Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

sistem ERP dan fungsinya

Apa Itu Sistem ERP dan Fungsinya yang Perlu Anda Tahu

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh para pemula bisnis pada era teknologi informasi adalah apa itu sistem ERP dan fungsinya. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah sistem ERP sangat bermanfaat bagi perusahaan. Sistem ini mampu membuat pengelolaan perusahaan lebih tertata, rapi, dan terperinci. 

Berbagai keperluan yang dibutuhkan perusahaan tidak mungkin dikerjakan secara manual. Hal tersebut akan memakan waktu lama dan menghambat proses bisnis. Untuk menghindarinya, Anda membutuhkan lebih dari sekadar sistem untuk mengatur dan mengelola perusahaan. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu cara kerjanya, sistem ERP dan fungsinya. Selengkapnya simak artikel ini hingga tuntas, ya.

Definisi Sistem ERP

Secara garis besar, sistem ERP adalah sebuah sistem yang mengelola perencanaan perusahaan mulai dari sumber daya manusia, inventaris, logistik, sumber modal dan masih banyak lainnya. Sedangkan ERP merupakan kependekan dari Enterprise, Resource, dan Planning. Enterprise berarti perusahaan, Resource berarti sumber daya, dan Planning berarti perencanaan.

Di dalam sistem tersebut ada pula yang dinamakan dengan ERP software. Ini adalah perangkat lunak yang terintegrasi dan bermanfaat bagi perusahaan. ERP software mampu mengelola manufaktur, pemerataan sumber daya manusia, keuangan, dan masih banyak produk yang membuat brand image perusahaan terbangun dengan baik. 

ERP software mampu digunakan tanpa perlu melakukan instalasi. Pengguna bisa menerapkannya dalam bisnis dan memantau dari ponsel maupun desktop. Beberapa perusahaan yang tergolong besar telah menerapkan ERP software untuk pengelolaan bisnis yang lebih baik. RUN System sebagai penyedia layanan tersebut mampu menghadirkan perencanaan dan pengelolaan yang baik bagi perusahaan. 

Fungsi Sistem ERP

sistem erp

Sumber: pinterest.com

Ada beberapa fungsi dari sistem ERP yang perlu Anda ketahui yaitu:

– Terintegrasi dengan Berbagai Komponen

Salah satu alasan mengapa banyak perusahaan menggunakan sistem ini karena telah terintegrasi dengan berbagai komponen. Ini memudahkan perusahaan untuk memantau bagian mana yang perlu diperbaiki, dipertahankan, dan ditingkatkan. Selain itu, sifatnya yang mudah dan aman membuat perusahaan tidak khawatir dalam menjalankan bisnis. 

– Pemantauan Lebih Mudah

Jika perusahaan Anda sedang berkembang, biasanya akan banyak produk baru yang perlu diseminasi. Untuk mempermudah hal tersebut, sistem ERP dapat membuatnya menjadi lebih terkelola. Selain itu, dengan sistem ini, segala data dapat terekam dengan baik mulai dari catatan keuangan hingga logistik. Hal ini juga menguntungkan ketika mengambil keputusan yang berbasis data. 

– Perencanaan Lebih Matang

Ketika pebisnis khawatir apakah rencananya dapat berjalan dengan baik atau tidak, solusinya adalah penggunaan sistem ERP dalam bisnis. Dengan sistem tersebut sebenarnya membuat perusahaan lebih mudah dalam melakukan perencanaan. Apalagi dalam perencanaan telah ada data dan analisis yang mudah untuk melakukan strategi ketika menghadapi kompetitor. 

– Otomatis

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat perusahaan semakin terbantu dalam segala layanan. Seperti dalam sistem ERP, semuanya serba otomatis sehingga mampu mengarahkan data agar lebih cepat tersampaikan ke konsumen. 

Cara Kerja Sistem ERP

sistem ERP

Sumber: pinterest.com

Dengan menggunakan ERP system sebenarnya ada hal yang menguntungkan bagi perusahaan. Segala sesuatunya telah terintegrasi dengan berbagai layanan yang ada. Mulai dari segi pengelolaan SDM hingga perencanaan keuangan. Data yang disajikan pun real time sehingga bisa mengetahui perkembangan dari detik ke detik. 

Sebagai contoh ketika perusahaan menerima pesanan dari konsumen maka ERP system akan mengarahkan ke layanan yang paling cepat dalam merespons kebutuhan konsumen. ERP system juga mempercepat distribusi pelayanan sehingga mampu menyederhanakan proses dan menghemat waktu. 

Bahkan, dalam sistem ERP terdapat cloud yang mampu menghadirkan fitur khusus demi mempercepat pelayanan. Hal ini tentu saja baik bagi perusahaan karena memperkuat brand image. 

Ketika perusahaan telah mengenali pengertian sistem ERP, fungsi, jenis, hingga cara kerja maka perusahaan siap untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Agar bisnis makin diminati konsumen, terapkan ERP software yang mampu melayani kebutuhan konsumen. 

R1, Contoh Aplikasi ERP Terbaik di Indonesia

Untuk memudahkan kinerja perusahaan maka perlu mengetahui contoh aplikasi ERP yang tepat dan sesuai kebutuhan. R1 sebagai bagian dari RUN System adalah contoh aplikasi ERP terbaik di Indonesia hingga saat ini. 

Kehadiran R1 sebagai ERP software Indonesia menjadi solusi kebutuhan perusahaan. Agar perusahaan Anda semakin berkembang, terapkan R1 sekarang juga. Bersama R1, kontrol pengadaan, distribusi produk dan segala proses bisnis menjadi lebih efisien dan efektif. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo