Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

market share adalah

5 Tips Jitu Meningkatkan Market Share Bisnis, Simak di Sini!

Keberadaan kompetitor dalam sebuah industri dan bisnis menjadi sebuah keniscayaan, yang sebenarnya memiliki banyak efek positif. Meski demikian, persaingan ini harus terus diupayakan agar dapat dimenangkan, sehingga bisnis Anda memiliki pengaruh lebih besar dari kompetitor yang ada. Market share adalah istilah yang tepat untuk menyebut mengenai presentasi total penjualan dan ‘penguasaan pasar’ dibandingkan dengan kompetitor yang ada.

Namun apakah memperoleh market share menjadi satu hal yang mudah?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, jelas tidak. Market share adalah hal yang selalu diperjuangkan oleh setiap bisnis yang ada, karena dapat menjadi indikator sebesar apa produk dapat memperoleh porsi dalam industri tempatnya berkecimpung.

Maka untuk membahas lebih jauh mengenai hal ini, mari kita bedah mulai dari jenis, manfaat, cara mengukur, hingga tips meningkatkan market share bisnis yang dimiliki.

Baca Juga: Pebisnis Wajib Paham! Bidang Sales dan Seluruh Serba-serbinya!

Jenis-Jenis Market Share dalam Bisnis

market share adalah
Sumber: freepik.com

Market share adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan persentase total penjualan suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu. Jumlah ini kemudian dibandingkan dengan capaian yang ditorehkan oleh kompetitor.

Jelas, terdapat beberapa jenis market share yang bisa digunakan dalam urusan tersebut. Mulai dari common market share, kemudian preferred market share, dan yang terakhir mutual fund share. Penjelasan masing-masing jenis tersebut adalah sebagai berikut.

Common Market Share

Jenis ini terbilang sebagai penggolongan paling umum, karena seluruh bisnis dalam industri yang sama akan bersaing guna memperebutkan porsinya masing-masing. Persaingannya cenderung ketat, karena kompetitor yang dihadapi sangat banyak. Strategi yang jitu harus dimiliki agar dapat memperoleh persentase meyakinkan dalam jenis pangsa pasar ini.

Preferred Market Share

Jenis kedua merupakan pangsa pasar yang diperoleh perusahaan karena melakukan merger atau akuisisi pasar. Misalnya dua perusahaan memiliki segmen yang sama, dan memutuskan merger, maka secara otomatis share dari pasar mereka akan disatukan dan tercatat lebih besar.

Mutual Fund Share

Jenis ketiga adalah pembagian pangsa pasar berdasarkan saham yang dimiliki oleh investor. Angka in diperoleh dari kepemilikan saham yang ada pada investor, pada segmen industri umum yang ada di sebuah negara.

Memahami 3 Manfaat Informasi Market Share

market share adalah
Sumber: freepik.com

Jelas angka yang diperoleh dengan banyak usaha ini memiliki manfaat yang masif untuk bisnis Anda secara umum.

1. Pertama, Mengetahui Posisi Bisnis di Industri

Dengan mengetahui berapa besar market share yang dimiliki perusahaan saat ini, maka Anda dapat mengetahui bagaimana posisi perusahaan pada industri yang Anda geluti. Anda juga bisa dengan mudah melihat bagaimana kondisi kompetitor yang Anda miliki, dan seberapa besar gap yang ada.

Semakin besar nilai pangsa pasar yang dimiliki, maka semakin tinggi pula posisi bisnis dalam persaingan. Dengan melihat ‘peringkat’ bisnis di dalam industri yang ada, Anda dapat mengetahui sejauh mana efektivitas kegiatan pemasaran dan apa yang harus ditingkatkan dari bisnis Anda.

2. Bahan Evaluasi untuk Mengejar Ketertinggalan

Bersangkutan dengan poin pertama tadi, Anda juga akan melihat sejauh mana efektivitas aktivitas pemasaran yang dilakukan dan apa kira-kira yang membuat Anda memiliki gap dengan bisnis yang berada di posisi lebih tinggi.

Bahan evaluasi ini sangat baik untuk dibahas guna meningkatkan performa bisnis yang Anda miliki. Setidaknya, akan muncul lecutan bagi setiap elemen di dalam bisnis untuk dapat memberikan effort lebih guna mencapai target tertentu.

Bisnis Anda juga akan mendapat gambaran apa yang harus dilakukan guna terus bersaing dan memenangkan persaingan di dalam industri yang semakin ketat. Inovasi dapat dihasilkan dengan terukur, cermat, dan akurat.

3. Sejauh Mana Keberhasilan Bisnis Anda?

Pemahaman pada market share adalah salah satu cara efektif melihat sejauh mana bisnis Anda telah berkembang, dan menuju ke arah target yang dimiliki. Apakah target market share yang ditetapkan telah tercapai? Apa mungkin tercapai? Apakah tidak mungkin? Atau justru telah melampaui target yang diinginkan?

Setiap jawaban atas pertanyaan tersebut akan menjadi bahan pengembangan di periode berikutnya, dan melakukan efisiensi pada langkah strategis yang diambil perusahaan pada waktu sekarang.

Tapi Bagaimana Cara Mengukurnya?

market share adalah
Sumber: freepik.com

Meski terdengar masif dan sangat penting, sebenarnya cara mengukur market share adalah hal yang cukup sederhana. Yang diperlukan adalah data mengenai pendapatan perusahaan serta data mengenai pendapatan total industri.

Jika Anda ingin membandingkannya dengan kompetitor, maka data mengenai pendapatan kompetitor ini juga perlu diketahui.

Untuk rumus sederhananya, adalah sebagai berikut:

Market Share = (Pendapatan Perusahaan / Pendapatan Total Industri) x 100%

Nantinya angka yang Anda dapatkan akan mencerminkan sebesar apa market share yang dimiliki.

Sekilas Tips Meningkatkan Market Share, Adaptasi dan Optimalkan!

market share adalah
Sumber: freepik.com

Di penghujung artikel singkat ini, akan disajikan beberapa tips meningkatkan market share secara umum. Jelas, Anda perlu melakukan adaptasi dan penyesuaian, agar tips ini efektif saat diterapkan untuk bisnis Anda. Namun secara garis besar, berikut tips yang bisa Anda gunakan.

  • Selalu bidik kompetitor dengan market share lebih tinggi atau terbesar. Dengan melakukan ini, Anda akan memiliki acuan yang berada di atas, dan mengetahui bagaimana cara bermain para pemain top di industri yang Anda geluti.
  • Strategi harga, padukan setiap teknik yang memungkinkan. Mulai dari efisiensi sistem produksi, peningkatan nilai produk, promo, potongan harga, paket bundling, dan setiap strategi harga, bisa jadi opsi menarik untuk meningkatkan penjualan.
  • Produk yang beragam. Hal ini bisa membantu meningkatkan brand awareness karena akan semakin besar cakupan pasar yang terjangkau oleh produk Anda. Dengan produk yang berbeda-beda, maka masyarakat juga akan memiliki opsi yang lebih baik di setiap segmen produknya, yang pada kenyataannya, produk-produk tersebut berasal dari bisnis Anda.
  • Pelanggan loyal dan brand awareness tinggi. Terkadang pelaku bisnis hanya fokus pada perluasan pasar, dan justru mengabaikan pelanggan loyal. Pelanggan yang loyal akan memberikan pemasukan yang besar ketika dikelola dengan baik. Lakukan dua hal ini secara bersamaan, dengan program loyalitas pelanggan serta aktivitas pemasaran yang efektif untuk meningkatkan awareness.
  • Gunakan software yang dapat membantu perencanaan dan eksekusi program pemasaran Anda, seperti yang disediakan oleh R1.

Baca Juga: 6 Teknik Promosi Paling Jitu untuk Pengembangan Bisnis dan Profit Anda 

Optimalkan Pemasaran dan Penjualan dengan Sales & Distribution Management

Membantu Anda dalam menangani semua proses pemasaran dan segmentasi pasar, hingga mengkonversinya ke pendapatan penjualan, Sales & Distribution Management jelas merupakan produk ERP yang bisa menunjang upaya peningkatan market share bisnis Anda. R1 paham benar bahwa market share adalah target yang harus dicapai oleh bisnis dari waktu ke waktu, untuk menunjukkan perkembangan yang signifikan. Maka segera gunakan produk ini, dan maksimalkan pertumbuhan bisnis Anda!

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *