Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

buku stok barang

4 Cara Jitu Menyusun Buku Stok Barang

Pernahkah Anda mendengar tentang buku stok barang? Bagi Anda yang seorang pengusaha, keberadaan buku stok barang cukup penting untuk dimiliki. Mengapa? Karena dengan keberadaan buku ini maka administrasi dan pencatatan semua inventaris Anda akan tertata dengan rapi. Apa saja manfaat lainnya dan apa sebenarnya pengertian dari pencatatan stok barang ini? simak ulasannya di bawah ini.

Definisi Buku Stok Barang

Buku stok barang sendiri bisa diartikan sebagai buku atau kumpulan catatan laporan ketersediaan stok barang suatu bisnis. Setidaknya, ada manfaat buku stok barang bagi bisnis yaitu perhitungan ini dapat melacak status persediaan stok dan juga membuat peringatan untuk melakukan pengisian ulang.

Buku stok barang ini akan mengungkapkan kecepatan penjualan dan perkiraan tanggal kehabisan stok untuk semua produk Anda. Sementara itu, peringatan untuk melakukan pengisian stok kembali memberikan ikhtisar jenis inventaris yang perlu diisi ulang di gudang yang bergantung pada inventaris.

Dengan pelaporan stok barang yang tepat, perusahaan dapat memanfaatkan sejumlah keuntungan, termasuk perencanaan inventaris yang lebih baik, pelacakan inventaris yang transparan, dan kategorisasi inventaris yang terorganisir yang semuanya membantu memastikan pertumbuhan yang menguntungkan.

Manfaat Buku Stok Barang bagi Bisnis

Sumber: Freepik

Buku stok barang memiliki beberapa manfaat bagi bisnis, di antaranya sebagai berikut:

1. Perencanaan Inventaris yang Lebih Baik

Karena laporan stok difokuskan pada inventaris Anda yang ada, pada dasarnya itu adalah untuk mengukur berapa banyak modal yang Anda keluarkan di berbagai produk Anda.

Itulah mengapa menggunakan data inventaris dari laporan ini merupakan aset yang sangat baik untuk perencanaan inventaris Anda. Faktanya, metrik pelaporan inventaris menawarkan wawasan mendalam yang dibutuhkan bisnis untuk meningkatkan pemesanan ulang mereka , perkiraan, penganggaran, dan banyak lagi.

2. Pelacakan Inventaris secara Transparan

Buku stok memantau komponen terbesar dan terpenting dari bisnis berbasis produk Anda yaitu inventaris. Dan berkat pelacakan inventaris transparan pelaporan ini, pengecer dapat dengan mudah menjamin produk dalam stok dan pengiriman tepat waktu.

Demikian juga, pelacakan yang jelas dan konsisten mendukung kontrol inventaris yang lebih besar serta mengidentifikasi tren dan pola penjualan untuk membantu Anda membuat keputusan perkiraan yang lebih tepat.

3. Menjaga Rantai Pasokan

Organisasi sama pentingnya untuk rantai pasokan yang baik dan manajemen inventaris yang dioptimalkan. Untungnya, buku stok dapat membantu kategorisasi inventaris yang terorganisir dengan mengelompokkan produk berdasarkan nilai, permintaan, biaya penyimpanan, dan sebagainya.

Dengan adanya kategori ini, bisnis dapat menentukan produk mana yang paling populer atau menguntungkan dan mana yang dapat dihilangkan dari katalog mereka.

Cara Membuat Buku Stok Barang

Sumber: Freepik

Jika Anda akan menerapkan pelaporan stok ke dalam alur kerja operasional Anda. Maka, berikut adalah beberapa cara membuat bukus stok secara sederhana. Yang dapat diterapkan dan akan menjamin Anda melihat hasil yang optimal saat menggunakan data ini.

1. Memutuskan Apa yang Ingin Anda Laporkan

Sebelum Anda mulai memublikasikan laporan apa pun. Ada baiknya Anda bertanya pada diri sendiri apa yang ingin Anda laporkan. Termasuk apa yang ingin Anda peroleh atau pelajari dari laporan itu sendiri.

Bahkan mungkin akan membantu bagi Anda untuk menguraikan indikator kinerja utama yang ingin Anda lacak sebagai cara untuk menjaga agar laporan Anda lebih fokus, dapat ditindaklanjuti, dan efektif.

2. Buat Daftar Item

Setelah Anda memutuskan apa yang akan Anda laporkan, Anda akan membuat daftar item. Anda dapat mengekspor barang-barang ini dari sistem POS atau perangkat lunak manajemen inventaris Anda.

Tetapi ini biasanya mencakup info tentang jumlah unit yang Anda miliki, di mana unit-unit itu berada, varian mana yang tersedia, nomor seri produk, dan harga. Ingatlah, daftar item Anda sendiri akan sangat bergantung pada pertanyaan yang ingin Anda jawab.

3. Pilih Kerangka Waktu

Salah satu praktik terbaik yang paling sering diabaikan saat membuat pelaporan stok adalah memilih kerangka waktu dan berkomitmen untuk mematuhinya.

Poin ini sangat penting, karena jika Anda gagal menarik semua metrik dalam kerangka waktu yang sama, Anda akan berakhir dengan beragam perbedaan. Seberapa sering Anda memperbarui dan meninjau laporan sebenarnya terserah Anda.

Tetapi jika Anda memiliki volume penjualan yang cukup tinggi, Anda mungkin ingin memperbarui lebih sering karena data penjualan dapat berubah cukup cepat.

Baca Juga:  Ini 7 Cara Mudah Meningkatkan Inventory Turnover Ratio Anda

4. Otomatiskan Pembuatan Laporan Stok Anda

Manajemen inventaris Excel dapat digunakan untuk mengatur semua info Anda. Menggunakan perangkat lunak inventaris yang inovatif juga dapat membuat pelaporan Anda lebih mudah dan lebih akurat secara keseluruhan.

Itu karena sistem manajemen inventaris memiliki otomatisasi yang dapat memperbarui laporan Anda secara real time. Untuk mencerminkan dengan tepat apa yang ada dalam stok.

Artinya, otomatisasi membuat pengelolaan bisnis lebih ringan bagi penjual e-niaga. Mengapa? Karena platform tersebut menyediakan modul pelaporan yang akurat dan canggih dalam sekejap.

R1 merupakan platform digital yang penyedia fitur inventory material management  yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan dalam mengelola stok persediaan bisnis Anda. Dengan R1, Anda bisa memperoleh laporan mendetail posisi stok Anda secara real time dan tidak perlu khawatir lagi adanya barang hilang atau tak terlacak.

Melalui modul R1, Anda juga bisa membuat stock opname, membuat surat jalan, mengintegrasikan gudang dengan penjualan dan pembelian, serta masih banyak lagi fitur terbaik lainnya.

Segera kunjungi website R1 dan dapatkan informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo