Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

sistem informasi akuntansi

5 Manfaat Utama Sistem Informasi Akuntansi, Jadi Alasan Utama Penggunaannya dalam Bisnis!

Memiliki sistem informasi akuntansi yang jelas dan kredibel akan jadi hal penting untuk bisnis yang Anda kelola. Tidak hanya untuk kepentingan internal dalam pembuatan berbagai laporan dan monitoring keadaan keuangan, namun juga sebagai bentuk nyata dedikasi dan keterbukaan keuangan perusahaan pada pihak-pihak terkait yang memerlukan informasi tersebut.

Untuk memahami konsep sistem informasi akuntansi, atau biasa dikenal dengan istilah SIA ini, Anda bisa memperoleh penjelasannya di sini. Mulai dari definisi, kemudian manfaat, dan contoh penerapannya untuk bisnis Anda, selengkapnya dalam poin berikut ini.

Baca Juga: Kupas Tuntas Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

Memahami Apa Itu Sistem Informasi Akuntansi

sistem informasi akuntansi
Sumber: freepik.com

Secara sederhana, sistem informasi akuntansi adalah seperangkat sistem yang dapat mengumpulkan, menyimpan, dan memproses informasi keuangan perusahaan dengan berbagai format formulir atau laporan keuangan yang jelas, sistematis, dan terarsip dengan baik.

Sistem ini sifatnya mendasar dalam sebuah perusahaan kekinian, sebab tanpanya koordinasi terkait perihal keuangan akan berjalan lambat dan rawan terjadi kesalahan. Dengan tersedianya sistem informasi terpadu seperti ini, berkas dan data terbaru dapat di-update secara real time, sehingga semua kebutuhan terkait berkas keuangan dapat dipenuhi dengan data aktual.

Semua data keuangan perusahaan akan tercatat dalam sistem ini, kemudian dikelola, dan menghasilkan format yang diperlukan dalam berbagai kebutuhan operasional perusahaan.

Menilik 5 Manfaat dari Ketersediaan SIA dalam Bisnis

sistem informasi akuntansi
Sumber: freepik.com

Berbagai manfaat kemudian ditawarkan dengan penggunaan sistem informasi dalam hal keuangan dan akuntansi ini. Pada dasarnya, manfaat dari sistem ini serupa dengan sistem di bagian lain, yakni optimasi dan efisiensi proses. Secara mendetail, berikut penjelasan manfaatnya.

1. Pertama, Otomatisasi Proses

Perusahaan yang efektif adalah perusahaan yang dapat mengolah data dengan cepat, sehingga memperoleh bahan pertimbangan dan analisis yang komprehensif. Hal ini akan didukung dengan penggunaan SIA, sebab sistem ini dapat membuat proses akuntansi menjadi otomatis.

Data yang masuk dan terjadi di perusahaan akan terekam sesuai dengan kategorinya masing-masing, laporan atau data dapat dilihat dengan mudah menggunakan modul dan format yang tersedia, sehingga banyak proses dapat berjalan otomatis.

Dengan demikian secara umum kinerja perusahaan juga akan turut meningkat.

2. Kedua, Melindungi Data Penting

Data keuangan yang dimiliki perusahaan merupakan data yang sifatnya sangat sensitif, dan hanya boleh diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan secara langsung saja. Sistem informasi akuntansi dapat membantu perusahaan melindungi data tersebut.

Aksesnya dapat dibatasi dengan menggunakan kata sandi atau metode pengamanan lain, sehingga hanya pihak yang telah ditunjuk saja yang dapat mengaksesnya. Lebih lanjut, akses dan perubahan pada data ini akan tercatat jelas, sehingga riwayat atau log dari data keuangan akan dapat dengan mudah dilacak.

3. Efisiensi Biaya Operasional

Jika Anda merupakan pengusaha atau pebisnis, Anda paham benar bahwa mengurus bagian akuntansi dan keuangan perusahaan merupakan hal yang sangat menguras biaya, baik dari segi penggunaan waktu, alat, serta tenaga profesional yang diperlukan.

Penggunaan sistem yang terintegrasi ini dapat membuat Anda menghemat sejumlah biaya yang diperlukan. Anda hanya perlu menggunakan sistem informasi akuntansi, memanfaatkan semua formulir dan format laporan yang ada, serta melakukan analisis singkat, dan proses akuntansi Anda dapat diselesaikan tanpa memerlukan banyak tenaga profesional dengan biaya yang besar.

4. Jaminan Informasi Akurat

Karena basis operasional yang digunakan adalah mesin dan sistem komputer, maka kesalahan dari elemen manusia atau human error dapat diminimalisir. Kesalahan pencatatan, kesalahan pelaporan, kesalahan input, semua bisa dikurangi sebab dokumentasi data dapat dilakukan secara otomatis.

Dengan demikian, Anda dan perusahaan akan senantiasa memiliki data dengan akurasi tinggi dan dapat diandalkan. Data tersebut berkualitas, sehingga dapat mendukung pengambilan keputusan dari perusahaan.

5. Penyusunan Laporan Cepat

Laporan keuangan menjadi salah satu pekerjaan umum yang terus menerus ada. Ketika disusun secara manual, maka masukan dan proses pencatatannya akan memakan banyak waktu. Namun dengan penggunaan SIA dalam bisnis Anda, berbagai format laporan telah tersedia dan akan dihasilkan dalam waktu singkat.

Jelas, efisiensi waktu pembuatan laporan ini akan banyak membantu bisnis dalam aktivitas dan operasionalnya secara praktis.

Contoh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi untuk Bisnis

sistem informasi akuntansi
Sumber: freepik.com

Misalnya saja sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang furnitur, Anda ingin melakukan ekspansi dengan membuka cabang baru. Pengelolaan akuntansi yang selama ini digunakan masih berbentuk manual, sehingga cukup menyulitkan jika harus mengelola dua titik perusahaan secara berkesinambungan.

Dengan penggunaan sistem informasi akuntansi, kedua unit bisnis ini dapat dikelola secara bersamaan melalui satu kantor utama. Sistem akuntansi yang diterapkan akan memiliki cabang tersendiri, sehingga keuangan di cabang lain dapat tetap ditinjau secara real time dan dikelola dengan baik. Hal ini secara praktis dapat memudahkan Anda untuk meninjau dinamika keuangan bisnis meski Anda memiliki beberapa cabang berbeda.

Baca Juga: 5 Aplikasi Bisnis Krusial untuk Pengembangan UKM Anda 

Penerapan SIA dalam bisnis merupakan hal yang wajib untuk membantu dan memudahkan bagian keuangan yang Anda miliki. R1 kemudian hadir dengan menawarkan sistem ERP modular, yang menyediakan produk Accounting Management yang handal.

Accounting Management dari R1, Sistem Informasi Akuntansi Handal dan Terpercaya

Produk Accounting Management yang disediakan oleh R1 dijamin dapat memenuhi kebutuhan Anda. Dengan dua fitur utama seperti misalnya Enterprise Accounting dan Financial Reporting, kebutuhan perusahaan akan sistem informasi akuntansi yang handal bisa dipenuhi. Anda dapat memanfaatkan semua template laporan dan formulir yang tersedia, dengan penyesuaian yang mudah dilakukan. Lengkap, praktis, dan efisien dari segi biaya, layanan ERP modular dari R1 akan jadi partner terbaik untuk bisnis UKM Anda!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo