Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

Llaporan keuangan konsolidasi

Apa Itu Laporan Keuangan Konsolidasi? Ini Jawabannya

Laporan keuangan konsolidasi atau yang biasa dikenal sebagai laporan keuangan terintegrasi merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan. Banyak jenis dari laporan keuangan yang bisa digunakan sesuai peruntukannya. Bisnis menggunakan laporan ini untuk melacak pendapatan dan pengeluaran dan merencanakan kebutuhan keuangan masa depan mereka. Laporan keuangan konsolidasi dapat membantu bisnis yang beroperasi dengan banyak divisi atau anak perusahaan melacak aktivitas keuangan totalnya tanpa ribuan laporan berbeda.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda apa itu laporan keuangan konsolidasi dan manfaat serta tahapan pembuatannya.

Apa itu Laporan Keuangan Konsolidasi?

Sumber: Pexels

Laporan keuangan konsolidasi(LKK) adalah dokumen yang merinci aktivitas keuangan suatu bisnis dengan anak perusahaan atau perusahaan induk. Perusahaan induk adalah bisnis yang mengawasi kegiatan bisnis lain dan sering kali memiliki saham dalam kepemilikan bisnis itu.

Laporan keuangan dapat membantu bisnis menentukan pengeluaran apa yang dimilikinya, aliran pendapatan apa yang dihasilkannya, dan juga dapat membantu persiapan pajak.

Beberapa perusahaan menggunakan LKK untuk mendapatkan manfaat pajak, seperti golongan pajak yang lebih rendah atau keringanan pajak tertentu karena kerugian atau aktivitas keuangan. Bisnis lain dapat menggunakan konsolidasi untuk mengatur keuangan beberapa anak perusahaan dari perusahaan induk.

LKK juga berharga bagi investor. Ketika investor menentukan di mana harus mengalokasikan modal, mereka menginginkan gambaran lengkap dari bisnis yang mereka cari. Ini membutuhkan LKK untuk menunjukkan kepada mereka aktivitas keuangan apa yang terjadi di semua bagian bisnis dan anak perusahaannya.

Biasanya, perusahaan yang terpisah mengajukan laporan keuangan mereka secara terpisah, tetapi investor mungkin meminta LKK untuk efisiensi.

Kapan Harus Menggunakan Laporan Keuangan Konsolidasi?

Sumber: Pexels

Ada situasi tertentu di mana perusahaan induk perlu menggunakan laporan keuangan konsolidasi dan situasi di mana mereka tidak perlu menggunakan laporan seperti itu.

IAS 27 adalah seperangkat aturan yang menguraikan kapan entitas harus menggunakan LKK dan aturan lain untuk akuntansi. Berikut adalah beberapa aturan umum untuk pernyataan konsolidasi berdasarkan IAS 27:

  1. Jika anak perusahaan sebagian atau seluruhnya memiliki perusahaan induk, dokumen konsolidasi tidak diperlukan.
  2. Jika perusahaan induk tidak memperdagangkan sahamnya secara publik, tidak diperlukan dokumen konsolidasi.
  3. Jika perusahaan induk mengajukan dokumen apa pun dengan komisi sekuritas untuk instrumen apa pun di pasar publik, tidak ada persyaratan untuk LKK.

Manfaat LKK adalah?

Sumber: Pexels

Beberapa manfaat laporan keuangan konsolidasi, yaitu:

  • Memberikan informasi kepada divisi manajemen perusahaan induk, mengenai proses kinerja anak perusahaan
  • Mengetahui dampak suatu entitas anak perusahaan terhadap induk perusahaan dalam jangka panjang.
  • Memberikan informasi kepada pihak luar yang terkait dan membutuhkan.

Singkatnya, manfaat yang didapatkan dari laporan keuangan konsolidasi adalah pengguna laporan akan lebih mudah melakukan pelacakan semua catatan dan tidak akan mengalami kesulitan untuk melihat kondisi kesehatan keuangan perusahaan masing-masing.

Prosedur Laporan Keuangan Terintegrasi

Secara umum, prosedur pembuatan LKK tidak jauh berbeda dengan penyusunan laporan keuangan biasa. Unsur pentingnya adalah laporan neraca, laba rugi, perubahan modal, hingga laporan arus kas.

Namun, di Indonesia, pembuatan LKK secara khusus ditetapkan untuk bisa mengikuti ketentuan dari Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Jadi, pembuatan LKK adalah dengan mensejajarkan laporan keuangan entitas induk dan laporan keuangan anak perusahaan pada sebuah kertas kerja konsolidasi.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan LKK adalah mengenai penyesuaian serta eliminasi saldo akun tertentu yang harus dilakukan secara teliti, agar bisa mengurangi risiko kesalahan pada perhitungan dan menghasilkan data yang akurat.

Langkah-Langkah Penyusunan LKK

  1. Periksa keseluruhan transaksi yang ada pada laporan keuangan entitas induk dan anak perusahaan.
  2. Lakukan identifikasi, jika mungkin terdapat kesalahan dalam pencatatan, atau diperlukan adanya koreksi dan penyesuaian.
  3. Sesuaikan laporan dalam melakukan eliminasi terhadap laba rugi antara induk perusahaan dan anak perusahaan.
  4. Eliminasi dividen dan pendapatan anak perusahaan
  5. Pindahkan saldo akun investasi dari anak perusahaan ke saldo awal periode.
  6. Lakukan penyesuaian untuk membuat catatan keuangan dari bagian kepentingan non pengendali atas laba dan dividen dari anak perusahaan.
  7. Eliminasi saldo resiprokal investment pada laporan entitas anak perusahaan yang sebelumnya dilaporkan di dalam laporan keuangan induk perusahaan.
  8. Eliminasi pula ekuitas yang sebelumnya dilaporkan dalam laporan keuangan anak perusahaan.
  9. Jika ternyata ada selisih nilai wajar, bisa dilakukan alokasi dan amortisasi.
  10. Lakukan eliminasi pada saldo-saldo resiprokal lainnya, seperti akun hutang, piutang, pendapatan beban, dan lain-lain.

Agar LKK dapat menyajikan informasi keuangan sebagai satu kesatuan ekonomi, hal-hal berikut perlu diperhatikan

  • Transaksi dan saldo resiprokal antara induk perusahaan dan anak perusahaan harus dieliminasi.
  • Keuntungan dan kerugian yang belum direalisasi atau yang timbul dari transaksi antara bank dan anak perusahaan juga harus dieliminasi.

Untuk tujuan konsolidasi, tanggal laporan keuangan anak perusahaan pada dasarnya harus sama dengan tanggal laporan keuangan bank. Jika tanggal laporan keuangan berbeda, laporan keuangan konsolidasi masih bisa dilakukan asal perbedaan tanggal tidak lebih dari 3 bulan.

Baca Juga: Mengenal 10 Prinsip Dasar Akuntansi untuk Menyusun Laporan Keuangan

Membuat Laporan Keuangan Konsolidasi Lebih Mudah Bersama R1

Ketika perusahaan ingin membuat LKK dengan baik maka perusahaan membutuhkan modul integrasi yang dapat secara langsung menghubungkan dan mengelola laporan keuangan secara mudah

Agar perusahaan semakin berkembang, R1 dari RUN System mampu mengelola semua transaksi keuangan Anda seperti buku besar, journal entries, penganggaran, pengaturan akun hingga saldo awal atau opening balance dalam satu sistem dengan alat dan pelaporan yang komprehensif.

Anda akan lebih mudah mengelola laporan keuangan konsolidasi Anda, ketika Anda memiliki dan terhubung secara mudah dengan laporan keuangan lainnya dan R1 adalah solusinya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo