Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

sistem informasi bisnis

Mengenal Lebih Dalam Tentang Sistem Informasi Bisnis dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Bagi pelaku bisnis, berjalannya sebuah perusahaan secara teratur pasti menjadi tujuan utama. Dengan segala bentuk operasional yang dijalankan, perusahaan tentu membutuhkan sistem yang terkoordinasi dengan baik. Akan jauh lebih baik lagi jika semua sistem ini terintegrasi meskipun data atau informasi yang digunakan berbeda. Untuk itu, setiap perusahaan perlu memiliki sistem informasi bisnis yang baik. Simak penjelasan lengkap sistem informasi bisnis di bawah ini.

Sistem Informasi Bisnis

SIB atau Sistem Informasi Bisnis adalah kerangka kerja suatu perusahaan yang mengkoordinasikan beberapa sumber daya dan menghasilkan informasi bisnis. Fungsi paling diuntungkan dari adanya SIB adalah manajerial. Artinya, teknologi informasi ini membuat pengelolaan operasional bisnis berjalan sesuai tujuan dan targetnya.

Untuk menjadi sebuah SIB yang berjalan dengan baik, perusahaan setidaknya memiliki lima jenis sumber daya, yaitu sumber daya manusia, sumber daya hardware, sumber daya software, sumber daya data, dan sumber daya jaringan. Kelima komponen sumber daya tersebut bersinergi sehingga menghasilkan kumpulan informasi yang digunakan untuk kepentingan bisnis.

Untuk mempermudah Anda memahami SIB, perhatikan contoh penerapannya berikut. Perusahaan X memiliki produk berupa baju tidur. Maka perusahaan memiliki Sistem Informasi Bisnis berupa sistem produksi baju tidur, sistem pemasaran, sistem karyawan, hingga sistem akuntansi. Semua sistem informasi ini harus berjalan beriringan agar semua pihak yang terlibat dalam bisnis mencapai tujuannya.

Sumber: freepik.com

Manfaat Sistem Informasi Bisnis

Jika Anda merasa fungsi manajemen SIB dapat dilakukan dengan cara tradisional, maka Anda harus mengetahui manfaat SIB dengan bantuan teknologi terkini. Berikut ini adalah beberapa manfaat Sistem Informasi Bisnis yang akan Anda dapatkan ketika menerapkannya.

1. Mampu mengikuti dinamika pasar

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak hal dalam dunia bisnis yang juga harus ikut berubah. Termasuk situasi dan kondisi pasar yang semakin cepat berkembang. Tanpa harus membuka banyak cabang, sebuah bisnis dapat memasarkan produknya lebih luas dengan pemanfaatan platform toko online dan media sosial. Itulah kenapa bisnis harus memiliki SIB untuk merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran yang tepat. Dengan begitu, bisnis akan mampu mengikuti dinamika perubahan pasar yang sangat cepat.

2. Unggul diantara kompetitor bisnis

Dengan pengelolaan informasi yang terkoordinir di semua tim perusahaan, bisnis dapat memberikan pelayanan yang maksimal pula. Dari kepuasan inilah pelanggan akan memberikan nilai tambahan pada bisnis Anda dibanding dengan kompetitor. Pelayanan yang berkualitas dengan bantuan SIB akan membuat bisnis mendapat penilaian profesionalitas yang tinggi dibanding bisnis lain.

sistem informasi bisnis

3. Operasional bisnis lebih efektif dan efisien

Menggunakan SIB akan membantu pengelolaan semua informasi lebih terstruktur dan terintegrasi. Informasi mengenai target penjualan misalnya, dapat diakses oleh tim pemasaran kapanpun tanpa harus mengganggu pekerjaan tim penjualan. Atau ketika tim pengemasan ingin meminta daftar pesanan hari itu. Jika dilihat secara keseluruhan, penggunaan SIB dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan. Hal ini karena perpindahan informasi lebih cepat dan praktis.

Kemudian ketika ada perubahan informasi, perusahaan dapat menyebarkannya kepada semua tim perusahaan tanpa membutuhkan banyak waktu. Bahkan pada beberapa SIB, fitur merubah informasi dalam 1 bagian sudah otomatis mengubah informasi pada bagian lainnya. Hal ini akan banyak mengurangi beban kerja karyawan sehingga risiko pergantian sumber daya manusia mampu ditekan.

4. Lebih banyak waktu untuk inovasi produk dan pelayanan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pelaku bisnis dapat memiliki waktu lebih banyak untuk membuat inovasi produk. Tidak hanya inovasi produk, perusahaan juga dapat melakukan evaluasi secara berkala tanpa harus menghentikan operasional perusahaan secara keseluruhan. Sehingga tidak hanya produk yang mengalami peningkatan kualitas, sektor lain perusahaan pun juga semakin baik.

5. Lebih cepat mengambil keputusan

Mengambil keputusan bisnis harus dilakukan dengan tepat dan cepat. Tepat berarti harus berdasarkan data dan analisis yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Serta cepat agar momen untuk mendapatkan manfaat dari keputusan tersebut dapat diraih. Semua kriteria pengambilan keputusan bisnis ini akan lebih mudah Anda miliki jika perusahaan menggunakan Sistem Informasi Bisnis. Hal tersebut karena SIB dapat menyimpan data perusahaan dari awal penggunaan teknologi ini. Sehingga akses data perusahaan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa harus melalui alur yang panjang. Data yang ada pun diolah secara sistem sehingga keakuratannya dapat dipastikan secara ilmiah.

Sumber: freepik.com

Bukan masalah banyak atau tidaknya manfaat, namun Sistem Informasi Bisnis akan membawa manfaat mendasar dari sebuah perusahaan. Besarnya dampak positif yang dihasilkan oleh SIB menjadikan hal ini penting dimiliki perusahaan. Semua level atau skala perusahaan akan membutuhkan SIB dengan modelnya masing-masing. Jika Anda ingin membuat Sistem Informasi Bisnis yang profesional dari awal, R1 adalah solusinya. Termasuk bagi Anda yang ingin memperbaiki SIB perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. Temukan lebih banyak tentang R1 dengan mengikuti tautan ini.

sistem informasi bisnis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo