Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

expired date

3 Perbedaan Expired Date, Use by Date, dan Best Before Use

Pernahkah Anda memperhatikan sebuah kemasan yang berisikan penanggalan? Jika pernah, cobalah membaca dengan saksama. Tanggal di kemasan biasanya menunjukkan expired date, use by date, dan best before date. Nah, ketiganya memiliki makna yang sama yaitu tanggal kadaluarsa. Namun demikian, meskipun memiliki makna sama, ketiganya memiliki fungsi yang berbeda. 

Lalu, bagaimana cara membaca dan perbedaan dari expired date, use by date, dan best before date? Sebelum mengenal hal-hal tersebut, Anda perlu mengetahui definisi dari ketiganya. Anda akan mendapatkannya secara utuh di artikel ini. Baca dan resapi hingga tuntas, ya.

Apa Itu Expired Date, Use by Date, dan Best Before Date?

expired date
Sumber: freepik.com

Expired Date

Expired date atau yang biasa disebut tanggal kadaluarsa adalah lamanya produk dalam kondisi tertentu sebelum produk tersebut tidak layak pakai. Jika produk berupa makanan, berarti merujuk kepada tidak layak konsumsi. Beberapa produk yang memiliki tanggal kadaluarsa biasanya didesain berbentuk kemasan dan tahan dalam jangka waktu tertentu. 

Agar mendapat pemahaman expired date maka cara membacanya seperti ini. Sebagai contoh produk Anda memiliki tanggal kadaluarsa pada 28 Februari 2021. Jika produk telah melewati batas tanggal tersebut, produk sudah tidak layak pakai atau tidak layak dikonsumsi. 

Use by Date

Use by date juga menggunakan sistem penanggalan untuk menentukan kadaluarsa dengan adanya jamur pada produk tersebut. Dalam produk makanan biasanya tercantum pada makanan yang mudah layu atau makanan dengan kategori kebutuhan sehari-hari. 

Use by date juga menentukan masa kadaluarsa dengan menggunakan tanggal maksimal. Apabila produk terserang jamur, dan biasanya melewati use by date, maka secara otomatis tidak layak digunakan. Jika berencana untuk menggunakan produk tersebut, alangkah lebih baik diurungkan karena membahayakan kesehatan individu. 

Agar mendapat pengenalan tentang use by date maka perlu pemahaman cara membacanya. Sebagai contoh produk Anda memiliki tanggal 28 Februari 2021. Maka maksimal penggunaan hanya sampai tanggal tersebut.

Jika produk tersebut adalah makanan, alangkah lebih baik disimpan di kulkas terlebih dahulu. Sebab, akan lebih awet dan tahan lama. 

Best Before Date

Best before date adalah batasan atau minimal tanggal pemakaian produk. Dalam sistem penanggalan seperti ini, perusahaan lebih memperhatikan kualitas dari segi bentuk maupun tekstur. Produk yang digunakan pun lebih tahan lama dibandingkan dengan sistem expired date atau use by date. 

Jadi, kelebihan sistem ini adalah produk dapat digunakan meski tanggal kadaluarsa telah terlewati dan terdapat penurunan kualitas produk.

Supaya lebih mudah memahami, Anda perlu memiliki pengenalan untuk cara membaca best before date. Sebagai contoh: tanggal yang tertulis dalam produk adalah 20 Februari 2021. Maka, pada tanggal 21 Februari 2021, pengguna atau konsumen masih dapat menggunakan produk tersebut. 

Namun demikian, patut diingat bahwa penurunan kualitas adalah hal yang pasti terjadi. Jika Anda atau pengguna tidak nyaman memakai produk, alangkah lebih bijak ditinggalkan saja. 

Pengetahuan akan expired date, use by date, dan best before date menjadi penting karena sebagai penanda tanggal kadaluarsa produk. Selain pengertian dan perbedaan di antara ketiganya, ada dua jenis pelabelan dalam konsumsi produk. 

Jenis-jenis Pelabelan Produk

1. Sell By

Ini adalah jenis pelabelan yang digunakan perusahaan untuk menginformasikan kepada pengecer kapan sebuah produk keluar dari gudang. Adapun tujuan dari pelabelan sell by adalah konsumen dapat memiliki produk dengan kualitas terbaik. Kualitas tergantung bagaimana kemasan agar bisa tahan lama. Jika produk adalah minuman, apabila telah dibuka tutupnya, maka bisa bertahan antara empat hingga enam hari.

2. Use By

Setelah memahami Sell By, selanjutnya adalah Use By. Ini adalah jenis pelabelan yang memberikan informasi tentang tanggal terakhir penggunaan produk. Arti tanggal tersebut menandakan bahwa suatu produk memiliki kualitas produk terbaik sampai tanggal itu. Hanya saja, tanggal tersebut tidak dilengkapi dengan keamanan konsumsi produk. 

Ketika perusahaan mampu membedakan mana yang merupakan expired date, use by date, dan best before date maka perusahaan dapat menerapkannya dalam bisnis. Agar pengelolaan dan penyimpanan produk dapat teratur, R1 dari RUN System mampu melakukan pencatatan persediaan barang hingga inventaris harga. Temukan selengkapnya hanya di R1.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo