Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office
Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

Customer relationship adalah

4 Fungsi Menjaga Customer Relationship yang Efektif

Customer relationship adalah salah satu strategi bisnis dengan cara menjaga serta mempertahankan hubungan antar pelanggan agar mereka mau melakukan repeat order. Perusahaan perlu menerapkan hal tersebut karena pelanggan merupakan aset penting bagi bisnis. Oleh karena itu, tidak heran apabila ada adagium yang mengatakan bahwa pelanggan adalah raja. 

Berbisnis tidak melulu persoalan bagaimana membuat produk, inovasi produk, atau meningkatkan profit melainkan juga menjaga hubungan dengan pelanggan. Hal tersebut dapat dikatakan tidak mudah, tetapi tidak sulit juga asalkan perusahaan memiliki saluran komunikasi yang tepat. 

Dari saluran komunikasi tersebut, pelanggan dapat menyampaikan kritik, keluh kesah bahkan saran terkait produk sehingga menjadi bahan evaluasi perusahaan. Contoh saran dari pelanggan seperti perusahaan perlu melakukan inovasi produk agar dapat bersaing dengan kompetitor. Selain itu, perusahaan perlu memiliki produk premium untuk menjangkau target pasar kalangan menengah atas. 

Dari saran tersebut, perusahaan akan mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan apabila melaksanakan saran dari pelanggan. Ingat, mempertahankan pelanggan loyal lebih sulit daripada mencari pelanggan baru. 

Untuk memahami secara utuh, artikel di bawah ini akan mengupas tuntas mengenai pengertian, cara kerja hingga fungsi dari customer relationship. Simak di sini, ya. 

Customer Relationship adalah Strategi Penting dalam Bisnis

customer relationship adalah
Sumber: pexels.com

Dari penjelasan di atas, customer relationship adalah salah satu strategi bisnis yang berusaha mempertahankan hubungan dengan pelanggan agar mereka mau melakukan transaksi kembali. Jika hubungan dengan pelanggan berlangsung baik, pelanggan tidak akan pindah ke kompetitor perusahaan. 

Cara merawat hubungan pelanggan dengan mengelola data pelanggan. Apabila data pelanggan mengalami peningkatan maka ini menandakan bahwa perkembangan bisnis semakin baik. Jika perkembangan bisnis semakin baik, keuntungan perusahaan semakin bertambah. 

Baca Juga: Pentingnya Customer Support dan 5 Tips Menjalankannya

Namun, untuk menjaga hubungan dengan pelanggan maka gunakanlah saluran komunikasi yang tepat dan bermanfaat. Apabila perusahaan memiliki pelanggan yang menyampaikan keluhan atau pelayanan yang bermasalah maka perusahaan segera meresponsnya dengan bijak. 

Dengan demikian, baik perusahaan maupun pelanggan akan memunculkan kedekatan yang personal. Ini justru baik bagi bisnis karena memudahkan perusahaan dalam menyampaikan informasi baru seperti peluncuran produk baru, promo diskon berganda, dan sejenisnya. Informasi inilah yang menjadikan bisnis semakin terlihat baik. 

Cara Kerja Customer Relationship

Setelah memahami bahwa customer relationship adalah penting bagi bisnis maka perusahaan perlu mengetahui cara kerja atau cara membangunnya. Ada empat cara kerjanya yaitu:

1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan terbaik adalah modal utama bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru. Jika sudah mendapatkan pelanggan baru, perusahaan harus tetap memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan lama. Sebagai contoh, apabila ada keluhan dari pelanggan, segera respons, dan berikan solusi tercepat untuk menyelesaikan masalah. 

2. Menjaga Komunikasi

Ketika mendapatkan pelanggan baru, biasanya perusahaan juga memperoleh data pelanggan. Data tersebut perlu dilakukan pengelolaan supaya perusahaan mampu menjaga komunikasi dengan pelanggan. Apabila ingin meningkatkan hubungan dengan pelanggan maka perusahaan dapat menerapkan sistem omni channel yang mempermudah hubungan antar pelanggan. 

3. Upayakan Feedback

Jika ingin membangun dan menjaga komunikasi, perusahaan perlu melakukannya secara dua arah. Apabila perusahaan menyampaikan informasi, upayakan pelanggan untuk memberikan feedback kepada perusahaan. Jika pelanggan melakukan hal tersebut, itu adalah salah satu indikator bahwa hubungan perusahaan dengan pelanggan berlangsung baik. 

4. Memberikan Reward bagi Pelanggan Loyal

Cara terakhir perlu perusahaan lakukan ketika telah menemukan pelanggan loyal. Berikan mereka semacam hadiah karena telah berkomitmen untuk menjadi pelanggan perusahaan. Cara ini juga sekaligus meningkatkan hubungan dengan pelanggan menjadi lebih harmonis. Contoh reward-nya adalah memberikan diskon khusus bagi pelanggan loyal. 

Fungsi Customer Relationship

Setelah memahami apa bagaimana cara kerja customer relationship maka selanjutnya perlu mengetahui apa saja yang menjadi fungsinya yaitu:

  1. Menciptakan proses pelayanan terhadap pelanggan dengan baik dan secara maksimal. 
  2. Memberikan dukungan penuh kepada customer secara utuh. 
  3. Menangani dan memproses keluhan pelanggan dengan cepat dan tepat. 
  4. Mengetahui dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dengan tepat. 
  5. Membuat informasi yang berkaitan dengan pusat layanan dan penjualan dari pelanggan. 
  6. Membuat catatan terhadap seluruh aktivitas penjualan. 

Baca Juga: Lebih Detail Soal Customer Engagement dan 3 Tips Meningkatkannya

Ketika memahami bagaimana mengelola customer relationship maka terapkan pada perusahaan Anda. Agar bisnis dapat berkembang, kolaborasikan bisnis bersama R1. Sebagai bagian dari RUN System, R1 mampu menangani semua proses pemasaran dan segmentasi pasar hingga mengkonversinya ke pendapatan penjualan. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *