Alamat
Grha RUN System
Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233
Representative Office
Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190
Kegiatan perusahaan yang rutin dilakukan selain proses produksi adalah proses penjualan. Dalam istilah asing, hal ini disebut dengan sales. Sales adalah salah satu hal yang tidak mungkin dipisahkan dari berjalannya sebuah bisnis, karena tanpanya perusahaan tidak akan mendapatkan penghasilan.
Namun apakah pembahasan tentang sales cukup sampai pada pengertiannya secara umum saja?
Tentu tidak.
Tanpa pemahaman pada konsep sales yang mendalam, aktivitas penjualan dan pemasaran tidak akan dapat dijalankan dengan baik, dan berujung pada kegagalan perusahaan mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, idealnya setiap pebisnis memahami benar apa itu sales,
Baca Juga: Kupas Tuntas Tentang Manajemen Logistik dan Tips Suksesnya
Sales adalah bagian dari perusahaan, baik dalam perusahaan berskala besar atau berskala kecil, yang memiliki tugas untuk melakukan penjualan. Tidak hanya itu, bagian ini juga melakukan kegiatan lain yang berkaitan dengan penjualan, seperti urusan display produk, penawaran, dan eksekusi rencana yang telah disusun bagian pemasaran.
Dalam konteks bisnis, sales adalah ujung tombak yang dimiliki perusahaan dalam menjual produk yang dimiliki. Terdiri dari tim yang beranggotakan beberapa orang, setiap anggota ini akan memiliki target penjualan periodik yang harus dipenuhi agar perusahaan mendapatkan keuntungan.
Jelas, penerapan strategi penjualan yang efektif menjadi kunci dari suksesnya kegiatan yang dilakukan oleh salesman. Maka dari itu, mulai dari perencanaan strategi hingga sempurnanya eksekusi wajib menjadi fokus setiap staf yang bertugas di bidang.
Secara mendasar terdapat setidaknya 4 fungsi sales untuk perusahaan. Setiap fungsi ini kemudian wajib dilaksanakan dengan maksimal, sehingga target yang dimiliki dapat tercapai dan membawa keuntungan untuk perusahaan.
Tidak hanya itu, ketika target tercapai atau bahkan melebihi yang sudah ditetapkan, sales person juga akan mendapatkan sejumlah komisi. Artinya semakin banyak produk yang berhasil di jual, keuntungan juga semakin besar untuk setiap staf ini.
Seperti disebutkan dalam bagian sebelumnya, sales merupakan bagian atau orang yang bertugas menjual produk dan menawarkannya pada calon pelanggan. Penawaran ini dibuat semenarik mungkin, sehingga pelanggan dapat terpikat dan melakukan pembelian.
Pada prakteknya di industri modern saat ini, kanal penjualan benar-benar beragam, dan masing-masing akan membutuhkan kemampuan spesifik dalam penawaran produk menyesuaikan dengan ekosistemnya.
Bagian sales juga menjalankan fungsi untuk mengarahkan sasaran penjualan. Sasaran mana yang akan diincar, siapa calon pelanggan yang masuk dalam kriteria pasar dari produk, dan produk jenis apa yang akan ditawarkan.
Hal ini memerlukan pemahaman pada produk yang mendalam, sehingga dapat melakukan analisa singkat untuk menentukan penawaran apa yang akan dikeluarkan pada calon pelanggan.
Ketika melakukan penawaran pada calon pelanggan, seorang sales juga harus dapat membujuk dan meyakinkan pelanggan bahwa produk yang ditawarkan benar-benar dapat menyelesaikan masalah yang dimiliki pelanggan.
Terlebih ketika tampak ada keraguan pada pelanggan yang berhasil terbaca, sales person harus bisa memanfaatkan keraguan ini untuk berupaya mengubahnya menjadi penjualan. Ini mengapa kemampuan komunikasi yang baik wajib dimiliki sales person.
Setiap calon pelanggan yang datang dan melihat produk, pasti memiliki kebutuhan yang mendorongnya melakukan aksi tersebut. Petugas sales berfungsi untuk membantu pelanggan memenuhi kebutuhannya, dengan produk yang dimiliki perusahaan.
Dengan begini perusahaan dapat menjadi pihak yang solutif dan diandalkan oleh pelanggannya.
Karena secara langsung akan bertemu dengan pelanggan, maka sales person juga wajib menjaga citra baik milik perusahaan. Nilai utama yang dimiliki harus tampak, sehingga calon pelanggan dan pasar dapat mengenali produk milik perusahaan Anda dengan mudah di kemudian hari.
Dalam dunia sales sendiri terdapat beberapa jenis sales yang berbeda.
Selain hal mendasar seperti peningkatan kualitas produk secara umum dan rumusan strategi pemasaran yang jitu, aktivitas praktis yang dapat meningkatkan sales adalah sebagai berikut.
Baca Juga: Memahami Seluk Beluk Permintaan dan Penawaran dalam Dunia Bisnis
Sales adalah kegiatan ini dari penjualan produk pada pelanggan atau pasar, maka wajib dilakukan dengan cermat. Perencanaan, riset mendalam, strategi yang disusun, dan eksekusi sempurna, wajib didukung dengan dedikasi yang tinggi dan software ERP terbaik di bidang sales.
R1 memahami bahwa perihal sales adalah poin besar dalam aktivitas pemasaran dan penjualan produk milik perusahaan. Maka Sales & Distribution Management menjadi modul yang ditawarkan oleh R1 untuk memberikan solusi atas kebutuhan perencanaan, riset, penyusunan strategi, hingga pemantauan eksekusi sales. Anda bisa menggunakannya secara terpisah dari modul ERP lain yang ditawarkan R1 jika ingin fokus pada bidang ini. Efisiensi investasi, kelengkapan fitur modul, dan praktis dalam penggunaannya, R1 selalu hadir sebagai partner terbaik perusahaan dan bisnis Anda!