Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

cuci gudang adalah

Dapatkan 4 Manfaat Strategi Cuci Gudang dengan Tips di Sini!

Strategi pemasaran banyak sekali jenisnya, dan dapat diterapkan sesuai dengan bisnis yang Anda miliki. Tentu saja, penerapan ini harus dengan perhitungan cermat, sehingga strategi yang dipilih mampu membawa keuntungan. Cuci gudang adalah salah satu strategi yang cukup populer dalam membantu peningkatan angka penjualan sekaligus menghabiskan stok lama produk yang ada di fasilitas penyimpanan.

Apakah Anda cukup familiar dengan istilah ini?

Secara praktis, cuci gudang sendiri dapat dipahami sebagai strategi pemasaran untuk menghabiskan persediaan yang masih ada dan dimiliki perusahaan pada fasilitas penyimpanan. Dengan demikian, biaya maintenance dapat menjadi lebih efisien, sekaligus meningkatkan penjualan dalam satu waktu tertentu.

Selengkapnya terkait manfaat dan cara penerapan cuci gudang yang efektif, bisa Anda simak dalam penjelasan di poin-poin berikut ini.

Baca Juga: Ini 5 Fungsi dan Cara Meningkatkan Customer Satisfaction dengan Efektif!

4 Manfaat Melakukan Cuci Gudang untuk Bisnis

cuci gudang adalah
Sumber: freepik.com

Cuci gudang memang merupakan strategi pemasaran yang efektif. Namun manfaat yang dapat dirasakan oleh bisnis Anda tidak sekedar pada sisi pemasaran atau peningkatan penjualan saja. Strategi ini secara praktis juga dapat membantu urusan efisiensi pergudangan yang Anda miliki.

Secara umum, berikut 4 manfaat melakukan strategi cuci gudang untuk bisnis yang Anda miliki.

1. Meningkatkan Efisiensi Biaya Gudang

Menyimpan bahan baku atau produk yang sudah siap dipasarkan dalam waktu yang terlalu lama akan membuat biaya pengelolaan gudang meningkat. Belum lagi jika barang atau produk yang disimpan ini memerlukan maintenance dengan biaya tinggi, hal ini tentu akan membuat pemborosan dari sektor penyimpanan.

Dengan menerapkan strategi cuci gudang, produk yang siap dipasarkan namun sudah terlalu lama berada di gudang bisa lekas dijual. Meski memang keuntungan yang diperoleh tidak akan setinggi ketika harga normal, namun setidaknya ini menghindarkan bisnis Anda dari pemborosan biaya gudang.

Efisiensi biaya gudang dapat digunakan untuk mendukung pos lain yang lebih memerlukan alokasi dana strategis. Dengan demikian, bisnis berjalan lebih baik dari waktu ke waktu.

2. Menghabiskan Stok Produk yang Dimiliki

Setiap produk memiliki masa penyimpanan ideal tertentu, serta masa pakai yang diberikan senilai dengan harga yang harus dibayar. Seiring berjalannya waktu nilai produk akan mengalami penurunan karena terus disimpan di dalam gudang.

Lagipula ruang yang digunakan untuk media penyimpanan akan cukup besar jika produk terus menerus bertumpuk dan tidak bergerak. Dengan cuci gudang ini, Anda bisa menghabiskan stok produk lama yang ada di gudang, dan menggantinya dengan produk terbaru.

Produk yang lebih baru otomatis akan memiliki usia yang lebih panjang, sehingga dapat kembali disimpan untuk kemudian dijual dalam tenggat waktu yang telah ditentukan.

3. Sarana Promosi dan Perluasan Pasar Produk

Strategi cuci gudang adalah salah satu strategi promosi yang efektif sekaligus upaya perluasan pasar dari produk yang Anda miliki.

Mengapa demikian?

Menjadi strategi promosi yang efektif sebab barang akan ditawarkan dengan harga yang relatif lebih rendah dari harga normal, pada pasar yang telah mengenal barang dengan baik. Hal ini dapat mendorong munculnya urgensi pembelian, karena pasar merasa diuntungkan untuk membeli produk di bawah harga yang diberikan sebelumnya.

Menjadi upaya perluasan pasar dari produk karena dengan memberikan harga lebih rendah dari harga normal, potensi pasar yang dimiliki akan semakin luas. Minat mencoba dari pasar yang sebelumnya terhalang oleh harga produk yang tidak sesuai bisa dihilangkan, sebab dengan harga yang lebih terjangkau seseorang bisa memperoleh produk dengan nilai fungsi yang cenderung sama.

4. Boosting Angka Penjualan

Tak pelak penerapan strategi ini dapat membantu Anda meningkatkan angka penjualan dalam waktu singkat. Sekali lagi, dengan catatan keuntungan yang didapatkan tidak seluruhnya berupa uang tunai atau angka penjualan dalam rupiah, namun juga bisa berarti efisiensi biaya gudang dan semua yang disebutkan di atas tadi.

Strategi ini sangat efektif jika dikelola dan direncanakan dengan baik. Untuk itu Anda wajib paham tips jitu penerapan strateginya di bawah ini.

Tips Jitu Penerapan Strategi Cuci Gudang agar Sukses

cuci gudang adalah
Sumber: freepik.com
  • Pastikan stok produk lama benar-benar keluar, penerapan strategi ini hanya bisa dilakukan secara ideal dan memperoleh semua manfaatnya jika stok produk lama benar-benar seluruhnya keluar dan terjual dalam jumlah yang besar, bahkan hingga habis.
  • Lakukan promosi, pasar memahami bahwa kode ‘cuci gudang’ dalam aktivitas marketing berarti harga yang lebih ekonomis dan jumlah yang cenderung terbatas pada penawaran yang diberikan. Pastikan bungkus kedua asumsi ini dengan cantik, sehingga tampak makin seksi untuk pasar produk Anda.
  • Psikologi harga produk, harga produk yang menggoda akan sangat efektif untuk menarik minat pasar yang Anda miliki. Sesederhana mencantumkan banyak angka 9, atau potongan harga dengan angka yang masif, dan berbagai trik lainnya.
  • Menjadikan produk stok sebagai hadiah atau bundle, tips ini juga cukup efektif untuk digunakan karena bisa memberikan kesan pembelian yang menguntungkan dengan menambah sedikit harga dari produk yang dijual.

Baca Juga: Memahami Lebih Jauh Mengenai Sistem Pre Order dan 6 Kelebihannya 

Pada dasarnya, strategi cuci gudang adalah strategi yang sederhana namun sangat efektif bila menemukan momentum dan perencanaan yang tepat. Jelas, semua penyusunan dan perhitungannya dapat dibantu dengan produk ERP modular dari R1, yakni Sales & Distribution Management.

Sales & Distribution Management dari R1, Solusi Pemasaran yang Optimal

Produk Sales & Distribution Management dapat membantu Anda menangani semua proses pemasaran dan segmentasi pasar hingga mengkonversinya ke pendapatan penjualan. Dengan dua fitur utama, yakni Sales Management dan Distribution Management, semua kegiatan sales dapat dioptimalkan hingga ke titik tertinggi, sehingga membawa keuntungan bagi bisnis Anda. R1 paham benar bahwa cuci gudang adalah salah satu strategi yang dianggap efektif, sehingga akan dengan mudah dilaksanakan dengan dua fitur tersebut. Segera gunakan R1 sekarang, dan maksimalkan semua produk yang ditawarkannya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo