Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

aplikasi bisnis

5 Aplikasi Bisnis Krusial untuk Pengembangan UKM Anda

Mengelola UKM di era modern seperti sekarang ini erat dengan penggunaan aplikasi bisnis. Bukan hanya karena mengikuti perkembangan jaman saja, namun secara praktis hal ini diperlukan untuk mengoptimalkan waktu dan sumber daya yang dimiliki pelaku UKM secara umum.

Meski aset atau sumber daya yang dimiliki belum sebanyak perusahaan dengan skala masif, namun pengelolaan yang efisien tetap diperlukan. Dasar perkembangan UKM nantinya adalah dari efisiensi pengelolaan sumber daya, sehingga keuntungan yang didapatkan lebih besar, dan aliran dana yang terjadi juga lebih lancar.

Tapi dari sekian banyak aplikasi bisnis yang ada saat ini, kira-kira software dan aplikasi apa yang wajib dicoba pelaku UKM? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga : Hindari Kebangkrutan dengan Manajemen Risiko Bisnis, Ini 9 Caranya!

1. Inventory and Material Management

aplikasi bisnis
Sumber: freepik.com

Aplikasi seperti ini dapat membantu mengelola penyimpanan barang dan data terkini, inventaris harga, transaksi, serta pencatatan persediaan barang dan jasa. Dalam praktek bisnis, hal ini diperlukan agar Anda selalu mengetahui kondisi terkini produk yang dimiliki di gudang.

Di dalam aplikasi tersebut akan tersaji warehouse management system yang dapat membantu pengelolaan gudang, kemudian inventory management yang berguna untuk manajemen inventaris, dan material management yang dapat mengelola urusan pengadaan barang dengan baik.

Efisiensi modal yang dimiliki harus dilakukan, sehingga tidak ada penumpukan barang atau barang yang rusak ketika disimpan di dalam gudang akibat kesalahan pendataan.

2. Procurement Management

Dapat membantu Anda dalam meningkatkan kontrol pengadaan barang, fleksibilitas, dan kemudahan dalam mencapai tujuan perusahaan. Aplikasi seperti ini dapat mengoptimalkan urusan procurement sehingga selesai dengan lebih cepat dan proses monitoring berjalan lebih mudah.

Dalam aplikasi atau software jenis ini, biasanya akan memiliki fitur vendor management system yang berupa portal vendor dengan kemudahan akses monitoring dan verifikasi hingga memudahkan Anda menjalin relasi atau memilih vendor, serta purchasing management.

Purchasing management sendiri adalah fitur pengadaan barang dengan kemampuan pemilihan vendor dengan persetujuan multi-level yang dilengkapi kuotasi data, data riwayat, data stok, dan perkiraan kedatangan barang yang dipesan.

3. Sales and Distribution Management

aplikasi bisnis
Sumber: freepik.com

Pada dasarnya layanan atau aplikasi ini akan fokus untuk menangani semua proses pemasaran dan segmentasi pasar hingga mengkonversinya ke pendapatan penjualan. Pemanfaatan aplikasi seperti ini bisa mengoptimalkan kerja bagian pemasaran yang Anda miliki, sehingga output yang diberikan lebih maksimal.

Untuk fitur utama dari aplikasi seperti ini sendiri akan ada sales management, yang membantu mengelola dengan tepat target pembelian pelanggan, dan terintegrasi dengan manajemen pengiriman barang dan gudang.

Selain itu ada juga distribution management yang dapat membantu mengelola logistik dalam hal pengirimannya ke tangan konsumen dengan memperhatikan faktor margin kontribusi masing-masing pelanggan yang dimiliki.

4. Financial Management

Dalam setiap proses bisnis akan diperlukan pengelolaan finansial yang baik. Maka dari itu, untuk membantu efisiensi pengelolaan bagian ini, aplikasi financial management diperlukan secara mendasar.

Setidaknya akan ada tiga fitur utama yang disediakan aplikasi jenis ini. Pertama adalah cash flow management, yang membantu menangani seluruh proses kas dan bank, kemudian account payable, yang mengelola utang usaha dan menjadwalkan pembayaran tagihan kepada supplier serta memelihara informasi akurat tentang utang usaha, dan account receivable, yang berisi alat untuk mengontrol dan mempercepat penerimaan uang dari masuknya pesanan penjualan ke pembayaran yang diterima.

Fitur in krusial dalam pengelolaan bisnis sebab dapat menghemat sangat banyak waktu, dan meminimalisir risiko terjadinya human error atau fraud yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab.

5. Accounting Management

aplikasi bisnis
Sumber: freepik.com

Pada dasarnya, tidak akan ada usaha yang berkembang dengan baik tanpa pengelolaan akuntansi yang baik pula. Untuk itu, diperlukan layanan accounting management untuk membantu pengelolaan akuntansi perusahaan yang dijalankan.

Dalam aplikasi atau modul ini, akan tersedia enterprise accounting, yang berguna untuk mengelola semua transaksi keuangan UKM. Mulai dari buku besar, journal entries, penganggaran, setup akun, hingga saldo awal, semua dalam satu sistem terpadu yang aman.

Kemudian terdapat pula fitur financial reporting, yang berguna untuk menyediakan laporan keuangan. Termasuk didalamnya adalah neraca, laporan laba rugi, buku besar, laporan transaksi, dan perbandingan multi-periode yang sudah dijalani oleh UKM.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Sistem Informasi Bisnis dan Manfaatnya Bagi Perusahaan 

Semua fitur atau modul yang disebutkan di atas bisa Anda dapatkan aksesnya langsung dengan mengunjungi website R1. Ada untuk membantu meningkatkan produktivitas perusahaan Anda saat ini dan nanti, semua modul yang ditawarkan R1 benar-benar modul mendasar yang dapat membantu akselerasi bisnis yang Anda kelola. Anda juga dapat mencoba gratis berbagai modulnya selama 30 hari untuk mengetahui manfaatnya.

Beberapa aplikasi bisnis atau modul yang disediakan sudah disebutkan di atas. Jelas, dalam konteks teoritis atau praktis, modul yang disediakan R1 perannya akan sangat besar dalam pengelolaan UKM yang Anda miliki.

Semakin efektif kerja setiap bagian di dalam unit UKM, maka semakin baik pula output yang bisa dihasilkan. Maksimalkan semua aplikasi bisnis yang disediakan oleh R1, dan kembangkan perusahaan Anda bersama kami!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo