Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

demurrage adalah

Pengertian Demurrage dan 3 Tips Cerdas Menghindarinya

Demurrage adalah biaya yang dipungut oleh perusahaan pelayaran kepada importir bila belum melakukan menaikkan atau menurunkan kontainer ke kapal dalam waktu yang telah disepakati. Istilah demurrage digunakan saat kargo masih ada di dalam kontainer. Bisa karena belum dibongkar (impor). Atau karena belum dimuat (ekspor).

Perbedaan Demurrage dan Detention

Demurrage dibebankan ketika kontainer masih berada di dalam pelabuhan, sedangkan detention dibebankan ketika kontainer masih ada di luar pelabuhan.

Denda demurrage dikenakan untuk kontainer yang masih berisi, sedangkan detention tidak peduli apakah itu berisi atau tidak.

Penyebab Penundaan dan Penalti Demurrage adalah

Sumber: Freepik

Alasan penundaan diklasifikasikan ke dalam empat kategori utama:

1. Pengarsipan dokumen yang salah

Dokumen pengiriman harus diawasi dan dilaksanakan oleh ahli logistik, atau diserahkan untuk diperiksa kepada ahli transportasi kargo. Melewatkan langkah ini dapat menyebabkan kesalahan dalam pengarsipan dokumen, yang pada gilirannya dapat membuat tidak mungkin untuk menerima pesanan atau memulai izin kargo.

Memperbaiki dokumen yang salah, sering dilakukan dengan jalur pelayaran atau departemen bea cukai, mengundang penundaan lebih lanjut.

2. Hilangnya dokumentasi

Alasan paling umum untuk keterlambatan, seringkali akibat dokumen yang salah tempat atau layanan kurir yang lalai. Masalah meningkat ketika Anda mempertimbangkan serangkaian tantangan membosankan yang menunggu penerima, yang tidak dapat menerima pengiriman tanpa dokumen yang memadai. Hal ini menyebabkan biaya demurrage, detention, dan storage yang signifikan.

3. Pemeriksaan bea cukai atau kargo

Hal ke 3 yang dapat meneyebabkan terjadinya demurrage adalah penundaan. Penundaan dapat terjadi karena definisi kode CNFEA yang salah, kurangnya informasi yang memadai untuk pendaftaran sertifikat atau deklarasi.

Tindakan atau pembatasan tambahan dapat diterapkan oleh pejabat pabean jika kargo atau peserta perdagangan luar negeri (importir) dianggap berisiko tinggi dalam kerangka RMS (sistem manajemen risiko).

Ini mungkin termasuk penimbangan, inspeksi wadah, dan verifikasi kepatuhan antara lain. Hal ini menyebabkan penundaan izin lebih lanjut, yang dapat menyebabkan biaya demurrage.

Pengajuan dokumen yang akurat oleh perusahaan logistik spesialis menjamin bea cukai yang lebih lancar dan lebih cepat.

4. Pelanggaran Syarat Pengiriman Barang ke Penerima Barang

  • Beberapa faktor yang melanggar ketentuan pengiriman:
  • Mengambil rute yang tidak optimal
  • Inkonsistensi pemilik kendaraan
  • Masalah terkait gudang yang menyebabkan keterlambatan pengiriman
  • Penerima tidak dicantumkan di bill of lading

Selain biaya D&D, pemilik kargo sering kali harus membayar denda untuk penyimpanan berlebih di pelabuhan. Masalah bisa bertambah parah jika pemilik kargo kekurangan dana dan membutuhkan waktu untuk mengaturnya. Penundaan menyebabkan peningkatan denda dengan biaya PPN yang sesuai.

Baca Juga: Cara Kerja Gudang Transit dan 4 Fungsi Pentingnya

Tips yang Digunakan untuk Menghindari Demurrage adalah

Sumber: Freepik

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat perusahaan lakukan untuk menghindari adanya demurrage. Minimal dapat memperkecil kemunculan biaya ini, sehingga tidak membengkakan operasional perusahaan.

1. Memperbaiki Manajemen

Bila sudah mengenal pengertian demurrage, pastikan memperbaiki segi manajemen. Dalam pengiriman barang, hindari memiliki manajemen berbelit-belit dan panjang.

Padahal, ketika melakukan pengiriman dengan tujuan pelabuhan utama, kepadatan pasti sangat tinggi.

Jika memiliki manajemen berbelit-belit ditambah dengan kepadatan pelabuhan tinggi, tentu saja waktu yang dibutuhkan untuk melakukan bongkar muat barang menjadi lebih lama.

Contohnya ketika pada mulanya bisa hanya membutuhkan waktu 7 hari, waktu menjadi molor hingga 11 hari, bahkan mencapai 15 hari. Jika trend ini terus menerus berulang, kerugian perusahaan bisa semakin besar.

2. Perbaikan Kontrak

Lakukan perbaikan kontrak. Jika terdapat kontrak yang merugikan perusahaan atau tidak menguntungkan perusahaan. Akan lebih baik bila kontrak kembali disempurnakan.

Contohnya setelah mengenal pengertian demurrage dan melihat kontrak, batas atas yang ditetapkan 5000 USD per hari. Dengan bonus kecepatan bongkar senilai 50%.

Bila perusahaan Anda lebih banyak demurrage, tidak ada salahnya melakukan negosiasi ulang dengan buaya batas atas sebesar 3000 USD per hari. Sehingga biaya akan lebih dihemat.

3. Memperbaiki SOP

Cara ke 3 untuk menghindari demurrage adalah dengan melakukan perbaikan SOP. Setiap divisi yang berada di perusahaan harus mengetahui dengan baik apa tugas yang mereka miliki. Jangan sampai terdapat satu divisi yang mengabaikan tugasnya.

Contohnya, penegasan tugas tanggung jawab perusahaan pembongkaran untuk mengurus dokumen termasuk mencatat cuaca yang terjadi selama kapal harus menunggu sandar.

Cara ini dilakukan untuk mengurangi demurrage yang disebabkan oleh cuaca buruk. Karena cuaca buruk juga termasuk dalam demurrage.

Apalagi jika ditambah benda eksport merupakan barang yang tidak bisa bertahan pada cuaca tertentu contohnya seperti hujan. Sehingga jasa bongkar harus menunggu hingga hujan reda.

Meskipun terlihat sepele dalam sebuah bisnis, namun biaya satu ini bisa memberikan biaya operasional cukup besar. Oleh sebab itu jangan hanya berfokus pada pengertian demurrage. Gunakan teknologi penunjang, yang akan memudahkan Anda untuk melakukan kontrol dan manajemen yang baik terhadap kebutuhan logistic dan pengiriman barang seperti R1 agar terhindar dari demurrage.

R1 dengan fitur procurement management, akan memberikan layanan pengadaan barang dengan kemampuan pemilihan vendor dan persetujuan multi-level yang dilengkapi dengan kuotasi data, riwayat data, stok data, dan perkiraan kedatangan barang/jasa, pesanan pembelian, dll. Segera gunakan R1 sekarang juga.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo