Alamat
Grha RUN System
Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233
Representative Office
Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190
Perusahaan yang aktif berbisnis selalu memiliki produk yang dijualnya, baik dalam bentuk barang atau jasa. Tentu, produk ini perlu dipamerkan agar pasar mengenalnya, dan dijual untuk keuntungan perusahaan. Hal ini menjadi tugas sales, salah satu bagian dari perusahaan di garda terdepan aktivitas penjualan produk.
Dalam artikel kali ini, Anda, akan dibawa untuk mengenal lebih dalam mengenai apa itu sales, tugas serta tanggung jawab yang dimiliki bagian ini beserta contohnya, serta beberapa macam sales dan tugasnya secara spesifik.
Maka tanpa memperpanjang bagian pengantar ini, mari masuk ke pembahasan yang pertama, mengenai definisi sales.
Secara harfiah, sales memiliki arti penjualan. Namun secara organisasi, sales kemudian diartikan sebagai satu bagian atau divisi atau peran yang bertugas untuk memamerkan dan menjual produk yang dimiliki perusahaan kepada badan, organisasi, perseorangan, atau jenis pelanggan lainnya.
Tidak hanya berperan dalam aktivitas penjualan saja, namun sales juga memiliki peran dalam menjadi wajah perusahaan saat berhadapan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Jika dalam penggunaan produk pelanggan membutuhkan bantuan, maka tugas sales untuk memberikan bantuan ini.
Tentu, bahasan kali ini tak akan lepas dari poin mengenai tugas sales dalam organisasi perusahaan. Sedikit disinggung dalam bagian sebelumnya, secara umum tugas sales adalah untuk menjual produk, serta memberikan bantuan pada pelanggan yang mengalami kesulitan.
Secara lebih rinci, berikut penjelasan tugas sales beserta dengan sedikit contoh ilustrasinya.
Baik dalam bentuk barang atau jasa, sale memiliki tugas untuk menjual produk yang dihasilkan perusahaan. Perannya kemudian termasuk mencari klien atau calon pelanggan, mempromosikan produk, serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
Sales juga bekerjasama dengan bagian customer support untuk memastikan kepuasan pelanggan saat menggunakan produknya.
Contoh paling nyata dari poin pertama ini adalah sales yang datang ke perusahaan calon pelanggan, untuk mempresentasikan produk yang dimiliki, katakanlah layanan Enterprise Resource Planning. Pada presentasi ini, sales akan menunjukkan apa kelebihan produk dan keuntungan Anda menggunakan produk tersebut. Tentu, lengkap dengan bantuan jika Anda menemukan kesulitan atau pertanyaan.
Sebagai garda terdepan perusahaan dalam menjual produk, sales wajib mengetahui dinamika pasar dan tren yang sedang terjadi. Hal ini ditujukan agar metode penjualan dan penyampaian pesan bisa dilakukan seefektif mungkin, sehingga potensi penjualan bisa meningkat.
Contoh tugas sales pada poin kedua ini adalah mengikuti perkembangan media dan promosi yang dilakukan brand pesaing, mengikuti seminar, mengamati fluktuasi pasar, serta memperbanyak riset terkait dengan publikasi terkini yang digunakan oleh perusahaan lain.
Saat calon pelanggan sudah menunjukkan ketertarikan, sales juga bertugas untuk membantu mengurus semua kebutuhan administrasi yang diperlukan dalam transaksi jual beli. Setidaknya, sales akan membantu menyediakan data perkiraan total pembelian, metode dan perjanjian pembayaran, kontrak perjanjian, dan rangkuman keseluruhan transaksi.
Jelas sekali contohnya tercantum dalam penjelasan di paragraf sebelumnya. Pada intinya, sales akan selalu hadir untuk membantu kebutuhan pelanggan dalam rangka transaksi yang terjadi. Tujuannya agar pelanggan bisa merasa dimudahkan, sehingga bisa terus melakukan pembelian produk secara berulang.
Jelas, karena secara langsung berhubungan dengan calon pelanggan maka tugas sales selanjutnya adalah menjaga citra dan nama baik perusahaan. Memegang teguh nilai perusahaan wajib dilakukan, sehingga pelanggan juga akan mendapatkan kesan profesional dan citra baik yang dimiliki perusahaan.
Contohnya bisa beragam. Paling sederhana adalah menunjukkan sikap dan perilaku positif dan sopan, menghargai calon pelanggan, tanpa mengesampingkan misi utama saat bertemu dengan pelanggan. Menjadi pihak yang solutif dari setiap hal terkait produk, akan jadi nilai besar untuk sales.
Terakhir tentu saja penguasaan produk yang baik. Saat mempresentasikan produk atau mempromosikannya pada calon pelanggan, maka seorang sales wajib memiliki pemahaman menyeluruh pada produk. Untuk jadi pihak yang solutif, hal ini wajib dimiliki sehingga semua pertanyaan dan keresahan calon pelanggan bisa terjawab dengan baik.
Aplikasinya pada dunia nyata adalah mengetahui dan mempelajari seluk beluk produk, apa kelebihan yang dimiliki, apa tantangan yang harus dihadapi, apa keuntungan yang bisa diberikan, dan apa usaha yang harus dilakukan calon pelanggan untuk mendapatkan produk ini.
Di bagian akhir ini, sedikit akan dibahas dalam poin singkat perbedaan tugas dari sales distributor dan sales marketing.
Itu tadi sedikit ulasan terkait dengan tugas sales dan beberapa hal lainnya. Tentu, layanan R1, dalam hal ini, bisa membantu Anda memaksimalkan fungsi sales di perusahaan dengan berbagai fitur yang tersedia.
R1 dapat membantu menyediakan berbagai fitur untuk mengelola dengan tepat target pembelian pelanggan yang terintegrasi dengan manajemen pengiriman dan gudang. Sehingga performa dan kinerja tenaga penjualan bisa terlaksana, dan tugas sales bisa berjalan lancar dan memberikan output optimal. Gunakan R1 sekarang juga, dan maksimalkan performa setiap bagian di perusahaan Anda!