Alamat
Grha RUN System
Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233
Representative Office
Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190
Dalam urusan pemasaran, penentuan target pasar akan menjadi hal yang cukup krusial. Dengan analisis yang cermat, maka target pasar dapat ditentukan, sehingga aktivitas pemasaran akan lebih fokus dan efektif. Target pasar spesifik ini kemudian disebut juga dengan niche market.
Secara umum sebenarnya niche market disebut juga dengan ceruk pasar. Ceruk ini adalah kelompok pasar spesifik yang telah ditentukan dengan berdasarkan penelitian mendalam, sehingga dapat dipastikan bahwa target pasar tersebut adalah target pasar paling potensial untuk produk yang dimiliki.
Pengertian dari istilah ini kemudian akan selalu kembali pada target pasar yang memiliki karakter tertentu. Target ini menjadi sasaran utama dari produk yang Anda miliki dan aktivitas pemasaran, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran lebih efektif, dan penjualan produk lebih optimal.
Baca Juga: Pebisnis Wajib Paham! Bidang Sales dan Seluruh Serba-serbinya!
Jika ingin melihat manfaatnya, maka tidak akan jauh dari aktivitas pemasaran secara umum. Aktivitas pemasaran sendiri memiliki tujuan agar produk dapat dijual sesuai atau lebih tinggi dari target yang ditentukan, dengan cara-cara yang efektif dan terukur.
Penentuan niche market adalah salah satu cara yang bisa digunakan dalam rangka mencapai tujuan ini. Maka manfaatnya akan dapat dijabarkan sebagai berikut.
Memang, tidak diragukan semangat untuk bersaing dan memenangkan pasar selalu dimiliki oleh setiap pebisnis. Namun bukan berarti semua persaingan harus dihadapi bukan? Ada kalanya, Anda harus cermat dalam bersaing, dan memilih persaingan tertentu yang memiliki potensi besar Anda menangkan.
Tanpa meragukan kemampuan staf pemasaran dan keampuhan strategi yang diterapkan, dengan menentukan niche pasar yang tepat Anda akan menghadapi persaingan yang jauh lebih masuk akal. Pasalnya, setiap ‘pemain’ yang ada pada ceruk ini juga tidak akan sebanyak pebisnis yang bermain di sektor pasar umum.
Persaingan akan lebih terukur, lebih mudah dianalisis, dan menjadikan bisnis Anda lebih mudah berkembang.
Lalu apa yang terjadi pada strategi dan aktivitas pemasaran?
Secara langsung penentuan target pasar spesifik juga akan membantu penyusunan strategi pemasaran yang lebih optimal. Karena karakter pasar yang dimiliki lebih jelas, maka langkah strategis yang akan disusun otomatis akan lebih terfokus.
Tidak hanya potensi keberhasilan aktivitas pemasaran yang meningkat tajam, hal ini juga akan membantu penjualan produk Anda. Jelas, niche market yang spesifik bukan berarti tanpa persaingan. Namun jika di dalam suatu ekosistem pasar terdapat persaingan yang lebih longgar, maka kesempatan produk untuk stand out semakin tinggi.
Secara umum aktivitas pemasaran akan lebih mudah mencapai target, dan meraih achievement yang progresif dari waktu ke waktu.
Semakin fokus aktivitas pemasaran yang dilakukan, maka semakin efisien pula budget yang diperlukan. Jika tadinya Anda harus menggunakan banyak media secara umum dalam aktivitas ini, maka kini dapat disortir kebutuhan media yang benar-benar cocok dengan target pasar Anda.
Belanja media akan berkurang jumlahnya, penyusunan strategi dan konten pemasaran semakin fokus sehingga tidak menghabiskan banyak waktu berharga serta biaya, serta pesan yang lebih straight pada pasar dengan karakter yang telah dikenali.
Memang mungkin secara masif aktivitas pemasaran Anda tidak akan dikenal masyarakat secara luas. Namun untuk target pasar yang Anda miliki, pesan ini akan benar-benar sampai dan dipahami oleh publik yang Anda tuju ini.
Jelas, dengan ekosistem atau lingkungan pasar yang lebih kecil maka produk akan lebih mudah pula untuk dikenal publiknya. Persaingan akan terjadi pada kompetitor primer saja, yakni produk yang memiliki segmen pasar serupa dan dengan jenis yang serupa pula.
Produk tidak perlu bersaing dengan produk secara umum di pasar dengan ukuran yang terlalu besar, dan dapat mengurangi visibilitasnya. Dengan menyasar pasar spesifik, maka produk Anda lebih mudah menunjukkan performa, dan lebih mudah diamati dari waktu ke waktu.
Penentuan segmen pasar ini dapat dilakukan dengan langkah pertama mencari minat Anda dalam berbisnis. Dengan menentukan bisnis apa yang akan digeluti, maka Anda akan dapat membaca pasar dengan lebih mudah. Penentuan niche market dapat dilakukan dengan langkah awal ini.
Langkah selanjutnya adalah dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan. Dengan informasi ini, maka Anda memahami apa yang memiliki potensi penjualan tinggi, bagaimana karakter produk yang diminati, serta bagaimana cara pemasaran yang efektif.
Setiap keputusans trategis harus senantiasa didasari dengan hasil riset yang valid. Lakukan riset mengenai tingkat kompetisi pada setiap segmen pasar yang potensial, dan ambil segmen pasar paling sesuai dengan kapasitas dan kemampuan Anda bersaing.
Atau langkah tes pasar. Hal ini diperlukan untuk melihat bagaimana kira-kira produk akan perform pada segmen pasar atau niche yang telah ditetapkan. Jika hasilnya memuaskan, maka produk siap bersaing. Jika hasilnya kurang baik, maka lakukan kembali riset kompetitor dan pengembangan produk yang Anda miliki.
Baca Juga: Strategi Pemasaran 4P yang Harus Diketahui Pelaku Bisnis serta Contohnya
Penyusunan strategi pemasaran dan bagaimana menentukan niche market akan jauh lebih mudah jika Anda menggunakan produk ERP yang secara khusus menangani urusan ini dan dapat membantu aktivitas pemasaran. Sales & Distribution Management dari R1 akan jadi solusinya!
Sales & Distribution Management dapat membantu menangani semua proses pemasaran dans egmentasi pasar, hingga mengkonversinya ke pendapatan penjualan. Jelas hal ini senada dengan bahasan yang dilakukan dalam artikel ini mengenai niche market. Jadi, segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan produk ERP modular terbaik dari R1 ini!