Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

bundling adalah

4 Tips Eksekusi dan Perencanaan Bundling dalam Pemasaran

Menggunakan strategi bundling adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam meningkatkan jumlah penjualan produk dan nilai penjualan secara keseluruhan. Hal ini karena produk dijual dalam bentuk paket tertentu, yang ‘terasa’ lebih menguntungkan untuk pelanggan.

Namun sebenarnya bagaimana strategi ini dapat dijalankan dengan efektif? Adakah cara yang bisa digunakan sebagai acuan?

Sebelum sampai pada pembahasan tersebut, mari pahami apa itu bundling dan manfaatnya untuk bisnis Anda, sebagai dasar penerapan strategi bundling yang mungkin nanti akan Anda coba adaptasikan.

Baca Juga: Market Cap 101: Pengertian hingga 3 Faktor yang Mempengaruhi

Pertama, Mari Kenali Apa Itu Bundling Produk

bundling adalah
Sumber: freepik.com

Bundling adalah istilah yang digunakan untuk sebuah strategi pemasaran, yang dilakukan dengan cara mengemas atau menjual atau menawarkan beberapa produk yang dimilikinya dalam satu paket penjualan.

Lalu mengapa hal ini menjadi salah satu ‘senjata’ menarik?

Sebab harga yang ditawarkan untuk bundle tersebut dipasang dengan lebih terjangkau, dibandingkan dengan ketika produk dibeli secara satuan. Dengan demikian, terdapat sensasi lebih ‘menguntungkan’ untuk pelanggan yang melakukan pembelian atas penawaran tersebut.

Tidak sedikit perusahaan yang menggunakan strategi ini sebagai salah satu amunisi pemasarannya. Jelas saja, hal ini berefek positif, sebab hingga saat ini strategi tersebut masih digunakan dan terus dikembangkan.

Tapi Apa Manfaatnya?

bundling adalah
Sumber: freepik.com

Jika penjualan dilakukan dalam paket beberapa produk, dan harganya lebih terjangkau, bukankah ini berarti keuntungan yang didapatkan dari penjualan tersebut menurun?

Mungkin argumen di atas muncul dalam benak Anda yang belum pernah menggunakan strategi ini. Namun demikian sederet manfaat strategi bundling yang dapat dirasakan perusahaan adalah sebagai berikut.

  • Dapat menarik lebih banyak pembeli, sebab merasa ditawarkan sebuah paket penjualan yang menguntungkan alih-alih harus membeli satu produk saja.
  • Peningkatan efisiensi yang mengarah pada penurunan biaya pemasaran dan distribusi, sebab produk dapat dipasarkan dalam satu paket bersama.
  • Meningkatkan penjualan masing-masing produk yang masuk dalam bundle. Hal ini juga mendorong pembelian lebih banyak dari pelanggan, berkat efek transaksi yang lebih menguntungkan. Padahal kenyataannya mungkin saja pelanggan hanya membutuhkan salah satu produk yang Anda tawarkan saja.
  • Efektif untuk mempromosikan produk baru, bersama dengan produk andalan yang telah Anda miliki dan disukai pasar. Dengan begini, pengenalan produk baru akan memakan biaya lebih ekonomis.
  • Peningkatan volume penjualan dan pemesanan produk secara umum.
  • Mengurangi risiko jumlah stok mati yang ada di gudang, yang menghambat masuknya stok baru atau pembengkakan biaya gudang akibat maintenance produk lama.

Dan Berikut Beberapa Strategi Bundling yang Dapat Anda Terapkan

bundling adalah
Sumber: freepik.com

Ada sedikitnya lima jenis strategi bundling yang dapat Anda coba gunakan, tergantung dengan produk yang akan Anda tawarkan dalam paket penjualan. Kelima jenis bundling adalah sebagai berikut.

  • New product bundling, adalah membuat paket penjualan dengan produk baru dan produk terlaris yang Anda miliki di pasar. Tujuannya agar produk baru lebih mudah dikenal oleh publik.
  • Pure bundling, produk yang ada di dalam bundle tidak dijual secara terpisah. Artinya pelanggan harus membeli bundle yang ditawarkan sebagai satu-satunya opsi memperoleh produk tersebut.
  • Same product bundling, juga biasa disebut dengan buy one get one, yakni kombinasi dua produk serupa dalam satu paket penjualan yang sama, dengan harga yang lebih terjangkau.
  • Cross-sell bundling, bundle akan terdiri dari kombinasi produk utama dan produk pelengkap atau pendukungnya. Dengan begini pelanggan ‘diharuskan’ membeli produk dalam satu paket bersama.
  • Mixed and match bundling, yakni strategi bundle yang memungkinkan pelanggan menentukan produk apa yang ingin dibeli. Untuk menimbulkan asumsi ini, Anda dapat menawarkan beberapa jenis produk bundle sehingga pelanggan dapat memilihnya, atau memberikan kebebasan pada pelanggan.

Untuk mencoba strategi ini, beberapa tips yang wajib Anda pahami adalah sebagai berikut.

1. Bundle Berdasarkan Data

Untuk membuat bundling produk, pastikan Anda memiliki data yang jelas terkait produk dan pasar. Dengan demikian Anda dapat menyusun bundle yang sesuai dengan kondisi pasar, dan minat pelanggan.

2. Opsi Paket Berbeda

Upayakan memberikan beberapa opsi paket bundle berbeda pada pelanggan, untuk memberikan mereka alternatif yang lebih banyak. Dengan demikian pelanggan dapat melihat dan mempertimbangkan pembelian pada beberapa paket yang tersedia.

3. Gunakan Kata-Kata Menggoda

Dalam artian kata-kata yang menunjukkan bahwa pelanggan akan mendapatkan untung saat membeli paket yang ditawarkan. Misalnya saja, penggunaan kata ‘hemat’, kemudian ‘gratis’, ‘hanya bayar’, dan lain sebagainya. Gunakan trik psikologi dan strategi penetapan harga yang menarik.

4. Paket Edisi Terbatas

Kata-kata ‘terbatas’ juga menjadi salah satu opsi menarik untuk diterapkan. Dengan penggunaan penawaran terbatas, maka akan muncul urgensi pembelian dalam benak pelanggan sehingga dorongan pembelian akan semakin besar.

Baca Juga: Inilah Kekurangan dan Kelebihan Distribusi Tidak Langsung 

Optimasi strategi marketing dengan bundling adalah cara yang dapat Anda gunakan ketika produk Anda dapat dijual dengan paket yang menarik. Meski demikian, eksekusinya tidak boleh sembarangan, agar tidak menjadi kerugian di sisi Anda.

Jelas, dalam mengelola metode pemasaran yang akan digunakan Anda selalu harus memiliki landasan pijakan data yang solid. Dengan perencanaan sempurna dan eksekusi disiplin, bundling adalah taktik yang tepat untuk digunakan. Untuk membantu optimasinya, produk Sales & Distribution Management dari R1 dapat menjadi pilihan yang menarik. Membantu menangani semua proses pemasaran dan segmentasi pasar hingga konversi ke pendapatan penjualan, produk ini terbukti handal dan digunakan banyak perusahaan. Coba sekarang, dan optimalkan semua fiturnya! 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo