Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

goodwill adalah

Pahami Semua Tentang Goodwill dan Cara Menghitungnya

Goodwill adalah aset tidak berwujud dalam neraca keuangan sebuah perusahaan. Dalam dunia akuntansi, goodwill termasuk dalam jenis aset tidak berwujud (intangible asset). Bila diartikan secara umum, goodwill merupakan jenis aset non riil perusahaan. Goodwill akan tercatat dalam neraca atau laporan posisi keuangan ketika suatu perusahaan hendak mengakuisisi perusahaan lain dengan membayar di atas nominal nilai pasar wajar (fair value market) yang terdiri dari aset bersih perusahaan yang ingin dibeli.

Dalam artikel ini, kami akan mengupas mengapa goidwill bisa terbentuk, jenis, rumus, dan cara menghitungnya. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini

Bagaimana Goodwill Bisa Terbentuk?

Sumber: Pixabay

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan goodwill bisa terbentuk dalam suatu perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan selisih angka yang berasal dari lebihnya harga beli di atas harga pasar. Dilansir situs Business Tech, berikut beberapa faktor yang menyebabkan goodwill bisa terbentuk.

1. Kualitas Produk

Dengan memiliki kualitas produk yang baik, hal ini dapat meningkatkan nilai goodwill perusahaan. Jadi, kualitas produk yang bagus tak hanya sekadar menaikkan angka penjualan dan meraup cuan yang besar.

2. Lokasi

Dengan menentukan lokasi yang strategis hal ini juga dapat meningkatkan goodwill. Sebab, lokasi strategis membuat konsumen dapat dengan mudah untuk menjangkaunya tanpa perlu repot terhalang oleh jarak yang jauh.

3. Efisiensi Manajemen

Nilai goodwill perusahaan akan mengalami peningkatan seiring dengan efisiensi manajemen di dalam perusahaan. Naiknya efisiensi manajemen membuat kegiatan operasional perusahaan lebih menjadi lancar dan efektif.

4. Akses Bahan Baku

Akses mendapatkan bahan baku dan material yang mudah didapat juga mampu meningkatkan goodwill lho detikers. Jadi, pihak perusahaan dapat lebih mudah dalam memproduksi barang tanpa khawatir terjadi kelangkaan bahan baku.

5. Memahami Kondisi Pasar

Memahami kondisi pasar juga dapat meningkatkan nilai dari goodwill. Dengan memperhatikan kondisi pasar dan kebutuhan konsumen, pihak perusahaan dapat menyesuaikan produk-produk yang diinginkan para pembeli.

Manfaat Goodwill

Sumber: Pixabay

Beberapa manfaat goodwill adalah sebagai berikut.

1. Memperoleh pendapatan atas penjualan barang atau jasa yang perusahaan miliki

Manfaat goodwill yang pertama adalah untuk mendapatkan penghasilan dari transaksi penjualan milik perusahaan di masa mendatang. Apabila membeli perusahaan dengan sistem goodwill, maka nantinya harga barang di perusahaan tersebut dapat dijual lagi.

2. Memperoleh pendapatan atas penyewaan yang perusahaan lain lakukan

Apabila pengusaha mempunyai aset goodwill, tentu penghasilan tidak hanya didapatkan dari perusahaan itu sendiri. Melainkan juga dari perusahaan yang telah diakuisisi. Uang sewa dari perusahaan itulah yang kedepannya akan menjadi pendapatan lainnya untuk perusahaan.

3. Meningkatkan kualitas layanan yang lebih cepat daripada perusahaan lain

Dengan mengakuisisi perusahaan yang memiliki kinerja baik, tentu akan menjadi penambah kualitas pelayanan perusahaan kepada konsumen karena proses produksi dan distribusi bisa berlangsung lebih cepat.

4. Menghemat pengeluaran perusahaan

Apabila perusahaan memiliki aset goodwill, hal ini memungkinkan perusahaan bisa lebih leluasa dalam mengatur ketersediaan operasional dan sumber daya manusia di kedua perusahaan yang dikelola.

5. Memberikan lisensi perusahaan yang telah diakuisisi

Setelah proses akuisisi suatu perusahaan, perusahaan akan mendapat keuntungan berupa lisensi baru. Sebab, secara otomatis lisensi milik perusahaan yang telah diakuisisi akan menjadi hak milik perusahaan yang mengakuisisi.

Jenis-Jenis Goodwill

Dalam menjalankan sebuah bisnis, goodwill terbagi menjadi dua jenis yaitu purchased (dibeli) dan inherent. Lantas, apa yang membedakan kedua jenis goodwill tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Purchased

Jenis goodwill purchased atau dibeli adalah perbedaan antara nilai yang perusahaan telah bayar sebagai penggerak hidup serta jumlah aset yang telah dikurangi dengan jumlah kewajiban perusahaan.

2. Inherent

Inherent adalah nilai bisnis perusahaan yang sudah memenuhi nilai wajar dari aset bersih yang dapat terpisahkan. Disebut sebagai inherent karena dihasilkan dari internal perusahaan dan muncul selama periode waktu tertentu, hal ini karena perusahaan sudah memiliki reputasi yang baik di bidang bisnis.

Sedikit informasi, nilai goodwill memungkinkan juga keluar hasil positif atau negatif. Hasil goodwill yang positif dapat muncul ketika nilai bisnis secara keseluruhan ternyata melebihi dari nilai wajar aktiva bersih. Sementara hasil goodwill negatif dapat terjadi jika nilai bisnis ternyata kurang dari nilai aset bersihnya.

Cara Menghitung Goodwill

Setelah memahami apa itu goodwill beserta dengan jenis-jenisnya, kini saatnya mengetahui rumus dan cara menghitung goodwill yang benar. Sebelum melihat contoh perhitungan goodwill, mari kita lihat rumus menghitung goodwill dilansir dari situs Freshbooks:

Goodwill = laba rata-rata x jumlah tahun

Setelah mengetahui rumusnya, mari kita lihat contoh perhitungan goodwill dalam suatu perusahaan di bawah ini.

PT ABCD  berhasil memperoleh laba dari tahun 2006 sampai dengan 2010 dengan rincian sebagai adalah mencapai Rp 1.550.000.000, kini Anda tinggal bagikan dengan jumlah tahun maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Rp 1.550.000.000 : 5 = Rp 310.000.000

Dengan demikian, maka laba rata-rata PT ABCD selama lima tahun terakhir sebesar Rp 310.000.000.

Baca Juga: Mengetahui Cara Menghitung HPP, Berikut Ulasan Lengkapnya!

penjelasan diatas dapat diketahui bahwa goodwill adalah salah satu hal yang juga bisa diartikan sebagai pengakuan nilai aset yang dimiliki oleh perusahaan.

Tentunya, menghitung sebuah nilai aset atau goodwill, akan lebih mudah, jika Anda memiliki sistem manajemen akuntansi yang baik, terlebih yang bisa dikelola secara otomatis seperti yang ditawarkan oleh R1.

R1 memiliki fitur accounting management yang akan mempermudah masalah pelaporan dan transaksi keuangan juga asset perusahaan secara otomatis.Tidak hanya itu, melalui R1 Anda juga dapat mengetahui pengelolaan inventory, sales dan distribusi, pengadaan barang dan pengelolaan keuangan.

Segera kunjungi R1 sekarang juga, dan temukan benefit  menarik R1 lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo