Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

katalog produk

Penting! Ini 5 Manfaat Katalog Produk untuk Pengadaan Barang

Biasanya sebelum membeli sebuah barang secara online, hal pertama yang dilihat oleh pelanggan adalah gambar produknya. Dalam hal ini, katalog produk memegang peranan sebagai tampilan pertama yang akan menarik minat calon pembeli untuk terus melanjutkan transaksi atau tidak.

Bisa dibilang foto produk jadi salah satu kunci kesuksesan penjualan bisnis Anda, tanpa ada foto yang bagus tidak mungkin pembeli tertarik membeli produk. Katalog produk adalah salah satu cara pemasaran yang digunakan oleh pebisnis untuk mempromosikan produk yang mereka jual kepada orang-orang.

Kalau dulu pembuatan katalog produk dilakukan secara manual yang bentuknya berupa selebaran atau kartu, saat ini sudah lebih canggih yaitu disebarkan secara digital (E-katalog).

Karena semua sudah dilakukan online sampai pembuatan katalog barang pun dapat dipasarkan digital, jadi bisa lebih mudah untuk disebarkan ke calon konsumen.

Contoh-Contoh Katalog produk

katalog warna
Sumber: Pixabay

Katalog itu sendiri memiliki banyak bentuk. Sederhananya, Anda bisa mendapatkan katalog gratis di supermarket mana pun. Ini adalah bentuk pemasaran dan memberikan informasi tentang produk yang dijual di lokasi.

Dari jenis katalog yang diperkenalkan di atas, Anda dapat melihat bahwa setiap jenis katalog memiliki fiturnya sendiri, seperti katalog perpustakaan, katalog untuk keperluan bisnis, dan non bisnis.

1. Katalog Produk Ritel

Contoh katalog adalah katalog produk retail. Perusahaan biasanya menggunakan katalog ini untuk menjual produk mereka.

Katalog ini berisi semua informasi yang Anda butuhkan untuk memfasilitasi pembelian dan penjualan Anda. Oleh karena itu, tidak jarang katalog ini mencerminkan citra perusahaan. Misalnya, katalog furniture yang menggambarkan desain interior menarik yang dipadukan dengan berbagai furniture tambahan.

2. Katalog Barang Persediaan

Selain katalog produk ritel, contoh lain penggunaan katalog untuk proses internal perusahaan itu sendiri adalah katalog persediaan barang.

Bisnis membutuhkan katalog ini untuk melacak inventaris barang habis pakai yang mereka jual. Katalog produk dapat mendukung proses bisnis dan produk masuk dan keluar secara jelas dan terkendali.

3. Katalog Material

Jenis katalog ini diperlukan untuk melacak suku cadang yang dibutuhkan untuk memelihara peralatan manufaktur. Sebagian besar produsen memelihara katalog suku cadang untuk memperbaiki peralatan mereka.

Katalog berisi suku cadang yang diperlukan untuk sebagian besar dari mereka, nomor suku cadang dan lokasinya. Oleh karena itu, kemungkinan kerusakan suku cadang dan mesin dapat diminimalisir dengan perawatan suku cadang yang tepat waktu.

Manfaat Katalog

katalog produk hadiah
Sumber: Unsplash

Mengingat banyaknya pengguna katalog dan manfaatnya, katalog dapat digambarkan memiliki beberapa manfaat:

1. Untuk mendapatkan informasi

Tujuan utama dari katalog ini adalah untuk menjadi pembawa informasi. Katalog dapat menggambarkan semua informasi dalam kompilasi yang sederhana dan mudah dibaca.

Dengan katalog ini Anda dapat lebih mudah mengetahui tentang karakteristik produk, warna, harga, dimensi dan varian produk yang ada.

2. Mempromosikan merek

Salah satu media yang dapat membantu meningkatkan branding perusahaan Anda adalah penggunaan media promosi katalog. Apalagi jika katalog yang Anda bagikan memiliki bentuk dan tampilan yang menarik konsumen. Hal tersebut tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk mempelajari bisnis yang Anda jalankan.

Tidak hanya dapat diisi dengan produk, tetapi juga dapat mencakup sejarah perusahaan untuk membangun hubungan emosional dengan pelanggan potensial.

3. Membantu berkomunikasi dengan konsumen

Secara tidak langsung, katalog memungkinkan bisnis / para pengusaha untuk berkomunikasi dengan para konsumen. Dengan katalog, bisnis tidak perlu membuang waktu untuk menjawab pertanyaan umum dari konsumen.

Katalog juga dapat mempercepat penyebaran informasi perusahaan dengan menjangkau sebagian besar pasar. Katalog dapat menggambarkan tidak hanya bentuk dan harga produk, tetapi juga fungsi dan aplikasi produk.

4. Bahan pertimbangan konsumen

Konsumen dapat membuat lebih mempertimbangkan pembelian sebelum mengambil keputusan akhir untuk membeli suatu produk yang diinginkan. Di sisi lain, keberadaan katalog juga membantu konsumen untuk membandingkan produk yang sesuai dengan kebutuhannya.

5. Meningkatkan pengalaman konsumen

Adanya banyak bentuk katalog ini dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman konsumen saat berbelanja di toko.

Selain itu, jika semua informasi di setiap jenis katalog dapat secara konsisten menggambarkan produk atau layanan yang ditawarkan, konsumen lebih mungkin dipengaruhi secara positif oleh keputusan pembelian mereka.

Baca Juga: Memahami Proses Pengadaan Barang Habis Pakai untuk Perusahaan

Fungsi Katalog

memperhatikan kalaog produk
Sumber: Unsplash

Tampaknya masih banyak orang yang menganggap enteng katalog. Padahal, bila dimaksimalkan dengan baik, katalog tersebut memuat banyak fitur yang meningkatkan branding bisnis yang Anda kelola.

1. Katalog berfungsi untuk menginformasikan calon pelanggan tentang produk dan layanan perusahaan. Katalog biasanya berisi informasi yang padat dan mudah dipahami tentang produk/jasa dengan tujuan memotivasi konsumen untuk membeli.

2. Fungsi kedua adalah katalog sebagai media untuk mempromosikan produk dan jasa perusahaan kepada konsumen. Umumnya, katalog promosi dicetak dan didistribusikan kepada konsumen untuk mengkomunikasikan promosi yang sedang berlangsung untuk jangka waktu tertentu.

3. Yang selanjutnya adalah fungsi Katalog untuk menekan biaya pemasaran produk Anda. Katalog membantu bisnis memperkenalkan produk yang mereka jual kepada konsumen dan grosir atau pengecer.

Setelah mengetahui manfaat dan fungsi dari adanya katalog produk. Saat ini Anda pasti memerlukan platform digital yang dapat mendukung sistem penawaran dan pengadaan barang yang tepat untuk perusahaan Anda.

Jangan khawatir, R1 bisa menjadi solusinya. R1 adalah platform digital yang memiliki fitur procurement management untuk mendukung pengadaan barang.  

Adapun fitur utama penggunaan procurement management adalah

Vendor Management System

Portal vendor dengan kemudahan akses monitoring dan verifikasi serta meningkatkan kemudahan relasi dan pemilihan vendor.

Purchasing Management

Pengadaan barang atau layanan dengan kemampuan pemilihan vendor dengan persetujuan multi-level yang dilengkapi dengan kuotasi data, data riwayat, data stok, dan perkiraan kedatangan barang/jasa, pesanan pembelian, dll.

Segera kunjungi website R1, dan temukan banyak keuntungan dari fitur R1 lainnya sekarang juga.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo