda menampilkannya dalam satu sajian yang jelas, lengkap, dan mudah dipahami.

Segera gunakan modul R1, Accounting Management, dan berbagai modul lainnya. Maksimalkan fitur software akuntansi yang diberikan, dan optimalkan pengembangan perusahaan Anda sekarang juga!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo