Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

direct selling adalah

Pengertian dan 5 Manfaat Penting dalam Direct Selling

Secara umum, direct selling adalah transaksi penjualan langsung dari penjual kepada pembeli. Strategi seperti ini umum digunakan oleh pebisnis pemula. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir biaya distribusi.

Namun demikian, bukan berarti strategi ini dapat diterapkan di bisnis dengan mudah. Ada beberapa tahap yang perlu diketahui agar lebih lancar dan tepat untuk bertransaksi kepada pembeli.

Untuk mengetahuinya lebih lengkap, tulisan di bawah ini akan memaparkan tentang pengertian dan manfaat dari direct selling. Selain itu, juga menjelaskan apa saja kelebihan dan kelemahan dari direct selling. Simak hingga selesai, ya. 

Direct Selling adalah Transaksi Langsung ke Pembeli, Ini Penjelasannya

direct selling adalah
Sumber: pexels.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, direct selling adalah transaksi penjualan yang mana penjual langsung berhadapan dengan pembeli. Dengan demikian, penjual telah mengetahui mana yang akan menjadi target pasarnya. 

Dengan melakukan direct selling, maka memudahkan penjual untuk mengetahui apa keinginan dan kebutuhan pembeli. Maka dari itu, penjual juga lebih mudah untuk menarik minat pembeli. 

Jenis-Jenis Direct Selling

Ada tiga jenis yang perlu penjual atau perusahaan ketahui tentang direct selling yaitu:

1. Penjualan Langsung Satu Tingkat

Jenis yang pertama sering diimplementasikan oleh penjual pemula. Hal ini disebabkan penjual akan datang langsung dan berhadapan dengan pembeli. Akan tetapi, perkembangan zaman mengubah semuanya. Kehadiran sistem penjualan online mengubah hal tersebut. Ada sistem komisi yang diberlakukan antara penjual dan distributor. 

2. Marketing Berjenjang

Jenis yang kedua mengenai direct selling adalah seperti multi level marketing. Perusahaan akan mencari mitra (reseller dan dropshipper) penjualan sebanyak-banyaknya sehingga komisi penjualan akan semakin tinggi.

3. Penjualan Party Plan

Ini adalah kategori penjualan yang cukup populer. Perusahaan akan membuat tim yang berisi daftar konsumen untuk kebutuhan pesta. Nantinya, ketika pesta berlangsung maka perusahaan akan menawarkan produk untuk mendapatkan laba dari penjualan.

Baca Juga: Apa Itu Sales Taking Order dan Kenali 4 Tugasnya

Manfaat Direct Selling

manfaat direct selling
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, ada beberapa manfaat dari direct selling yang perlu diketahui perusahaan yaitu:

1. Meningkatnya Loyalitas

Salah satu keuntungan ketika bertemu langsung atau tatap muka dengan pembeli adalah pengambilan keputusan yang lebih mudah. Loyalitas pembeli kepada penjual atau perusahaan akan muncul dengan sendirinya sehingga bisnis berbuah keuntungan. 

2. Memahami Kebutuhan Konsumen

Dengan bertemu langsung, segala hal menjadi lebih klir dan tepat. Perusahaan akan memahami apa yang menjadi ketertarikan pembeli terhadap suatu produk. Maka dari itu, perusahaan akan benar-benar memahami apa yang menjadi kebutuhan konsumen. 

3. Mudah Mendapatkan Feedback

Manfaat ketiga dari direct selling adalah perusahaan langsung mendapatkan feedback dari pembeli. Saran dan kritik langsung diketahui oleh pihak perusahaan. Hal tersebut akan menjadi catatan dan evaluasi bagi perusahaan untuk meningkatkan pelayanan atau kualitas produk. 

4. Meminimalisir Biaya Pemasaran

Satu hal yang cukup menguntungkan dari direct selling adalah perusahaan mampu mengurangi biaya marketing. Hal ini disebabkan perusahaan bertatap muka dengan target pasar. Oleh karena itu, tidak perlu menghabiskan biaya iklan di radio, televisi, website atau bahkan media sosial. 

5. Mengurangi Biaya Pemeliharaan Toko

Bagi pelaku bisnis ritel seperti pakaian, atau bahkan makanan, kehadiran toko tidak lagi diperlukan. Hal ini disebabkan perusahaan terjun langsung untuk menemui pembeli. Dengan demikian, mampu meminimalisir bahkan menihilkan biaya pemeliharaan toko. 

Kelebihan Direct Selling 

Setiap strategi penjualan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihannya yaitu:

1. Margin Keuntungan Lebih Besar

Kelebihan pertama adalah keseluruhan biaya dapat ditekan mulai dari biaya marketing hingga biaya pemeliharaan. Oleh karena itu, perusahaan akan meraih laba yang lebih banyak. 

2. Langsung ke Target Pasar

Kelebihan kedua dari direct selling adalah perusahaan bertatap muka ke target pasar. Ketiadaan biaya iklan dan sebagainya membuat perusahaan dapat menentukan secara langsung mana yang menjadi calon pembeli.

3. Kepuasan Pembeli

Kelebihan terakhir yang perusahaan peroleh adalah hadirnya kepuasan pembeli. Perusahaan bisa merasakan langsung kepuasan pembeli karena mereka langsung memberikan feedback

Kekurangan Direct Selling 

Setelah memahami kelebihan dari direct selling maka perlu juga memahami kekurangannya yaitu:

1. Tidak Semua Konsumen Berminat Tatap Muka

Bertatap muka memang menjadi kelebihan tersendiri bagi penjual. Namun demikian, hal tersebut dapat menjadi kendala. Hal ini disebabkan karakteristik pembeli yang berbeda-beda. Oleh karena itu, waktu penjual terkadang bisa lebih lama hanya mengurus satu pembeli. Akhirnya, menyebabkan jangkauan konsumen menjadi terbatas. 

2. Pembeli Lebih Sering Menolak

Kekurangan kedua dari direct selling ialah munculnya penolakan dari pembeli. Hal ini disebabkan perubahan transaksi yang menjurus ke daring. Maka dari itu, akan menjadi wajar apabila perusahaan atau penjual mendapatkan penolakan. 

3. Kebutuhan Waktu yang Tidak Pendek

Satu hal yang perlu dipahami adalah waktu dan konsistensi dari perusahaan atau pembeli. Jika menemukan pembeli yang mudah melakukan transaksi, hal tersebut tidak akan menjadi permasalahan. Akan tetapi, akan menjadi masalah apabila pembeli butuh waktu lama untuk bertransaksi. Sebab, waktu akan habis dan kesempatan untuk mencari pembeli lain menjadi sirna. 

Ketika memahami apa saja kebutuhan pembeli maka mudah bagi penjual untuk melakukan transaksi kepada mereka. Direct selling menjadi cara tepat untuk bernegosiasi sehingga menghasilkan transaksi.

Agar transaksi bisnis menjadi lebih lancar, R1 dari RUN System mampu membantu perusahaan untuk meningkatkan angka penjualan sekaligus performa layanan. Sehingga, akan terjadi kepuasan dari pembeli. Temukan fitur-fitur dari R1 yang membantu perkembangan bisnis Anda. 

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo