Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office
Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

sistem penjualan langsung adalah

Catat! 3 Kelebihan dari Sistem Penjualan Langsung

Sistem penjualan langsung adalah langkah penjualan langsung dari perusahaan kepada customer. Langkah seperti ini lebih cocok untuk perusahaan baru yang sedang menghemat biaya pemasaran. Namun begitu, sistem tersebut tidaklah mudah.

Perusahaan perlu mengetahui secara rinci dan detail tentang bagaimana melakukan sistem penjualan langsung. Sebab, jika dipelajari secara benar, perusahaan akan mudah mengenali konsumen sehingga mereka mau bertransaksi. 

Agar mendapatkan pemahaman lebih utuh tentang sistem penjualan langsung, artikel di bawah ini akan menjelaskan tentang pengertian dan manfaat dari sistem penjualan langsung. Selain itu, juga mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan dari sistem penjualan langsung. Simak hingga selesai, ya. 

Sistem Penjualan Langsung adalah Strategi Bisnis yang Menguntungkan

Secara garis besar, sistem penjualan langsung adalah sistem penjualan yang mana perusahaan langsung berhadapan dengan customer. Maksudnya, perusahaan telah mengetahui siapa yang akan menjadi target pasarnya. 

Sistem penjualan langsung cukup menguntungkan bagi perusahaan karena mereka langsung bertatap muka dengan customer. Maka dari itu, perusahaan lebih mudah memahami keinginan customer. Selain itu, perusahaan juga akan lebih cepat menarik minat customer

5 Manfaat Sistem Penjualan Langsung

manfaat sistem penjualan langsung
Sumber: pexels.com

Ada beberapa manfaat dari sistem penjualan langsung yang perlu dipahami perusahaan yaitu:

1. Memahami Kebutuhan Konsumen

Ketika berhadapan langsung dengan customer, segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan tepat. Perusahaan akan memahami apa yang menjadi kebutuhan customer terhadap suatu produk. Maka dari itu, perusahaan akan benar-benar menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Baca Juga: Ketahui 5 Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan Syarat Segmentasi Pasar

2. Mengurangi Biaya Marketing

Manfaat kedua dari sistem penjualan langsung adalah perusahaan mampu mengurangi biaya marketing. Hal ini disebabkan perusahaan langsung bertatap muka dengan calon customer. Oleh karena itu, perusahaan tidak perlu menerapkan biaya iklan di koran, majalah bahkan di media sosial. 

3. Meningkatnya Loyalitas Customer

Salah satu manfaat ketika berhadapan langsung dengan customer adalah meningkatnya loyalitas customer. Hal ini juga akan berdampak pada penjualan produk yang meningkat.

4. Lebih Cepat Mendapatkan Feedback

Manfaat keempat dari sistem penjualan langsung adalah perusahaan langsung memperoleh feedback dari customer. Pihak perusahaan pun langsung mengetahui kritik dan saran yang diungkapkan customer. Maka dari itu, di kemudian hari, perusahaan dapat memperbaiki dan memberikan yang terbaik untuk customer

5. Mengurangi Biaya Perawatan

Bagi pelaku bisnis yang bergerak di bidang kuliner, kehadiran toko offline tidak lagi diperlukan. Hal ini disebabkan perusahaan langsung berhadapan dengan customer. Maka dari itu, perusahaan dapat mengurangi biaya perawatan toko.

Kekurangan Sistem Penjualan Langsung 

Meskipun ada banyak manfaat dari sistem penjualan langsung, perusahaan perlu mengetahui kekurangannya yaitu:

1. Membutuhkan Waktu dan Konsistensi

Salah satu kekurangan dari sistem penjualan langsung adalah konsistensi dari perusahaan. Sebab, ini juga merunut masalah waktu. Anda bisa membayangkan apabila perusahaan kesulitan berkomunikasi dengan customer. Maka, akan ada waktu yang terbuang. Jika waktu telah terbuang, bisa membuat calon customer lainnya menghindar dan lebih memilih ke kompetitor lainnya. 

2. Karakteristik Konsumen yang Variatif

Jika berhadapan langsung dengan konsumen, memang menjadi sesuatu yang mudah bagi perusahaan. Namun, jika tidak hati-hati, akan terjebak dalam berkomunikasi. Sebab, karakteristik konsumen cukup variatif. 

Dengan demikian, bisa saja antar konsumen memiliki waktu yang berbeda ketika berkomunikasi. Jika konsumen A lebih cepat dan mudah, belum tentu konsumen B melakukan hal serupa. Maka, perusahaan harus memahami karakter konsumen yang variatif. 

3. Penolakan Lebih Sering Diperoleh

Kekurangan terakhir dari sistem penjualan langsung adalah hadirnya penolakan langsung dari customer. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa karakter konsumen cenderung variatif. Kemudian, saat ini konsumen lebih suka mengarah ke online sehingga menjadi wajar apabila perusahaan mengalami penolakan. 

Kelebihan Sistem Penjualan Langsung 

kelebihan sistem penjualan langsung
Sumber: pexels.com

Ada beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui dari sistem penjualan langsung yaitu:

1. Langsung ke Calon Customer

Kelebihan dari sistem penjualan langsung adalah perusahaan bertemu langsung target pasar. Tanpa ada biaya iklan dan sejenisnya, perusahaan dapat memutuskan mana yang cocok menjadi calon customer.

2. Mendapat Keuntungan Lebih Banyak

Kelebihan kedua dari sistem penjualan langsung adalah minimnya biaya pemasaran atau perawatan yang menyebabkan perusahaan lebih banyak mendapatkan keuntungan. Sehingga, ini memang lebih cocok untuk perusahaan yang baru merintis bisnis.

Baca Juga: Mengenali 3 Metode Pencatatan Transaksi Keuangan Perusahaan

3. Kepuasan Customer

Kelebihan terakhir yang perusahaan peroleh adalah hadirnya kepuasan customer. Perusahaan bisa mengetahui langsung kepuasan customer karena mereka langsung memberikan feedback

Setelah memahami artikel dari sistem penjualan langsung, perusahaan bisa menerapkannya supaya menjadi bagian dari strategi penjualan. Agar bisnis makin lancar, R1 dari RUN System mampu untuk menangani pemasaran, mengetahui segmentasi pemasaran hingga mengubahnya menjadi penjualan. 

R1 menyediakan dua fitur seperti Sales Management yang mampu mengelola target pembelian customer dan Distribution Management yang memastikan manajemen logistik sampai dengan tepat ke tangan customer. Hanya di R1, bisnis perusahaan dapat berkembang dengan lebih cepat.

Leave a Reply