Alamat
Grha RUN System
Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233
Representative Office
Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190
Keberadaan kompetitor dalam sebuah industri dan bisnis menjadi sebuah keniscayaan, yang sebenarnya memiliki banyak efek positif. Meski demikian, persaingan ini harus terus diupayakan agar dapat dimenangkan, sehingga bisnis Anda memiliki pengaruh lebih besar dari kompetitor yang ada. Market share adalah istilah yang tepat untuk menyebut mengenai presentasi total penjualan dan ‘penguasaan pasar’ dibandingkan dengan kompetitor yang ada.
Namun apakah memperoleh market share menjadi satu hal yang mudah?
Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, jelas tidak. Market share adalah hal yang selalu diperjuangkan oleh setiap bisnis yang ada, karena dapat menjadi indikator sebesar apa produk dapat memperoleh porsi dalam industri tempatnya berkecimpung.
Maka untuk membahas lebih jauh mengenai hal ini, mari kita bedah mulai dari jenis, manfaat, cara mengukur, hingga tips meningkatkan market share bisnis yang dimiliki.
Baca Juga: Pebisnis Wajib Paham! Bidang Sales dan Seluruh Serba-serbinya!
Market share adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan persentase total penjualan suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu. Jumlah ini kemudian dibandingkan dengan capaian yang ditorehkan oleh kompetitor.
Jelas, terdapat beberapa jenis market share yang bisa digunakan dalam urusan tersebut. Mulai dari common market share, kemudian preferred market share, dan yang terakhir mutual fund share. Penjelasan masing-masing jenis tersebut adalah sebagai berikut.
Jenis ini terbilang sebagai penggolongan paling umum, karena seluruh bisnis dalam industri yang sama akan bersaing guna memperebutkan porsinya masing-masing. Persaingannya cenderung ketat, karena kompetitor yang dihadapi sangat banyak. Strategi yang jitu harus dimiliki agar dapat memperoleh persentase meyakinkan dalam jenis pangsa pasar ini.
Jenis kedua merupakan pangsa pasar yang diperoleh perusahaan karena melakukan merger atau akuisisi pasar. Misalnya dua perusahaan memiliki segmen yang sama, dan memutuskan merger, maka secara otomatis share dari pasar mereka akan disatukan dan tercatat lebih besar.
Jenis ketiga adalah pembagian pangsa pasar berdasarkan saham yang dimiliki oleh investor. Angka in diperoleh dari kepemilikan saham yang ada pada investor, pada segmen industri umum yang ada di sebuah negara.
Jelas angka yang diperoleh dengan banyak usaha ini memiliki manfaat yang masif untuk bisnis Anda secara umum.
Dengan mengetahui berapa besar market share yang dimiliki perusahaan saat ini, maka Anda dapat mengetahui bagaimana posisi perusahaan pada industri yang Anda geluti. Anda juga bisa dengan mudah melihat bagaimana kondisi kompetitor yang Anda miliki, dan seberapa besar gap yang ada.
Semakin besar nilai pangsa pasar yang dimiliki, maka semakin tinggi pula posisi bisnis dalam persaingan. Dengan melihat ‘peringkat’ bisnis di dalam industri yang ada, Anda dapat mengetahui sejauh mana efektivitas kegiatan pemasaran dan apa yang harus ditingkatkan dari bisnis Anda.
Bersangkutan dengan poin pertama tadi, Anda juga akan melihat sejauh mana efektivitas aktivitas pemasaran yang dilakukan dan apa kira-kira yang membuat Anda memiliki gap dengan bisnis yang berada di posisi lebih tinggi.
Bahan evaluasi ini sangat baik untuk dibahas guna meningkatkan performa bisnis yang Anda miliki. Setidaknya, akan muncul lecutan bagi setiap elemen di dalam bisnis untuk dapat memberikan effort lebih guna mencapai target tertentu.
Bisnis Anda juga akan mendapat gambaran apa yang harus dilakukan guna terus bersaing dan memenangkan persaingan di dalam industri yang semakin ketat. Inovasi dapat dihasilkan dengan terukur, cermat, dan akurat.
Pemahaman pada market share adalah salah satu cara efektif melihat sejauh mana bisnis Anda telah berkembang, dan menuju ke arah target yang dimiliki. Apakah target market share yang ditetapkan telah tercapai? Apa mungkin tercapai? Apakah tidak mungkin? Atau justru telah melampaui target yang diinginkan?
Setiap jawaban atas pertanyaan tersebut akan menjadi bahan pengembangan di periode berikutnya, dan melakukan efisiensi pada langkah strategis yang diambil perusahaan pada waktu sekarang.
Meski terdengar masif dan sangat penting, sebenarnya cara mengukur market share adalah hal yang cukup sederhana. Yang diperlukan adalah data mengenai pendapatan perusahaan serta data mengenai pendapatan total industri.
Jika Anda ingin membandingkannya dengan kompetitor, maka data mengenai pendapatan kompetitor ini juga perlu diketahui.
Untuk rumus sederhananya, adalah sebagai berikut:
Market Share = (Pendapatan Perusahaan / Pendapatan Total Industri) x 100%
Nantinya angka yang Anda dapatkan akan mencerminkan sebesar apa market share yang dimiliki.
Di penghujung artikel singkat ini, akan disajikan beberapa tips meningkatkan market share secara umum. Jelas, Anda perlu melakukan adaptasi dan penyesuaian, agar tips ini efektif saat diterapkan untuk bisnis Anda. Namun secara garis besar, berikut tips yang bisa Anda gunakan.
Baca Juga: 6 Teknik Promosi Paling Jitu untuk Pengembangan Bisnis dan Profit Anda
Membantu Anda dalam menangani semua proses pemasaran dan segmentasi pasar, hingga mengkonversinya ke pendapatan penjualan, Sales & Distribution Management jelas merupakan produk ERP yang bisa menunjang upaya peningkatan market share bisnis Anda. R1 paham benar bahwa market share adalah target yang harus dicapai oleh bisnis dari waktu ke waktu, untuk menunjukkan perkembangan yang signifikan. Maka segera gunakan produk ini, dan maksimalkan pertumbuhan bisnis Anda!
Artikel yang sangat menarik, sangat berguna bagi para pelaku bisnis untuk menentukan rencana perusahaan kedepannya.