Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

cara kerja ERP

Apa Contoh Aplikasi ERP Terbaik di Indonesia? R1 Jawabannya

Salah satu langkah yang perlu dilakukan pemilik bisnis untuk mengelola bisnisnya lebih baik adalah adaptasi perkembangan teknologi terkini. Maka dari itu, untuk mempermudah bisnis, perusahaan dapat menggunakan aplikasi ERP. Perusahaan pun perlu mengetahui contoh aplikasi ERP yang tepat dan sesuai kebutuhan bisnis.

Mengapa demikian? Sebab, semakin besar kebutuhan bisnis maka proses bisnis akan semakin panjang. Oleh karena itu, kehadiran aplikasi ERP akan menghemat waktu dan biaya perusahaan. Hal ini menghasilkan dampak positif bagi perusahaan Anda. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi ERP, artikel di bawah ini mengulas fungsi, keuntungan, hingga contoh aplikasi ERP yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selengkapnya di R1. 

Fungsi Aplikasi ERP

fungsi aplikasi ERP

Sumber: pinterest.com

Ada beberapa fungsi tentang aplikasi ERP yang perlu Anda ketahui di antaranya:

1. Mudah dalam Melakukan Monitoring

Monitoring antar divisi tentu saja akan mudah dilakukan dengan adanya aplikasi ERP. Sehingga antar divisi selalu mengetahui bagaimana proses pekerjaan. Apakah sudah selesai atau masih dikerjakan.

2. Meningkatkan Akurasi Proses Bisnis

Salah satu fungsi yang perlu Anda ketahui adalah mampu meningkatkan akurasi proses bisnis dari satu divisi ke divisi lainnya. Apalagi, jika menggunakan aplikasi ERP, yang terjadi adalah setiap divisi bisa melakukan update pekerjaan secara real time

Oleh karena itu, sudah pasti apabila setiap divisi mengelola aplikasi bisnis dengan baik maka akurasi bisnis juga lebih baik. 

3. Mempermudah Pembuatan Laporan

Ketika seluruh progres pekerjaan dapat ter-update secara real time maka mudah bagi setiap divisi untuk membuat laporan. Tidak perlu menunggu waktu lama sebab integrasi dalam aplikasi ERP akan memudahkan dalam pembuatan laporan. 

4. Menghemat Biaya

Salah satu langkah lainnya adalah kehadiran aplikasi ERP berfungsi untuk menghemat biaya. Sebab, setiap pekerjaan tidak perlu lagi dilakukan secara manual karena telah terhubung dengan aplikasi ERP. 

5. Mempermudah Kinerja Bisnis

Fungsi lainnya yang perlu Anda ketahui adalah dengan adanya aplikasi ERP akan mempermudah kinerja bisnis. Dengan demikian, perusahaan akan lebih cepat untuk mencapai tujuan bisnisnya. 

Keuntungan Aplikasi ERP

keuntungan aplikasi ERP

Sumber: pinterest.com

Setelah memahami apa saja yang termasuk fungsi dari aplikasi ERP, Anda perlu mengetahui apa saja keuntungannya. Simak di bawah ini.

1. Memiliki Perencanaan yang Lebih Baik

Salah satu hal yang patut perusahaan ketahui ketika menerapkan aplikasi ERP adalah memiliki perencanaan yang lebih baik. Sebab, dari aplikasi tersebut, akan mudah untuk mengelola sumber daya manusia. Selain itu, akan memberikan laporan yang akurat kepada perusahaan sebagai landasan pengambil keputusan.

2. Meningkatkan Produktivitas

Selain mampu menyediakan perencanaan lebih baik, aplikasi ERP juga mampu meningkatkan produktivitas pada kegiatan operasional perusahaan. Kegiatan tersebut mencakup pemesanan, pengiriman, kinerja supplier, manajemen gudang, manajemen kas, hingga realisasi penjualan. 

Kehadiran ERP membuat siklus penjualan dan pembayaran kas menjadi lebih pendek. Dengan demikian, produktivitas jelas akan meningkat. Jika ingin membandingkan dengan kompetitor lainnya, aplikasi ERP sudah pasti akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. 

3. Integrasi Bisnis Lebih Baik

Keuntungan ketiga yang dapat Anda peroleh dengan adanya aplikasi ERP adalah perusahaan akan mengetahui perubahan setiap modul dengan cepat. Hal ini disebabkan setiap perubahan bersifat real time. Selain itu, akan mengurangi kesalahan dari pencurian data karena kesalahan pengguna. 

Dengan demikian, integrasi bisnis bisa berjalan dengan baik serta keakuratan data di dalam perusahaan dapat dipertanggungjawabkan. 

4. Mengelola Kolaborasi Lebih Mudah

Setiap pekerjaan tidak akan lepas dari kesalahan pengguna. Tidak mungkin tidak terjadi kesalahan pengguna yang kemudian menimbulkan konflik dalam bekerja. Untuk mengatasi hal tersebut, kebutuhan aplikasi ERP menjadi sebuah solusi. Apalagi adanya kolaborasi antar divisi akan meminimalisir perselisihan yang mungkin terjadi.

Dengan demikian, perusahaan akan mendapat keuntungan sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencari kesalahan. Selain itu, perusahaan lebih bisa fokus untuk mengembangkan bisnis. 

5. Mampu Membentuk SOP Lebih Baik

Dengan menggunakan aplikasi ERP maka mudah bagi perusahaan untuk membentuk SOP yang lebih baik. Kehadiran SOP juga akan membuat perusahaan bisa mengoptimalkan kinerja karyawan. Adanya SOP juga membuat perusahaan bisa memiliki indicator performance setiap karyawan. Maka, mudah juga akan melakukan evaluasi untuk setiap karyawan.

R1, Contoh Aplikasi ERP Terbaik di Indonesia

Untuk memudahkan kinerja perusahaan maka perlu mengetahui contoh aplikasi ERP yang tepat dan sesuai kebutuhan. R1 sebagai bagian dari RUN System adalah contoh aplikasi ERP terbaik di Indonesia hingga saat ini. 

Kehadiran R1 sebagai ERP software Indonesia menjadi solusi kebutuhan perusahaan. Agar perusahaan Anda semakin berkembang, terapkan R1 sekarang juga. Bersama R1, kontrol pengadaan, distribusi produk dan segala proses bisnis menjadi lebih efisien dan efektif. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo