Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

cara meningkatkan penjualan

7 Cara Tepat Meningkatkan Penjualan bagi Perusahaan

Meraup keuntungan sebanyak mungkin adalah tujuan dari hampir semua bisnis. Sedangkan cara yang ditempuh sangatlah beragam. Mulai dari peningkatan pelayanan hingga inovasi produk dijalanakan untuk tujuan tersebut. Semua cara-cara tersebut pada akhirnya akan bermuara pada tujuan spesifik berupa meningkatkan penjualan. Itulah kenapa cara meningkatkan penjualan merupakan hal yang harus terus digali bagi pelaku bisnis.

Pentingnya Meningkatkan Penjualan

Secara garis besar, perusahaan yang mampu meningkatkan penjualan akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Pertama tentu saja operasional perusahaan dapat terus berjalan atau dengan kata lain eksistensi dari bisnis itu sendiri. Semua tim, karyawan, vendor, dan pihak-pihak yang bekerja di perusahaan tersebut juga akan terjamin. Apalagi jika dikaitkan dengan pemanfaatan sumber daya dan pemenuhan kebutuhan bagi pelanggan.

Namun lebih dari itu semua, meningkatnya penjualan berarti meningkat pula sumber daya finansial perusahaan. Lebih dari sekedar operasional, perusahaan dapat melakukan proses pengembangan produk dan layanan jauh lebih baik. Inovasi produk, strategi pemasaran, CSR perusahaan, pengembangan SDM, dan masih banyak lagi program kerja lainnya tidak akan kesulitan dilaksanakan karena ada biaya untuk hal-hal tersebut. Siklus bisnis yang baik inilah yang akan diusahakan setiap waktu. Sehingga semakin jelas bahwa meningkatkan penjualan sangat penting bagi perjalanan bisnis.

Sumber: Unsplash

7 Cara Meningkatkan Penjualan

1. Analisis Kebutuhan Pasar

Dengan melakukan analisis terhadap kebutuhan pasar secara keseluruhan, perusahaan dapat menentukan keputusan bisnis terkait dengan peningkatan penjualan. Bahkan keputusan tersebut tidak hanya berdasarkan dugaan atau prediksi saja, namun juga data terkini yang lebih akurat.

2. Membuat Inovasi Produk

Berkaitan dengan poin sebelumnya, perusahaan dapat meningkatkan penjualan dengan inovasi produk yang lebih tepat sasaran. Baik itu dalam hal meningkatkan kualitas produk, manfaat dari penggunaannya, maupun berupa menciptakan produk baru. Meski perlu proses yang matang, inovasi produk dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Hal ini karena pelanggan akan cenderung ingin mencoba perubahan baru tersebut.

3. Memperbarui Strategi Pemasaran

Selain produk, strategi pemasaran juga harus dibuat dengan beberapa variasi dan mengikuti tren yang sedang berlangsung. Salah satunya dengan memberikan kegiatan promosi penjualan yang berkaitan dengan harga produk, seperti diskon, bundel, garansi yang panjang, dan sebagainya. Jika perlu, berikan jangka waktu terbatas dalam pelaksanaannya agar pelanggan cenderung segera melakukan pembelian. Bisa juga dengan melaksanakannya bersamaan dengan momen tertentu, seperti promosi selama liburan sekolah, libur lebaran, hari raya natal dan tahun baru, dan sebagainya.

Baca Juga: Strategi Pemasaran 4P yang Harus Diketahui Pelaku Bisnis serta Contohnya

4. Merambah Dunia Pemasaran Digital

Selain menyebarkan informasi, pemasaran digital dapat meningkatkan penjualan. Baik itu berupa peningkatan kualitas konten pemasaran maupun penyediaan platform marketplace dengan pasar yang jauh lebih luas. Pelanggan juga akan lebih mudah melakukan pembelian tanpa harus keluar rumah. Selain itu, memaksimalkan kekuatan website resmi perusahaan juga dapat meningkatkan customer engagement yang berpotensi besar pada peningkatan penjualan.

5. Mengevaluasi dan Meningkatkan Pelayanan

Fokus pada produk dan pemasaran adalah hal penting, namun memastikan perusahaan memberikan pelayanan yang baik juga tak kalah penting. Pelayanan adalah salah satu faktor besar pelanggan mau kembali membeli produk Anda. Untuk itu, harus selalu ada evaluasi dan peningkatan pelayanan agar pelanggan bertahan dan bahkan ikut memasarkannya kepada calon pelanggan lain (war of mouth). Hal ini dapat berupa cara pembayaran yang lebih mudah, distribusi produk yang lebih cepat, dan berbagai bentuk pelayanan lainnya.

6. Memperluas Target Pasar

Selain mempertahankan pelanggan setia, Anda juga harus menambah pelanggan baru atau memperluas target pasar. Selain luas, target pasar juga harus tetap terarah pada calon pelanggan berpotensi. Bahkan jika perlu, laungkanlah waktu untuk menemukan segmentasi pasar baru. Meskipun melalui proses yang panjang, dampak yang didapatkan jauh lebih besar.

Baca Juga: 7 Strategi Penjualan yang Tepat untuk Meraih Target Pasar Baru

7. Menambah Pelanggan Setia

Pelanggan setia akan cenderung melakukan pembelian berulang jika mereka puas dengan produk dan pelayanan bisnis Anda. Hal ini dapat ditempuh jika Anda menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Secara jangka panjang, hubungan antara perusahaan dan pelanggan yang dikelola dengan baik akan mendatangkan manfaat yang jauh lebih besar.

Sumber: Unsplash

Semua cara meningkatkan penjualan di atas memang bukan pekerjaan dengan hasil yang instan karena membutuhkan banyak proses untuk melaksanakannya. Mulai dari perencanaan yang matang, pengawasan, hingga evaluasi dan perbaikan. Meskipun begitu, hal ini tetap harus dicoba sampai perusahaan mendapatkan hasil dari perjalanan panjang tersebut.

Hasil penjualan yang stabil memang bagus, namun penjualan meningkat atau bertambah akan memberikan dampak jangka panjang yang jauh lebih besar. Untuk membantu Anda memiliki lebih banyak waktu menjalankan program peningkatan penjualan, kurangi pekerjaan teknis yang membutuhkan banyak waktu. R1 hadir untuk membantu Anda mengelola data pembelian, penjualan, dan distribusi produk lebih efektif dan efisien. Pekerjaan teknis akan jauh lebih cepat selesai dengan tingkat kesalahan jauh lebih kecil. Kenali R1 lebih jauh dan rasakan manfaatnya dengan mengunjungi kami melalui tautan ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo