Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

digitalisasi adalah

4 Manfaat Digitalisasi bagi Kesuksesan Bisnis, Mulai Sekarang Juga!

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), digitalisasi adalah proses pemberian atau pemakaian sistem digital. Istilah tersebut mulai populer sejak Hannover Fair di Jerman pada 2011. Saat itu mulai dikenalkan pula artificial intelligence (kecerdasan buatan), e-commerce (perdagangan digital), hingga big data. Maka inilah era yang disebut dengan Revolusi Industri 4.0

Di era Revolusi Industri 4.0 yang mengedepankan digitalisasi, banyak perubahan yang telah tercipta. Ada banyak inovasi seperti pada industri perbankan yang tidak mengharuskan tatap muka untuk bertransaksi antara produsen dan konsumen. Selain itu, dari sektor financial technology (fintech), banyak software yang memudahkan perusahaan dalam membuat laporan pembukuan via digital. 

Untuk mengetahui lebih lengkap, artikel di bawah ini akan membahas tentang pengertian dan pentingnya digitalisasi bagi perusahaan. Simak hingga tuntas, ya. 

Digitalisasi adalah Kebutuhan Perusahaan Masa Kini, Ini Pengertiannya

Secara umum, digitalisasi adalah proses pemindahan media dimulai dari media cetak, video, dan foto ke media digital dengan tujuan untuk menyimpan dan mengarsipnya  dalam bentuk transformasi digital. Adapun indikator bahwa masyarakat mulai masuk ke ranah digitalisasi adalah pemanfaatan teknologi berbasis digital dan telah menggunakan saluran internet dalam berbagai aspek.

Beberapa ahli mengutarakan pendapatnya tentang pengertian digitalisasi yaitu:

Brennan dan Kries

Digitalisasi adalah dampak media dan komunikasi digital dalam masa kontemporer.

Gartner

Digitalisasi adalah penggunaan teknologi digital yang mana mengubah model bisnis dan menjadikan pendapatan baru. Ada banyak peluang yang hadir dalam bisnis dengan model digital.

Manfaat Digitalisasi adalah Proses Bisnis Menjadi Mudah, Ini Dia

manfaat digitalisasi
Sumber: Freepik.com

Setelah memahami apa saja pengertian dari digitalisasi maka Anda perlu mengetahui pula manfaat dari digitalisasi. Adapun tujuan dari digitalisasi adalah membantu masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pada akhirnya, banyak aktivitas menjadi lebih efisien dan waktu pun dapat dialihkan ke aktivitas lainnya. 

Beberapa contoh yang bisa dilihat pada masa kini adalah kehadiran e-commerce dan marketplace. Konsumen atau pelanggan tidak lagi datang ke toko fisik untuk membeli produk. Mereka cukup mengetikkan kata kunci di salah satu marketplace dan kemudian ada banyak toko yang menyediakannya. Konsumen hanya cukup memilah dan memilih untuk kemudian bertransaksi sesuai dengan metode pembayaran yang tersedia. 

Lalu, apa saja manfaat dari digitalisasi untuk berbagai sektor? Ini daftarnya.

1. Biaya Operasional Menjadi Lebih Hemat

Manfaat pertama yang dapat Anda peroleh dari digitalisasi adalah biaya operasional bisnis menjadi lebih hemat. Hal ini tidak dapat dimungkiri karena segala sesuatunya berubah menjadi digital. Bahkan, bisa jadi perusahaan menggunakan jumlah sumber daya manusia yang lebih efisien. Dengan sumber daya manusia yang kecil pun, keuntungan perusahaan bisa lebih baik. Artinya, perusahaan mengaplikasikan digitalisasi adalah sesuatu yang tidak sia-sia. 

2. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Hal lain yang dapat diperoleh dari digitalisasi adalah bisnis menjangkau lebih banyak konsumen. Sebab, inilah eranya media sosial yang mana menjangkau konsumen dari kalangan mana pun. Perusahaan cukup mengaktifkan media sosial mereka untuk menjangkau generasi milenial atau bahkan Z tergantung produk yang diciptakan. 

Dengan demikian, akan menjadi mudah bagi perusahaan untuk menarik keuntungan. Namun, tantangannya adalah bagaimana mengelola konsumen tersebut sehingga mau dan mampu melakukan repeat order

3. Mudah Melakukan Pemasaran

Manfaat ketiga yang dapat diperoleh dari digitalisasi adalah mudah melakukan pemasaran. Anda bisa melihat banyak bisnis online tumbuh dan bertebaran di Indonesia. Bahkan, sebagian besar dari mereka tidak menggunakan toko secara fisik. Melainkan hanya perlu melalui marketplace, e-commerce, atau media sosial. 

Dari media sosial pun, Anda bisa menjangkau banyak target pasar dengan menerapkan iklan, misal, di Instagram, Facebook, Twitter, atau TikTok. Keempat platform tersebut yang paling sering digunakan di Indonesia. Jadi, banyak pebisnis baru yang memanfaatkan keberadaan platform tersebut untuk berbisnis. 

4. Waktu Lebih Efisien

Manfaat terakhir yang bisa Anda peroleh dari digitalisasi adalah penggunaan waktu yang lebih efisien. Ada banyak waktu yang terpangkas sehingga Anda atau perusahaan dapat mengalihkannya ke aktivitas lain. Tentu saja hal ini akan menguntungkan bagi perusahaan karena bisa meningkatkan benefit lainnya. 

Digitalisasi adalah sesuatu yang pasti terjadi di bisnis. Cepat atau lambat, maka hampir semua bisnis akan beradaptasi dan mengubahnya menjadi online. Maka dari itu, agar bisnis semakin berkembang, R1 membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas. Daftar di sini untuk mengetahui selengkapnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *