Alamat
Grha RUN System
Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233
Representative Office
Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190
Industri dan perekonomian akan muncul ketika ada permintaan dan penawaran produk. Dua hal ini dilakukan oleh pihak yang berbeda, yakni produsen dan pelanggan atau konsumen. Sebagai seorang pebisnis, jelas Anda wajib paham apa saja faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran produk secara umum.
Mengapa hal ini penting?
Sebab dengan memiliki pemahaman tersebut, aktivitas bisnis yang Anda lakukan akan memiliki arahan yang jelas. Apa yang akan dituju, apa yang harus dilakukan, apa yang harus dipersiapkan, semua akan lebih jelas ketika Anda memahami faktor-faktor tersebut.
Baca Juga: Mengenal Barcode dan 6 Fungsinya untuk Bisnis Anda
Permintaan dapat dipahami sebagai sejumlah produk yang dibeli dengan harga tertentu. Pembelian ini didasari atas kebutuhan yang dimiliki oleh pasar. Secara sederhana, ketika harga produk baik, maka permintaan menurun, jika variabel lain tidak berubah.
Penawaran, di sisi lain, adalah produk total yang tersedia untuk pasar dan pelanggan. Jika harga produk naik, maka produsen akan menaikkan penawaran untuk memberikan peluang lebih tinggi dalam penjualan, guna mencapai keuntungan yang tertinggi.
Permintaan dan penawaran muncul karena ada beberapa faktor yang mendorongnya. Faktor-faktor ini kemudian dapat mempengaruhi jumlah permintaan atau penawaran yang ada, sehingga wajib dipahami oleh Anda sebagai pebisnis.
Mari bedah satu per satu mengenai setiap faktor yang berpengaruh pada keduanya.
Sedikitnya terdapat lima faktor untuk poin ini.
Tidak berbeda dengan dengan faktor yang mempengaruhi permintaan, sedikitnya terdapat empat faktor yang mempengaruhi penawaran, seperti yang dijelaskan dalam poin berikut.
Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran ini selalu berorientasi pada keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan atau pasar, dan produsen. Jadi semuanya akan selalu terkait, dan melihat peluang dari faktor-faktor tersebut dapat membantu Anda menjadi pebisnis yang lebih efisien.
Peningkatan efisiensi proses bisnis yang Anda miliki dapat membantu membawa pengaruh baik pada permintaan pasar. Misalnya saja, dengan selalu menjamin ketersediaan produk di pasar sehingga mudah diakses, kemudian peningkatan kualitas produk dengan mengupayakan bahan baku yang berstandar jelas, serta kelancaran proses produksi.
Setiap hal ini idealnya dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas perusahaan dari sisi internal sehingga dapat memberikan output produk yang lebih baik untuk pasar. Semakin baik produk yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula potensi permintaan yang muncul dari pasar.
Untuk membantu peningkatan proses internal ini, Anda dapat mengoptimalkan banyak pos, salah satunya adalah pos pengadaan barang dan jasa.
Baca Juga: Penting! Ini 5 Manfaat Katalog Produk untuk Pengadaan Barang
Procurement Management dari R1, dapat menjadi produk yang tepat untuk bisnis Anda. Dapat membantu meningkatkan kontrol pengadaan, fleksibilitas, dan kemudahan untuk mencapai tujuan perusahaan, produk ini dapat mengoptimalkan proses procurement sehingga mendukung berbagai faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. Segera gunakan produk dari R1 sekarang, dan optimalkan setiap fiturnya untuk kemajuan perusahaan Anda!
[…] Baca Juga: 9 Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran […]