Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

sistem erp

3 Contoh ERP pada Perusahaan yang Patut Disimak

Salah satu hal yang membantu perkembangan bisnis perusahaan adalah penerapan sistem automasi yang bisa mengelola banyak hal. Salah satu contohnya adalah penggunaan ERP software. Dengan berbagai macam fitur yang tersedia, ERP mampu menjadi akuntansi perusahaan lebih efisien dan kinerja karyawan lebih terkendali. Simak contoh implementasi ERP pada perusahaan beserta manfaatnya di bawah ini. 

Contoh Implementasi ERP pada Perusahaan 

contoh ERP

Sumber: pinterest.com

Ada beberapa modul ERP yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan mulai dari accounting, human capital management, hingga purchasing. Berikut di bawah ini contoh-contoh implementasi ERP pada perusahaan yaitu:

1. Contoh Implementasi ERP pada Perusahaan untuk Pengelolaan Penyimpanan Barang

Kehadiran ERP secara jelas mampu membantu perusahaan khususnya untuk persediaan barang. Dari persediaan barang menuju manajemen inventaris menangani daftar harga, perjanjian khusus, transaksi stok, dan masih banyak lainnya. 

Selain itu, proses manajemen investasi menjadi mudah dan fleksibel. RUN System mampu menyediakan dan mendukung proses operasional untuk mencapai tujuan perusahaan. Ada tiga sub-modul yang dalam Inventory & Material Management yaitu:

  • Inventory Management: mampu menghasilkan tingkat persediaan yang baik mulai dari receiving good, batch management, good returns, dan good mutation
  • Warehouse Management System: memiliki fungsi dalam pengelolaan penyimpanan barang dengan kategori bahan berdasarkan nomor batch, supplier atau pelanggan.
  • Material Management: mengelola permintaan barang dan budgeting. Selain itu mampu mencegah pengadaan barang yang sama dan dibuat dari beberapa departemen/entitas/perusahaan sehingga perusahaan dapat mengelola modal kerja dengan lebih baik.

2. Contoh Implementasi ERP pada Perusahaan untuk Human Resource 

Salah satu daya dukung agar perusahaan bisa tetap bertahan di dunia bisnis adalah konsumen. Kehadiran konsumen yang terus mengalir membuat produktivitas perusahaan tiada henti. Namun, patut diingat bahwa konsumen dapat terus hadir sebagai klien perusahaan karena kinerja karyawan yang tidak kenal lelah. 

Perusahaan harus memastikan bahwa kinerja karyawan terus produktif dan semakin berkembang. Di RUN System, perusahaan dapat mengelaborasikan kebutuhan karyawan dengan menerapkan modal Human Capital Management System. Setidaknya ada lima sub-modul di dalamnya yaitu:

  • Performance Management: pengelolaan karyawan dengan menerapkan beberapa indikator yang sesuai jabatan.
  • Training Management: pengelolaan karyawan untuk meningkatkan hard skill karyawan. 
  • Organization Management: struktur organisasi harus dikelola dengan baik mulai struktur jabatan hingga mendeskripsikan fungsi jabatan. 
  • Recruitment Management: membantu perusahaan untuk melakukan rekrutmen karyawan. 
  • Assessment Management: memiliki standar kompetensi perusahaan dalam menyeleksi calon karyawan.

3. Contoh Implementasi ERP pada Perusahaan untuk Pengadaan Barang atau Jasa

Dalam proses pengadaan biasanya perusahaan hanya menerapkan sistem manual. Namun, kehadiran software ERP akan membuatnya menjadi lebih mudah dan efisien. RUN System menyediakan modul procurement untuk membantu perusahaan dalam proses pengadaan. Ada empat sub-modul yang tersedia dalam modul procurement yaitu:

  • Purchasing Management: pengadaan barang atau layanan dengan kemampuan pemilihan vendor. Kemudian, persetujuan multi-level yang dilengkapi dengan kuotasi data, data riwayat, data stok, dan perkiraan kedatangan barang atau jasa, pesanan pembelian, dan lain sebagainya.
  • Contract Management: setiap proses pengadaan pasti memiliki kontrak baik jangka pendek maupun panjang. RUN System membantu perusahaan untuk melakukan negosiasi kontrak dengan pihak ketiga. Sistem RUN mengirim pemberitahuan untuk mempertahankan dan atau memperbarui kontrak secara otomatis.
  • Raw Material Purchasing: setiap proses pengadaan dilengkapi dengan bahan produksi yang memadai dan berkualitas. Selain itu, pengadaan juga terlibat dalam pembelian barang habis pakai. Keseluruhan proses tersebut terintegrasi ke dalam modul keuangan dan persediaan. 
  • E-Procurement: Mengatur proses pengelolaan vendor dan penawaran vendor, proses penawaran melalui sistem daring sehingga akuntabilitas proses pengadaan lebih baik dari sebelumnya.

Manfaat ERP

contoh ERP

Sumber: pinterest.com

Jika Anda cukup memahami contoh ERP pada perusahaan, Anda perlu ke langkah selanjutnya. Mengetahui bagaimana manfaat ERP bagi perusahaan bisnis. 

1. Meningkatkan Produktivitas

Salah satu alasan mengapa banyak perusahaan menggunakan ERP adalah aktivitas antar divisi lebih efisien. Apabila mampu melakukannya secara efisien maka bisa meningkatkan produktivitas. 

2. Jaminan Keamanan

Apa hal yang bisa Anda pertaruhkan dari penggunaan software? Tentu saja urusan dengan keamanan. Apakah mampu mengelola sistem keuangan dan SDM secara maksimal atau tidak. Nah, jawabannya, ERP adalah solusi yang tepat karena perusahaan telah banyak mengakui jaminan keamanan yang ditawarkan. 

3. Meminimalisir Biaya

Hal yang tidak bisa dimungkiri dari kehadiran ERP mampu menghemat biaya perusahaan. Sebab, perusahaan tidak lagi menghadirkan biaya tambahan untuk sekadar pengawasan keuangan. Dengan ERP, semuanya terkelola secara rapi, teliti, dan detail.

4. Menjadikan Bisnis Lebih Baik

Jika Anda bersiap untuk bersaing dengan kompetitor, hingga memiliki potensi untuk mengalahkannya, software ERP mampu menggapai harapan Anda. Sebab, hanya satu halaman antarmuka, ERP mampu mengelola berbagai hal. Mulai dari keuangan perusahaan, hubungan antar konsumen, dan sumber daya manusia (karyawan). 

R1, Aplikasi ERP Terbaik di Indonesia

Untuk memudahkan kinerja perusahaan maka perlu mengetahui contoh aplikasi ERP yang tepat dan sesuai kebutuhan. R1 sebagai bagian dari RUN System adalah contoh aplikasi ERP terbaik di Indonesia hingga saat ini. 

Kehadiran R1 sebagai ERP software Indonesia menjadi solusi kebutuhan perusahaan. Agar perusahaan Anda semakin berkembang, terapkan R1 sekarang juga. Bersama R1, kontrol pengadaan, distribusi produk dan segala proses bisnis menjadi lebih efisien dan efektif. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo