Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

mass market

Dapatkan 5 Manfaat Mass Market untuk Bisnis Anda!

Produk yang dimiliki sebuah bisnis akan dapat menunjukkan performa maksimal ketika berada di pasar yang tepat. Salah satu konsep pasar yang digunakan untuk menjual produk kemudian adalah mass market. Apakah mungkin Anda juga menggunakan konsep ini dalam bisnis?

Mass market sendiri dapat dipahami sebagai pasar yang luas, atau target pasar berupa masyarakat luas. Bukan berarti hal ini berarti mass market tidak memiliki kriteria atau kategori tertentu, namun lebih kepada jumlah dan cakupannya yang besar, sehingga cenderung menyasar cukup banyak kelompok masyarakat.

Definisi lain yang bisa digunakan adalah komunitas yang sangat besar dan memiliki potensi pasar yang juga besar.

Baca Juga: BPM adalah Aktivitas Penting bagi Perusahaan, Ini Penjelasannya

Produksi Massal untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar yang Besar

mass market
Sumber: freepik.com

Untuk memenuhi permintaan dari pasar yang berjumlah besar ini, maka produksi yang dilakukan perusahaan juga harus dapat mengimbanginya. Produksi massal menjadi solusi utama dari pemilihan pasar ini.

Contoh industri yang menggunakan segmentasi pasar ini misalnya industri otomotif seperti Honda atau Yamaha di sektor kendaraan roda dua, kemudian brand Indofood yang memiliki banyak sekali produk, dan lain sebagainya.

Produksi massal yang dilakukan perusahaan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang jumlahnya masif.

5 Manfaat dan Keuntungan Penggunaan Mass Market

mass market
Sumber: freepik.com

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh perusahaan ketika menerapkan konsep mass market ini, bersama dengan tantangan yang harus dihadapinya. Secara rinci berikut beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh bisnis ketika menggunakan konsep ini.

1. Laju Produksi Cepat

Karena jumlah produksinya masif, maka perencanaan akan dilakukan dengan sangat cermat. Penggunaan mesin dengan tingkat otomatisasi tinggi membantu mempercepat laju produksi yang dilakukan, sehingga ketersediaan produk dapat senantiasa dijaga.

Idealnya, keuntungan juga akan lebih baik, karena arus produksi dan penjualan akan cenderung lancar.

2. Pengeluaran Per Unit Efektif

Karena penggunaan mesin pabrik yang otomatis, maka idealnya pengeluaran per unit menjadi lebih rendah. Biaya terkait produksi menjadi lebih efisien, dan keuntungan dapat diperoleh dengan lebih optimal pula.

3. Kualitas Barang Terkontrol

Dengan otomatisasi tinggi, maka kualitas setiap barang akan lebih terkontrol. Perusahaan yang menerapkan produksi ini memiliki kontrol kualitas yang ketat, sebab jika terjadi kesalahan akan berefek pada banyak produk yang dihasilkan.

4. Target Pasar yang Lebih Luas

Serupa dengan definisi awal dari mass marketing, sistem produksi ini dapat memberikan potensi jangkauan pasar yang lebih luas. Dengan jumlah produk yang besar dan varian yang beragam, segmen pasar yang dijangkau akan lebih besar pula.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Jelas dengan paparan produk yang besar, brand awareness yang dimiliki oleh masyarakat luas juga semakin tinggi. Hal ini dapat membantu upaya pemasaran yang dilakukan sehingga lebih mudah mencapai target yang ditentukan.

Tantangan yang dihadapi kemudian akan berkutat pada tingginya biaya bahan baku, kemudian risiko sumber daya yang terbuang akibat kesalahan desain, tidak efisien untuk UKM, dan persaingan bisnis yang ketat pada pasar seluas ini.

Perbedaan Jelas antara Mass Market dan Niche Market

mass market
Sumber: freepik.com

Jika akan membicarakan mengenai perbedaan mass market dan niche market, sebenarnya tidak terlalu sulit dilihat. Mengingat pada dasarnya kedua konsep ini bertolak belakang, jadi perbedaannya akan sangat jelas.

Jika mass market dapat Anda temukan penjelasannya di artikel ini, maka niche market dapat dipahami sebagai target pasar yang mengerucut dan lebih spesifik. Disebut sebagai ceruk pasar, karakter pasar yang disasar akan benar-benar jelas sehingga berpengaruh pada semua aktivitas pemasaran dan produknya.

Lalu apa perbedaannya?

Mass Market

Beberapa karakter utama dari mass market antara lain adalah sebagai berikut.

  • Memiliki target pasar sangat luas
  • Tidak melihat secara lebih jauh terkait latar belakang konsumen atau pelanggannya
  • Memiliki tingkat persaingan yang tinggi
  • Peluang memperoleh keuntungan dari penjualan cenderung lebih kecil
  • Diperlukan inovasi terus menerus untuk memenangkan persaingan pasar
  • Membutuhkan sumber daya yang besar baik dari segi modal atau bahan baku

Niche Market

Sedangkan pada niche market, karakternya adalah sebagai berikut.

  • Memiliki target pasar yang kecil
  • Melihat latar belakang pelanggan untuk melakukan segmentasi yang jelas dan strategi pemasaran yang akurat
  • Tingkat persaingan yang lebih rendah
  • Memiliki peluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar
  • Tidak memerlukan inovasi intens untuk memenangkan persaingan
  • Sumber daya yang dibutuhkan cenderung sedikit
  • Tampak jelas bukan perbedaan keduanya?

Baca Juga: Strategi Pemasaran 4P yang Harus Diketahui Pelaku Bisnis serta Contohnya 

Mass market merupakan karakter pasar yang cocok untuk bisnis dengan skala dan cakupan produk yang luas, sehingga dapat memaksimalkan potensi yang ada di dalamnya. Tentu dalam aktivitas pemasaran dan penjualannya, Anda disarankan menggunakan produk ERP yang secara khusus membantu prosesnya, seperti Sales & Distribution Management dari R1.

Sales & Distribution Management dari R1, Optimalkan Keuntungan Anda!

Meski bahasan pada artikel ini adalah terkait dengan mass market, namun penggunaan Sales & Distribution Management ini juga bisa Anda gunakan pada niche market. Secara umum, produk ini dapat membantu Anda menangani semua proses pemasaran dan segmentasi pasar hingga mengkonversinya ke pendapatan penjualan. Maka dari itu, segera gunakan produk dari R1 ini, dan maksimalkan pendapatan yang Anda peroleh!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo