Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

customer satisfaction adalah

Ini 5 Fungsi dan Cara Meningkatkan Customer Satisfaction dengan Efektif!

Salah satu faktor yang dapat menjadi tolak ukur performa produk di pasaran adalah kepuasan pelanggan, atau biasa dikenal dengan istilah customer satisfaction. Secara praktis, customer satisfaction dapat dipahami sebagai sejauh mana pelanggan merasa puas setelah menggunakan produk atau layanan yang Anda sediakan.

Tapi bukankah memberikan rasa puas pada pelanggan bukan hal yang sulit?

Jika Anda masih beranggapan seperti ini, Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai. Di dalamnya kemudian akan dijelaskan mengenai pengertian, fungsi, dan cara meningkatkan customer satisfaction. Dengan memahami ketiganya, Anda akan mengerti mengapa peningkatan kepuasan pelanggan bukan hal yang sederhana, dan memerlukan banyak variabel pertimbangan dalam usahanya.

Baca Juga: Mengenal Sales Funnel dan Penerapannya dalam Bisnis Anda

Bagian Pertama, Pengertian Customer Satisfaction

customer satisfaction adalah
Sumber: freepik.com

Customer satisfaction adalah ukuran atau tingkat kepuasan pelanggan setelah menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis yang Anda miliki. Kepuasan ini sendiri mencakup seluruh proses, mulai dari proses awal pengenalan produk, ekspektasi yang muncul transaksi yang dilakukan, layanan yang diberikan selama transaksi, nilai dari produk, hingga pelayanan pasca transaksi.

Pelanggan yang merasa puas secara otomatis akan merasa senang dan memiliki potensi besar melakukan pembelian berulang. Di sisi lain, pelanggan yang merasa puas juga bisa saja merekomendasikan produk pada orang lain, dan menjadi pelanggan yang loyal.

Tak heran bukan jika kepuasan pelanggan menjadi salah satu tolak ukur yang ingin dicapai banyak sekali pengusaha yang memiliki produk dan layanan saat ini?

Tapi Apa Fungsinya?

customer satisfaction adalah
Sumber: freepik.com

Lalu apa fungsi dari customer satisfaction itu sendiri dalam bisnis dan proses pemasaran?

1. Memetakan Performa Produk

Mengukur customer satisfaction adalah salah satu cara memetakan performa produk atau layanan di pasar, dalam persaingannya dengan produk lain. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan yang didapatkan, maka semakin baik pula performa dari produk yang Anda miliki.

2. Mengetahui Tanggapan Customer

Secara langsung mengetahui tanggapan customer pada produk yang disediakan akan membantu proses pengembangan produk dan evaluasi yang diperlukan. Dengan begini, perusahaan akan mengetahui ekspektasi apa yang dimiliki pelanggan yang telah mencoba produknya.

3. Menyusun Strategi Pemasaran Lebih Baik

Berbekal informasi yang telah didapatkan melalui survey dan berbagai metode pengumpulan data lainnya, perusahaan akan memiliki bahan untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih baik. Strategi ini dapat diolah sedemikian rupa untuk turut membentuk ekspektasi pelanggan pada produk, dan citra produk secara langsung.

4. Prediksi Penjualan di Masa Mendatang

Hasil dari pengukuran kepuasan pelanggan juga dapat membantu prediksi atau forecast penjualan di masa yang akan datang. Jelas, prediksi ini memerlukan banyak sekali data selain customer satisfaction. Namun data ini juga turut memiliki fungsi tersebut.

5. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Baik dari sisi komersial maupun dari sisi citra, customer satisfaction dapat menjadi tolak ukur keuntungan perusahaan yang cukup relevan. Idealnya ketika pelanggan merasa puas, pembelian berulang akan terjadi, citra perusahaan akan menjadi baik, dan demikian seterusnya.

Kini Anda Paham Pentingnya Customer Satisfaction, Berikut 5 Cara Meningkatkannya

customer satisfaction adalah
Sumber: freepik.com

Sederet cara dapat Anda lakukan untuk meningkatkan customer satisfaction dari produk atau layanan yang Anda miliki. Selengkapnya dalam penjelasan singkat di poin berikut ini.

1. Jelas, Tingkatkan Kualitas

Dasar dari setiap pelanggan yang puas adalah produk yang berkualitas. Dengan kualitas produk dan layanan yang maksimal, maka ekspektasi pelanggan dapat dipenuhi dan pelanggan otomatis merasa puas. Awali semua dengan peningkatan kualitas produk hingga unggul secara nilai di pasar.

2. Harga yang Bersaing dengan Kompetitor

Tidak dapat dipungkiri bahwa di mana saja lokasi Anda menjual produk, harga akan menjadi perhatian utama. Dengan harga yang tinggi, ekspektasi pelanggan akan turut meningkat, dengan harga yang rendah, mungkin saja pelanggan justru akan pesimis. Harga tinggi dan rendah ini konteksnya adalah untuk produk Anda, dibandingkan dengan produk kompetitor.

Lakukan riset harga dengan baik di pasar, dan bandingkan nilai yang ditawarkan. Anda bisa merumuskan harga produk atau layanan dengan cermat, sehingga meski harganya mungkin tinggi dibandingkan produk kompetitor, namun nilai yang ditawarkan benar-benar dapat memuaskan pelanggan.

3. Promo dan Benefit Pendukung

Kepuasan adalah hal abstrak yang dapat dicapai ketika ekspektasi bertemu dengan nilai yang sesuai. Untuk membantu pelanggan mencapai kepuasan yang dituju, maka Anda bisa menyertakan promo dan benefit pendukung dalam penjualan dan pemasaran produk Anda.

Hal-hal tambahan ini dapat direncanakan dengan baik, sehingga pengalaman yang didapatkan oleh pelanggan dapat ditingkatkan secara signifikan.

4. Jaminan Garansi

Memberikan jaminan garansi adalah salah satu cara memberikan kepuasan pada pelanggan. Customer satisfaction adalah hal yang bersifat personal untuk pelanggan, namun dapat dipengaruhi oleh banyak faktor.

Memberikan garansi dapat menjadi gestur positif bahwa Anda yakin produk dapat memberikan kepuasan. Pelanggan, sadar atau tidak, juga akan memiliki kepercayaan lebih baik pada produk dengan garansi tertentu yang diberikan sesuai perhitungan.

5. Pahami Ekspektasi Pelanggan

Mengerti bagaimana ekspektasi pelanggan pada produk akan jadi hal yang sangat berguna dalam pengembangan produk. Dengan demikian, produk dapat dikembangkan ke arah yang diinginkan oleh pelanggan, sehingga kepuasan lebih mudah tercapai.

Baca Juga:  Mengenal 5 Jenis Strategi Penetapan Harga dan Variabel Pertimbangannya

Customer satisfaction adalah hal yang cukup krusial dalam dunia pemasaran. Dengan mencapai kepuasan ini, perusahaan dapat memiliki pelanggan loyal dan peningkatan pendapatan dari waktu ke waktu, selama kepuasan yang diberikan bersifat jangka panjang. Jelas, perencanaan strateginya harus dilakukan dengan cermat, dan akan lebih optimal dengan bantuan modul Sales & Distribution Management dari R1.

Solusi Pemasaran Terpadu untuk Bisnis Anda

R1 menyediakan modul Sales & Distribution Management yang dapat membantu pengelolaan seluruh aktivitas pemasaran yang Anda lakukan. R1 paham benar bahwa customer satisfaction yang menjadi incaran banyak bisnis sekarang ini memerlukan persiapan matang, eksekusi sempurna, dan evaluasi yang cermat. Dengan modul ini, R1 siap membantu Anda terus berkembang dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran yang efektif!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo