Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

Rumus break even point harus diterapkan dengan tepat sehingga dapat memberikan output paling berguna untuk bisnis Anda. Simak penjelasan 3 jenisnya di sini!

Memahami 3 Rumus Break Even Point pada Bisnis Anda

Dalam pengembangan produk selalu diharapkan adanya keuntungan dalam jumlah besar. Namun di periode awal peluncurannya, sasaran utama yang dituju minimal adalah break even point. Jelas, untuk mengetahui angka ini Anda wajib memahami rumus break even point secara tepat.

Break even point sendiri dapat dipahami sebagai sebuah titik keseimbangan ketika laba yang diperoleh setara dengan biaya yang dihabiskan dalam proses produksi. Artinya, peroleh penjualan yang didapat bisa menutup biaya produksi, namun tidak mencapai keuntungan atau surplus dalam perhitungan yang dilakukan.

Lalu setelah mengetahui definisi dari hal ini sendiri, kemudian Anda wajib memahami fungsinya sehingga menyadari, betapa penting perhitungan dari break even point yang dilakukan.

Baca Juga: 3 Fungsi Opportunity Cost, Cara Menghitung, dan Contohnya

Fungsi Dasar dalam Perhitungan Break Even Point

rumus break even point
Sumber: freepik.com

Ada beberapa fungsi dasar perhitungan break even point dalam bisnis yang dijalankan. Fungsi ini terkait pada perhitungan produksi serta perhitungan harga produk ketika nantinya di jual di pasar. Secara singkat berikut beberapa fungsi yang idealnya dijalankan dengan perhitungan ini.

  • Pertama, membantu perusahaan untuk menentukan volume kapasitas produksi yang tersisa.
  • Kedua, menentukan efisiensi kerja yang bisa dilakukan dari nilai break even point.
  • Membantu Anda sebagai pengusaha untuk mengetahui perubahan nilai laba yang terjadi, terutama saat terjadi perubahan harga pokok dari produk.
  • Mengetahui perubahan laba, sehingga perusahaan dapat menentukan dan memperkirakan kerugian yang akan terjadi.
  • Membantu perusahaan menentukan harga pokok penjualan produk yang baru saja diluncurkan.
  • Membantu perusahaan menentukan margin yang diberikan pada harga pokok tersebut.

Kemudian Pahami Tujuan dan Manfaat dari Mengetahui Break Even Point di Sini

rumus break even point
Sumber: freepik.com

Jika dirinci akan ada setidaknya sembilan tujuan dan manfaat yang bisa diperoleh dari penghitungan break even point ini.

Tujuan

  • Membantu perusahaan memberi pemahaman ketika harga produk berubah, maka nilai keuntungan juga akan berubah.
  • Memberikan informasi mengenai terjadinya kerugian, sehingga perusahaan dapat melakukan langkah antisipasi.
  • Membantu perusahaan bekerja lebih efisien dan efektif, seperti peralihan dari tenaga manusia ke tenaga mesin, yang akan berdampak pada perubahan biaya variabel.
  • Mengetahui sisa kapasitas produksi setelah tercapainya break even point.
  • Mengetahui prediksi keuntungan dalam bisnis.

Manfaat

  • Menjadi pedoman dasar dalam menentukan margin yang diinginkan.
  • Anda akan semakin jeli, cermat, dan detail, dalam menjalankan bisnisnya dan terus melakukan inovasi agar bisa terus berkembang.
  • Menjadi pedoman bagi perusahaan atau pebisnis untuk memberi nilai investasi secara tepat dan memberikan keseimbangan biaya produksi.
  • Menjadi bahan analisis perusahaan di dalam transaksi, nilai jual saham, dan perencanaan keuangan.

Cukup banyak bukan tujuan dan manfaat yang akan diberikan dari perhitungan break even point ini? Maka dari itu, penggunaan rumus break even point yang tepat wajib dilakukan, agar hasil hitungan yang dihasilkan benar-benar akurat dan menjadi dasar yang solid dalam pengambilan keputusan.

Bagian Inti, 3 Rumus Break Even Point yang Bisa Anda Gunakan

rumus break even point
Sumber: freepik.com

Masuk pada pembahasan inti dari artikel ini, yakni rumus break even point. Secara umum, menghitung nilainya dapat dilakukan dengan menerapkan tiga rumus yang akan dijelaskan di bawah ini. Mulai dari rumus BEP NIlai Penjualan, rumus BEP Unit, dan rumus BEP Mata Uang.

Secara lebih detail berikut penjelasan rumusnya.

1. Rumus Break Even Point Nilai Penjualan

Cara pertama dihitung dengan mengacu pada hasil dari nilai penjualan. Rumus yang digunakan adalah:

BEP = Biaya Tetap / (1- (Biaya Variabel))

2. Rumus Break Even Point Unit

Rumus kedua ini akan dihasilkan dari pembagian biaya tetap dengan margin kontribusi pada setiap unit. Nilai margin yang ada diperoleh dari selisih harga jual dengan biaya variabel per unit produk. Cara lain adalah nilai margin dapat diperoleh dari hasil pembagian jumlah penjualan dengan biaya variabel. Rumusnya adalah :

BEP Unit = Biaya Tetap / (Harga UNit – Biaya Variabel Unit)

3. Rumus Break Even Point Mata Uang

Rumus ketiga adalah berfungsi untuk mengetahui nilai break even point berdasarkan mata uang yang digunakan. Caranya cukup sederhana, dengan membagi biaya tetap dengan hasil pembagian kontribusi margin unit dengan harga unitnya. Rumusnya adalah sebagai berikut:

BEP Mata Uang = Biaya Tetap / (Kontribusi Margin Unit / Harga Unit)

Baca Juga: Memahami Lebih Dalam Seputar Variable Cost dalam Bisnis 

Ketiga rumus break even point di atas dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana nilai BEP dari perusahaan dan produk yang Anda miliki, dengan acuan beberapa faktor. Idealnya dengan begini Anda dapat mulai menghitung nilai BEP, sehingga hasilnya dapat segera dimanfaatkan untuk kebutuhan analisis strategis.

R1 Menghadirkan Produk Financial Management untuk Membantu Anda!

Financial Management dari R1 dapat membantu Anda mengelola manajemen finansial perusahan di setiap proses bisnis, sehingga hasil yang diharapkan bisa diperoleh dalam waktu yang cepat, tanpa kehilangan akurasi perhitungannya.

R1 paham benar bahwa menerapkan rumus break even point merupakan hal yang wajib dalam penghitungan BEP, sehingga diperoleh hasil yang benar. Dengan demikian, analisis perusahaan dapat dilakukan dengan lebih komprehensif, dan menghasilkan strategi yang lebih baik untuk keuntungan perusahaan. Segera gunakan produk terbaik dari R1, dan kembangkan bisnis Anda bersama kami!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo