Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

akuntansi anggaran adalah

4 Unsur dan Manfaat Akuntansi Anggaran untuk Perusahaan

Operasional rutin perusahaan tidak akan terlepas dari urusan akuntansi, karena setiap hal perlu diperhitungkan dengan cermat, dialokasikan dengan baik, dan dipertanggungjawabkan dengan disiplin. Akuntansi anggaran adalah salah satu bagian yang tidak mungkin lepas dari akuntansi manajemen, yang juga menjadi bagian besar dari operasional bisnis yang Anda jalankan.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan akuntansi anggaran itu sendiri?

Meski memang secara umum bagian ini akan diurus oleh divisi yang Anda miliki, namun sebagai pemilik bisnis tentu wajib paham tentang konsep-konsep mendasar ini. Tujuannya sederhana, untuk mendapatkan pemahaman yang baik, sehingga dapat mengoptimalkan proses dan mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Baca Juga: 3 Fungsi Opportunity Cost, Cara Menghitung, dan Contohnya

Mengenal Akuntansi Anggaran dalam Bisnis

akuntansi anggaran adalah
Sumber: freepik.com

Langkah pertama untuk memahami konsep ini tentu mulai dari pengertiannya terlebih dahulu. Akuntansi anggaran adalah  bidang akuntansi yang berkaitan erat dengan perencanaan pengeluaran bisnis dan perusahaan, yang tujuannya adalah dengan membandingkan dengan pengeluaran aktual yang terjadi.

Secara teori, akuntansi anggaran kemudian berarti ilmu akuntansi yang memudahkan perusahaan dalam melakukan pengaturan setiap perencanaan pengeluaran. Perusahaan dapat terhindar dari adanya alokasi dana berlebih yang di luar rencana awal, dan prosesnya dilakukan dengan pengelolaan, pengesahan, penerapan, hingga penutupan buku anggaran di akhir periode tertentu.

Cukup mudah dipahami bukan?

Kenali 4 Unsurnya dan Pahami Lebih Dalam

akuntansi anggaran adalah
Sumber: freepik.com

Pada pelaksanaan prosesnya, akuntansi anggaran disusun dari empat unsur besar. Pertama adalah perencanaan, kemudian unsur kedua adalah kegiatan perusahaan, ketiga adalah unit satuan moneter, dan terakhir adalah periode waktu pelaksanaan.

1. Unsur Pertama, Perencanaan

Adalah penentuan di bagian awal mengenai aktivitas yang akan dilakukan di waktu yang akan datang, dengan spesifikasi dan kategori khusus. Unsur ini menjadi penting karena terdapat ketidakpastian di masa yang akan datang, alternatif yang tersedia cukup luas, perusahaan memerlukan pedoman dalam beraktivitas, perusahaan membutuhkan alat koordinasi kegiatan, dan diperlukannya perangkat pengawasan dalam pelaksanaan rencana yang dilakukan.

2. Unsur Kedua, Kegiatan Perusahaan

Unsur kedua adalah kegiatan perusahaan. Anggaran atau budget yang dimiliki mencakup semua kegiatan yang akan dilakukan oleh setiap bagian dan divisi dalam perusahaan Anda. Kegiatan juga harus terdata dengan baik, sehingga alokasi anggarannya benar-benar cermat dan dapat diperhitungkan dengan baik. Mulai dari divisi pemasaran, produksi, pembelanjaan, administrasi, hingga berbagai kegiatan yang berkaitan dengan SDM perusahaan.

3. Unsur Ketiga, Unit Satuan Moneter

Anggaran yang dimiliki kemudian dinyatakan dalam unit satuan moneter, dalam konteks bisnis di Indonesia artinya menggunakan satuan rupiah. Dalam konteks lain bisa saja satuan moneter yang digunakan adalah satuan lain, selama bisa tercatat seragam dalam sistem akuntansi perusahaan. Namun yang ideal digunakan adalah satuan mata uang, karena semua dapat diukur dengan satuan ini.

4. Unsur Terakhir, Periode Waktu

Budget yang dimiliki akan berlaku di masa yang akan datang, dalam rentang waktu tertentu yang jelas. Apa yang tertera dalam alokasi anggaran berupa taksiran mengenai apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, namun tetap pada batasan yang jelas di periode tertentu.

Mengacu pada 4 Unsur di Atas, Berikut Penjelasan Manfaatnya

akuntansi anggaran adalah
Sumber: freepik.com

Setelah dijelaskan mengenai keempat unsur penyusun akuntansi anggaran, mari melangkah pada poin berikutnya mengenai manfaat dari pencatatan ini. Secara umum, manfaat dari akuntansi anggaran adalah untuk mengembangkan bisnis yang ada, dan mencapai target di setiap periode waktu.

Namun secara lebih spesifik jika dikulik lebih dalam, manfaatnya adalah sebagai berikut.

1. Membuat Perencanaan untuk Kegiatan Bisnis

Secara garis besar, isi dari akuntansi anggaran adalah rencana dari kegiatan yang akan dilakukan oleh bisnis atau perusahaan. Rencana ini disusun sedemikian rupa sehingga dapat mengarah ke peningkatan performa dan hasil kerja.

Perencanaan yang disusun dengan baik akan memberikan pedoman yang jelas untuk berbagai proses bisnis, sehingga dapat bersinergi dan menuju ke satu titik yang sama. Di banyak skenario, perencanaan juga akan menjadi pedoman untuk karyawan dalam melakukan pekerjaannya, tanpa harus selalu bertanya pada atasan.

2. Peningkatan Kapabilitas Karyawan Anda

Penyusunan rencana anggaran atau akuntansi anggaran ini memerlukan partisipasi dari setiap bagian, agar memperoleh hasil kajian data yang komprehensif. Kondisi ini memungkinkan Anda sebagai pemilik perusahaan untuk mendorong karyawan yang dimiliki agar lebih cermat dan berhati-hati dalam menentukan detail aktivitas dan kebutuhan dari divisi yang mereka huni.

Banyak hal wajib dipertimbangkan, dan banyak komponen akan masuk dalam pertimbangan ini. Meski cukup rumit, Anda bisa melatih karyawan menjadi lebih cermat dan memiliki ketajaman analisis, sehingga membuahkan keputusan strategi yang tepat untuk perusahaan.

3. Performa Karyawan

Seperti yang telah lebih dahulu dibahas, manfaat selanjutnya dari akuntansi anggaran adalah untuk melakukan monitoring pada performa yang ditunjukkan karyawan di setiap divisi. Dilihat dari eksekusi kegiatan, output, dan laporan yang dibuat setelah kegiatan, akan tampak performa yang ditunjukkan.

Idealnya, performa yang optimal akan memberikan output sesuai dengan rencana, atau melebihi ekspektasi yang telah diberikan. Namun ketika hasilnya kurang memuaskan, akan ada evaluasi yang dilakukan untuk mendeteksi dimana letak permasalahannya.

4. Menjadi Pedoman Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Manfaat keempat dari proses ini adalah bahwa perusahaan akan memiliki pedoman waktu pelaksanaan kegiatan yang jelas dan telah disepakati bersama. Semua kegiatan ini wajib dilaksanakan sesuai jadwal, kecuali terjadi hal besar yang benar-benar membuat kegiatan tersebut tidak memungkinkan dieksekusi.

Setiap divisi dari perusahaan dan bisnis Anda secara jelas akan memiliki jadwal yang wajib diikuti, sehingga kegiatan bisnis berjalan dengan optimal tanpa ada waktu yang terbuang sia-sia.

Baca Juga: Mengenal Fixed Asset dan 4 Karakter Utamanya, Simak di Sini! 

Pengelolaan dan eksekusi dari akuntansi anggaran adalah hal krusial untuk operasional perusahaan, karena akan memuat banyak perencanaan untuk setiap divisi. Ini mengapa, Anda harus mengoptimalkan proses ini, salah satunya dengan bantuan dari Accounting Management dari R1.

R1, Solusi Perencanaan Anggaran yang Akurat dan Handal

Membantu Anda dalam mengelola aktivitas akuntansi perusahaan dalam setiap proses bisnis, Accounting Management dari R1 akan jadi partner terbaik untuk urusan ini. R1 paham benar bahwa akuntansi anggaran adalah hal yang memiliki peran besar dalam rangka operasional perusahaan, sehingga berbagai fitur yang ada di dalam produk ini akan membantu Anda dalam penyusunannya. Segera gunakan produk R1 yang satu ini, dan optimalkan urusan akuntansi bersama R1

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *